Connect with us

Bitcoin News

Ini Dia Berbagai Keunggulan Bitcoin yang Wajib Kamu Tahu

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Bitcoin telah menjadi hal yang sangat dikagumi sejak adanya penemuan internet. Selama lebih dari 25 tahun, para kriptografer dan inovator telah mencoba untuk menghasilkan mata uang digital terdesentralisasi yang aman, tetapi tidak ada yang berhasil sampai ditemukannya Bitcoin. 

Ada banyak alasan mengenai hal ini, tetapi tahukah kamu apa manfaat dari mata uang Bitcoin? Berikut adalah beberapa di antaranya untuk memberi gambaran yang lebih baik tentang apa yang dibawa Bitcoin ke dunia.

Bitcoin Tanpa Izin

Mata uang tradisional, seperti Rupiah memerlukan izin untuk digunakan, mulai dari bank, lembaga keuangan hingga pemerintah. Bitcoin tidak memerlukan izin dari siapa pun dan gratis serta terbuka untuk digunakan secara global.

Bitcoin Kebal terhadap Penyitaan

Tidak ada yang bisa menyita Bitcoin seseorang sejak melakukan pembelian. Kenapa? Itu karena Bitcoin tidak ditempatkan di bank sentral atau perusahaan mana pun. Kamu bisa berperan menjadi bank sendiri dengan Bitcoin.

Ilustrasi mata uang digital, Bitcoin.

Ilustrasi mata uang digital, Bitcoin.

Baca Juga: Minat Aset Kripto Melonjak, PM Thailand Ingatkan Cerdas Berinvestasi

Bitcoin Tahan terhadap Sensor

Menggunakan algoritma komputasi yang disebut proof-of-work (PoW), tidak ada yang dapat memblokir atau menyensor transaksi Bitcoin. Mata uang digital ini menganut konsep desentralisasi, sementara mata uang tradisional diatur dan diawasi oleh lembaga tertentu. Ini yang menjadi perbedaan utamanya. 

Bitcoin Terdesentralisasi

Jaringan didistribusikan secara global di antara ribuan node (komputer) dan jutaan pengguna di mana pemiliki Bitcoin tidak harus bergantung pada pihak ketiga yang tepercaya.

Bitcoin memiliki persediaan terbatas: Hanya ada 21 juta Bitcoin yang dibuat, dan dihasilkan dari pertambangan pada tingkat yang dapat diprediksi. Artinya Bitcoin bisa langka dan deflasi.

Advertisement

Bitcoin Lebih Terbuka dan mudah digunakan

Siapa pun dapat berkontribusi untuk mengembangkan Bitcoin di berbagai bidang, termasuk membuat software atau infrastruktur berdasarkan sistem mata uang digital ini. Transaksi Bitcoin termasuk instan dan cepat, karena merupakan mata uang digital peer-to-peer sebagaimana diuraikan dalam whitepaper asli Satoshi Nakamoto. Selain itu juga persen biaya transaksinya sangat murah, daripada jaringan pembayaran pusat seperti PayPal, Visa, atau Mastercard.

Bitcoin Satu Arah

Transaksi Bitcoin tidak ada risiko tagihan balik karena setelah ia dikirim, transaksi tidak dapat dibatalkan. Bitcoin mirip dengan uang tunai, begitu kamu memberi seseorang uang tunai, tidak bisa mendapatkannya kembali (kecuali mereka mengembalikannya).

Bitcoin Uang Digital

Bitcoin digunakan di seluruh dunia untuk membayar hal-hal seperti kopi, makanan, elektronik, perjalanan, dan banyak lagi. Beberapa bahkan suka menyebutnya uang internet ajaib, karena semua sifatnya yang menakjubkan, dan kemampuannya untuk tidak dibelanjakan secara ganda.

Ilustrasi mata uang digital, Bitcoin.

Ilustrasi mata uang digital, Bitcoin.

Baca Juga: Apa itu Teknologi Quantum Computer yang Jadi Ancaman Cryptocurrency?

Bitcoin Memberikan Anonimitas

Jika digunakan dengan benar, Bitcoin dapat digunakan sebagai mata uang anonim yang bebas. Saat kamu menggunakan Bitcoin, tidak perlu memberikan email, nama, nomor jaminan sosial, atau informasi identitas lainnya saat melakukan transaksi peer-to-peer.

Bitcoin hanyalah angka, 1 dan 0, dan transaksi menggunakan jaringan internet serta alamat wallet. Jika tidak digunakan dengan benar, Bitcoin bisa menjadi pseudo-anonim yang memberi orang lebih banyak privasi daripada menggunakan mata uang tradisional.

Hanya Butuh Jaringan Internet

Kamu dapat membeli dan menjual Bitcoin dari smartphone atau komputer. Tidak hanya itu, bisa juga dapat menggunakannya untuk membayar barang langsung dari dompet Bitcoin di perusahaan yang menerimanya sebagai bentuk pembayaran.

Orang lain yang tidak dapat mengakses sistem perbankan tradisional dapat menggunakan Bitcoin sebagai gantinya. Mereka hanya membutuhkan perangkat yang dapat terhubung ke internet.

Advertisement

Bitcoin Sangat Transparan

Semua informasi mengenai pasokan uang Bitcoin tersedia bagi siapa saja. Setiap transaksi yang dilakukan dengan Bitcoin juga tersedia untuk dilihat siapa pun. Meskipun, informasi pribadi disembunyikan, kamu dan orang lain dapat melihatnya di situs blockchain.com.

Bitcoin Ciptakan Kebebasan Finansial

Bitcoin bisa memberi kamu kebebasan finansial untuk bertransaksi secara global menggunakan semua properti yang disebutkan di atas. Dengan demikian, Bitcoin memberikan stabilitas ekonomi dan kebebasan baru bagi dunia.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular