Connect with us

Blockchain

Tips Aman Investasi Aset Kripto yang Bisa Kamu Ikuti

Published

on

Ilustrasi investasi aset kripto yang aman dan cuan.

Aset kripto saat ini dikenal sebagai salah satu instrumen investasi yang menarik minat masyarakat. Di Indonesia, cryptocurrency atau mata uang digital ini tidak bisa digunakan untuk pembayaran di dunia nyata, tapi boleh diperdagangkan sebagai aset komoditi.

Investasi aset kripto memiliki nilai yang fluktuatif dan tingkat risiko yang tinggi. Harga kripto bisa naik dan turun dalam waktu sekejap. Untuk itu, penting untuk memiliki strategi agar bisa berinvestasi aset kripto dengan aman. Apa saja tipsnya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Tips Investasi Aset Kripto yang Aman dan Profit

Pada dasarnya semua instrumen investasi memiliki risiko, tidak terkecuali kripto. Risiko ini dapat dihindari dengan melakukan beberapa tips berikut:

Mencari Platform Exchange Kripto Terbaik

Ilustrasi platform exchange aset kripto, Tokocrypto.

Ilustrasi platform exchange aset kripto, Tokocrypto.

Sebelum kamu memutuskan akan berinvestasi kripto, hal paling mendasar yang perlu dilakukan adalah dengan memilih platform investasi terbaik. Saat ini setidaknya terdapat sekitar 11 exchange resmi yang terdaftar di Bappebti Kementerian Perdagangan, termasuk Tokocrypto.

Pastikan kamu memilihnya dengan selektif. Baca-baca review dari platform tersebut dan yakinkan bahwa benar-benar aman. Agar lebih akurat, kamu juga bisa meminta rekomendasi platform investasi kripto pada investor yang telah senior.

Pasalnya jika salah memilih platform yang tepat, dana investasi kripto bisa hilang begitu saja. Platform investasi terbaik akan memiliki keamanan yang baik. Sehingga keamanan aset bisa dipastikan aman dan tidak akan bisa dibobol hacker.

Pelajari Teknik Aset Kripto yang Tepat

Ilustrasi investasi aset kripto.

Ilustrasi investasi aset kripto.

Sebelum kamu akan membeli kripto, pastikan mempelajari fundamental, teknikal analisis dan pemberitaan terkait aset kripto. Para investor bisa menganalisa untuk memprediksi pergerakan aset kripto.

Aset kripto adalah instrumen investasi baru yang valuenya masih dapat terpengaruh oleh pemberitaan yang dikaitkan dengan aset kripto tersebut.

Baca Juga: Tokocrypto Market Signal 2 Februari 2022: Apa Saja Kripto yang Bullish Minggu Ini?

Advertisement

Jangan Simpan Semua Aset Dalam Satu Wadah

Ilustrasi rugi di investasi aset kripto.

Ilustrasi rugi di investasi aset kripto.

Prinsip penting yang harus kamu pegang pada saat berinvestasi kripto adalah jangan sekali-kali menyimpan semua aset dalam satu wadah. Sebaiknya lakukan diversifikasi investasi dan pembelian secara bertahap.

Hal ini perlu dilakukan agar jika sewaktu-waktu jenis investasi tersebut mengalami penurunan yang merosot, kamu masih memiliki peluang mendapatkan keuntungan dari investasi yang lainnya.

Siapkan Mental

Ilustrasi tips investasi aset kripto yang aman dan cuan.

Ilustrasi tips investasi aset kripto yang aman dan cuan.

Poin terakhir ini tidak kalah penting untuk dilakukan. Menjadi seorang investor kripto, kamu harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi kejamnya fluktuatif yang akan melihat harga kripto yang naik turun seperti roller coaster

Jika tidak memiliki mental yang cukup, kamu bisa panik dan gegabah. Hal ini tentu saja tidak baik. Kamu harus tetap tenang ketika melihat turun naiknya harga kripto yang drastis, agar bisa mempertimbangkan langkah apa yang harus diambil.

Jangan terburu-buru menjual atau membeli aset kripto, pastikan menganalisisnya dengan baik, karena salah sedikit saja bisa rugi banyak. Tapi jika tetap tenang dan mengambil langkah yang tepat, keuntungan yang akan didapatkan juga lebih banyak.

Investasi aset kripto sebenarnya gampang-gampang sulit, karena bergantung pada fluktuasi harga kripto yang bisa naik turun kapan saja. Namun, kamu bisa terus berlatih dan membiasakan diri dengan fluktuasi tersebut, sehingga bisa membuat strategi sendiri untuk mendapat profit.

Baca Juga: Cara Kerja DeFi yang Jadi Revolusi Layanan Keuangan Dunia

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular