Connect with us

Blockchain

Inilah 3 Brand Termahal di Dunia yang Mengadopsi NFT

Published

on

contoh tas brand termahal di dunia

Beberapa brand termahal di dunia mulai mengadopsi teknologi non-fungible token (NFT), khususnya brand di bidang fashion. Mereka mendesain baju-baju digital lantaran tingginya permintaan dari para selebritas atau fashion enthusiasts yang mulai menerapkan digital fashion untuk kebutuhan konten.

Sebelumnya, para pembuat konten tersebut sering rela melakukan apa saja, termasuk membeli sebuah baju, demi kebutuhan foto maupun video. Baju-baju tersebut hanya dipakai satu kali dan berujung tidak dipakai kembali. Padahal, ongkos pembelian, pengiriman, dan proses pembuatan satu helai baju bisa berdampak buruk pada lingkungan.

Teknologi NFT Jadi Solusi Fashion Digital 

model fashion brand termahal di dunia

Fenomena tersebut kemudian coba diatasi oleh para desainer yang mulai memaksimalkan kemajuan teknologi digital. Mereka menciptakan pakaian-pakaian digital tanpa batas untuk mendukung para content creator supaya tetap kreatif. Pakaian digital tersebut dijual lebih murah dan diplot secara 3D supaya terlihat sangat realistis.

Tak hanya menciptakan fashion yang standar, fashion digital juga hadir untuk desain-desain tanpa batas, seperti berlian yang dapat berputar di sekeliling baju, maupun penampakan planet luar angkasa yang mengitari sebuah produk topi. Pada akhirnya, produksi pakaian digital tak hanya dapat ditampilkan dalam sebuah foto, melainkan juga menghadirkan pengalaman tersendiri melalui sebuah gambar bergerak atau video.

Kreativitas ini kemudian menjadi tren yang cukup hype di pasaran. Para selebritas dan fashion enthusiasts yang awalnya merasa aneh untuk membeli pakaian digital, kini mulai menikmati kehadiran fashion digital

Terlebih, fashion digital yang di-NFT-kan ini menjadi unik karena pemanfaatan dari blockhain pada NFT itu sendiri karena satu koleksi baju dengan lainnya tak mungkin akan sama. Apalagi ia akan menjadi collectible dan punya value tersendiri jika diterbitkan oleh brand termahal di dunia. 

Lalu, brand apa saja yang telah menerapkan teknologi digital NFT untuk penjualan produknya?

Advertisement

Brand Termahal di Dunia yang Sudah Membuat NFT Mereka Sendiri

Beberapa brand fashion termahal di dunia sudah menerapkan teknologi digital NFT pada produk-produk mereka. Bahkan mereka menjual pakaian-pakaian digital yang dapat menunjang kebutuhan konten media sosial. Berikut beberapa brand tersebut.

1. Gucci

avatar nft gucci

Salah satu brand fashion termahal di dunia, Gucci, meluncurkan sneakers digital pada musim semi 2021 lalu. Melalui peluncuran tersebut, Gucci ingin menunjukkan kehadirannya dalam dunia digital atau metaverse yang saat ini sedang booming. Tak seperti produk-produk nyata dari Gucci, sneakers digital tersebut dibanderol dengan harga yang cukup murah, yakni sebesar 12 USD, sehingga bisa dijadikan koleksi oleh seluruh kalangan penikmat fashion.

Tak hanya mengeluarkan sneakers digital, Gucci juga telah lebih dulu mendesain skin game untuk aplikasi Zepeto. Skin dari Gucci dapat dibeli dan digunakan oleh karakter-karakter yang ada dalam game tersebut. Kolaborasi menarik lainnya dari Gucci adalah ketika mereka bergabung bersama game Roblox dan mendesain berbagai pakaian untuk avatar game tersebut. Mereka bahkan menjual tas Dionysus seharga 4,000 USD atau setara dengan Rp57 juta.

2. Louis Vuitton

nft louis vuitton

Bukan hanya Gucci yang telah meluncurkan produk digitalnya, Louis Vuitton juga telah unjuk diri dalam perhelatan metaverse dengan cara mendesain skin untuk game League of Legends pada 2019 lalu. Para pemain League of Legends dapat membeli koleksi Louis Vuitton berupa pakaian, alas kaki, dan aksesoris untuk dikenakan pada karakter dari game tersebut. 

3. Balenciaga

avatar nft balenciaga

Brand termahal di dunia yang juga telah menunjukkan eksistensinya dalam dunia digital adalah Balenciaga. Mereka berkolaborasi dengan game Fortnite untuk mendesain beberapa koleksi pakaian yang bisa dikenakan pada karakter digital game tersebut. Keikutsertaan Balenciaga dalam hal ini diharapkan dapat memperluas peluang perdagangan melalui pesatnya perkembangan metaverse.

Potensi Lain Digital Fashion dalam NFT

Berbicara mengenai digital fashion, tentu tak terlepas dari hal yang melatarbelakangi gerakan ini. Selain peduli terhadap perubahan lingkungan yang terjadi akibat produksi pakaian, digital fashion juga menjadi solusi atas pengkotak-kotakan yang terjadi di antara para selebritas dan fashion enthusiasts.

Kehidupan mereka diukur berdasarkan penampilan di dunia maya, seberapa mahal aksesoris-aksesoris yang dikenakan, dan sebagainya. Hal ini tentu melelahkan bagi sebagian kalangan yang merasa berada di bawah kalangan lain. 

Advertisement

Akan tetapi, dengan adanya digital fashion, kelas-kelas tersebut setidaknya sedikit dibaurkan. Pemenuhan kebutuhan akan konten tetap terjaga, tetapi biaya pengeluaran untuk memproduksi sebuah konten menjadi berkurang karena harga pakaian digital yang cenderung lebih murah.

Setelah mengetahui sepak terjang digital dari brand-brand termahal di dunia, apakah Anda tertarik untuk menjadi Creator NFT? Atau bahkan ingin menjadi official partner di NFT? Eksplorasi karya seni tak terbatas melalui TokoMall yang dapat Anda akses dengan cara klik tautan di sini  dan ikuti perkembangan NFT dari berbagai penjuru dunia di komunitas resmi NFT Tokomall!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular