Connect with us

Blockchain

Cara Kerja Staking Kripto yang Perlu Kamu Pahami

Published

on

Ilustrasi trading kripto.

Menghasilkan keuntungan dari aset kripto bukan hanya tentang menambang Bitcoin (BTC) lagi. Bitcoin adalah blockchain proof-of-work (PoW) di mana BTC baru dihasilkan melalui proses penyelesaian algoritma yang sangat intensif, yang kita kenal sebagai “penambangan.”

Banyak blockchain yang lebih baru sebagai gantinya menggunakan algoritma proof-of-stake (PoS) yang membutuhkan energi jauh lebih sedikit. Kebenaran transaksi di blockchain PoS dibuktikan oleh orang-orang yang mengunci sejumlah kripto di Smart Chain. Proses ini, yang disebut “staking” memungkinkan pemilik kripto untuk mendapatkan hadiah staking atas partisipasi mereka dalam blockchain. 

Dasar-dasar Staking

Dalam staking cryptocurrency, dari sudut pandang pengguna itu seperti dibayar bunga untuk memegang dan meng-hold koin. Dari perspektif yang lebih teknis, Proof-of-Stake (PoS) adalah alternatif dari model penambangan Proof-of-Work (PoW).

Alih-alih penambang memecahkan algoritma kriptografi menggunakan daya komputasi untuk memverifikasi transaksi seperti yang mereka lakukan dengan PoW, maka pengguna PoS dengan koin yang ada memverifikasi transaksi secara proporsional dengan jumlah koin yang telah mereka kunci di dompet yang sedang di-stake.

Ilustrasi staking kripto

Ilustrasi staking kripto.

Baca juga: Ekosistem Teknologi Blockchain Bisa Atasi Perubahan Iklim

Dari sudut pandang pengguna, yang harus dilakukan seseorang adalah menyimpan sejumlah koin tertentu untuk jangka waktu tertentu dan mereka akan mendapatkan koin yang baru. 

Tanpa masuk ke detailnya, secara umum dengan metode ini seseorang harus mengunci koin dalam jumlah besar. Mengingat hal ini, orang cenderung menggunakan staking pool atau lebih umum menyimpan koin mereka di platform yang membagikan hadiah staking.

Contoh sederhana dari ini yaitu Binance. Mereka menawarkan hadiah staking untuk beberapa koin PoS termasuk TKO, NEO, ONT, VET, dan NPXS. NEO menghasilkan GAS, ONT menghasilkan ONG, VET menghasilkan VTHO, dan NPXS menghasilkan lebih banyak NPXS.

Advertisement

Tentu saja, ada lebih banyak koin PoS dari itu, misalnya ADA juga memiliki sistem staking. Jadi untuk koin ADA anda harus mencari pool staking tersendiri.

Hal Penting Jika Ingin Staking Cryptocurrency

Pada tingkat yang sangat dasar atau basic, “Staking” berarti mengunci aset kripto kamu dalam blockchain dengan bukti kepemilikan aset untuk jangka waktu tertentu. Aset terkunci ini digunakan agar mencapai konsensus yang diperlukan untuk mengamankan jaringan dan memastikan validitas setiap transaksi baru yang akan ditulis ke blockchain.

Mereka yang melakukan staking koin di blockchain PoS biasanya disebut “validator.” Untuk mengunci aset mereka dan memberikan layanan ke blockchain, validator diberi koin baru dari jaringan.

Agar blockchain dapat bekerja secara efisien, validator diperlukan untuk menyediakan layanan yang stabil dan aman. Blockchain sering melakukan pemotongan nilai saham validator yang berperilaku tidak jujur ​​atau berbahaya. 

Ilustrasi staking cryptocurrency.

Ilustrasi staking cryptocurrency.

Baca juga: Tips Aman Investasi Aset Kripto yang Bisa Kamu Ikuti

Untuk menjalankan node validator yang sukses, agen harus berkomitmen pada blockchain yang dipilih dan menjalankan infrastruktur yang aman dan tersedia secara berkelanjutan. Beberapa blockchain memiliki periode penguncian yang signifikan -di mana validator tidak dapat mengambil koin mereka- serta ambang batas minimum tertentu untuk di-staking

Untuk menghindari berurusan dengan semua persyaratan ini, banyak pemilik aset kripto lebih suka mendelegasikan koin mereka ke validator yang menjalankan staking pool. Beberapa blockchain, seperti Tezos memiliki mekanisme bawaan yang memungkinkan siapa saja untuk mendelegasikan koin mereka ke validator di jaringan.

Aset Kripto yang Banyak Di-staking

Setiap blockchain PoS memiliki seperangkat aturan khusus untuk validatornya. Aturan-aturan ini menentukan persyaratan teknis dan keuangan untuk menjadi validator, misalnya ukuran stake minimum, algoritma pemilihan validator untuk melakukan tugas validasi yang sebenarnya dan prinsip distribusi hadiah di antara validator. Hadiah biasanya dihitung berdasarkan ukuran staking, partisipasi aktual dalam mekanisme konsensus serta jumlah total koin yang di-staking.

Advertisement

Pada Juli 2020, kapitalisasi pasar PoS diperkirakan mencapai $ 35,8 miliar, sebagai perbandingan, kapitalisasi pasar kripto keseluruhan adalah sekitar $ 270 miliar. Jumlah aset yang di-stake telah meningkat secara signifikan selama setahun terakhir dengan semakin populernya blockchain PoS. 

Ilustrasi staking cryptocurrency

Ilustrasi staking cryptocurrency

Baca juga: Ini Dia Berbagai Keunggulan Bitcoin yang Wajib Kamu Tahu

Berdasarkan kapitalisasi pasar, cryptocurrency terbesar dalam staking adalah Tezos dan EOS, diikuti oleh Algorand dan ATOM (Cosmos). Pasar staking cukup lancar, namun, karena project PoS baru muncul seperti peluncuran Ethereum 2.0 yang kemungkinan akan mengubah dinamika pasar secara signifikan, karena akan menjadi cryptocurrency terbesar yang tersedia untuk staking dengan kapitalisasi pasar $ 43 miliar US Dollar.

Kunci Staking Cryptocurrency

Dengan banyaknya aset dan penyedia layanan yang dapat dipilih, ada beberapa hal yang perlu diingat saat memutuskan apa dan bagaimana memulai staking.

Jelas, pilihan koin mana yang akan kalian staking adalah yang terpenting. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh pengembalian, fungsionalitas, dan ekspektasi pengembangan dari blockchain itu sendiri. 

Penting juga untuk dicatat apakah staking kamu bagus pada saat periode penguncian atau tidak. Persyaratan teknis dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan staking juga merupakan faktor utama. 

Jika kamu ingin melakukan trading kripto bisa melakukannya di Tokocrypto. Tokocrypto menyediakan berbagai macam koin dan token yang bisa anda perjualbelikan. Kamu juga bisa melakukan staking token asli Tokocrypto yaitu TKO di Tokocrypto, Binance dan juga Pancakeswap. Dengan melakukan staking maka kamu bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dan keuntungan.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular