Blockchain

Yuk, Simak Penjelasan Lengkap Mengenai Bid dan Ask!

Published

on

Ketika Anda baru mulai berinvestasi, baik investasi saham maupun kripto, Anda akan bertemu dengan berbagai istilah, termasuk di antaranya adalah bid dan ask. Kedua istilah ini akan Anda temui pada investasi saham dan jual-beli aset kripto. Bid dan ask adalah komponen penting yang tidak terpisahkan. Jika Anda belum memahami apa itu bid dan ask, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu bid dan ask?

Secara umum, bid diartikan sebagai harga atau penawaran maksimum suatu aset. Sebaliknya, ask adalah harga atau penawaran minimum yang ditawarkan untuk membeli suatu aset. Dapat disederhanakan bahwa bid berarti beli, sedangkan ask artinya jual. Hal ini juga berlaku dalam investasi aset kripto. 

Ketika bertransaksi dengan aset kripto, Anda akan menemukan bid pada kolom buy dalam order book, sementara ask berada di kolom sell. Biasanya, harga tawaran akan bernilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga penawaran. Perbedaan angka pada tawaran dan penawaran disebut juga dengan spread, yakni imbalan atau keuntungan yang diterima oleh platform.

Bid-ask spread dalam transaksi kripto

Tidak hanya ada istilah bid dan ask, dalam dunia kripto dikenal pula istilah bid-ask spread. Istilah ini merujuk pada suatu kondisi di mana jumlah harga permintaan lebih banyak daripada harga bid suatu aset. Sederhananya, bid-ask spread merupakan selisih harga tertinggi kripto yang ditawar pembeli dengan harga terendah yang diterima oleh penjual.

Kondisi tersebut memperlihatkan bahwa seseorang yang ingin menjual aset kriptonya akan menerima sejumlah harga penawaran, sedangkan orang yang ingin membeli aset kripto akan membayar harga sesuai dengan permintaan penjual.

Baca Juga: Strategi Penggunaan Bollinger Band Scalping Agar Profit!

Menghitung bid-ask spread sangatlah mudah. 

Misalnya, harga bid sebuah aset kripto adalah US$5000, sedangkan harga permintaan untuk aset tersebut adalah US$5.100 . Maka, bid-ask spread dari aset kripto tersebut sebesar 100 dolar AS. 

Anda juga bisa mengubahnya ke dalam bentuk persentase, yakni dengan membagi bid-ask spread dengan harga permintaan terendah. Maka, akan ditemukan hasil bid-ask spread sebesar 5%.

Jika calon pembeli membuat penawaran dengan harga yang lebih tinggi, maka spread ini akan ditutup. Begitu pula jika calon penjual membuka penawaran aset kripto dengan harga yang lebih rendah.

Bid-ask spread itu untuk apa?

Bid-ask spread digunakan untuk melihat likuiditas. Spread tinggi menunjukan likuiditas rendah, sedangkan spread rendah menunjukkan likuiditas tinggi.

Bagaimana likuiditas ini mempengaruhi orang-orang dalam mengambil keputusan?

Setiap aset memiliki harga tertinggi yang bersedia dibayar oleh pembeli dan harga terendah yang penjual bersedia untuk terima. Jumlah harga tersebut bisa berbeda-beda. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan likuiditas pada masing-masing aset kripto.

Beberapa pasar lebih likuid jika dibandingkan dengan pasar lainnya dan hal ini harus terlihat pada spread yang lebih rendah. Pada dasarnya, price taker atau trader akan meminta likuiditas, sementara market maker akan memasok likuiditas.

Misalnya, aset paling likuid di dunia saat ini adalah mata uang fiat. Pada mata uang fiat, harga tertinggi pembelian dan harga terendah penjualan memiliki selisih yang sangat kecil, bahkan bisa diukur melalui pecahan sen.

Hal sebaliknya terjadi pada saham dan aset kripto. Keduanya merupakan aset yang kurang likuid, bahkan bisa memiliki spread 1 hingga 2 persen dari harga permintaan yang terendah. 

Selisih harga ini dapat menjadi kisi-kisi yang memperlihatkan risiko ketika market maker menawarkan asetnya. Contohnya, kontrak berjangka bisa saja mempunyai harga permintaan terendah pada aset yang mewakili harga yang jauh lebih tinggi daripada perdagangan ekuitas atau valas.

Itulah informasi menarik sepuar bid dan ask dalam kripto. Untuk mulai berinvestasi, yuk gabung di Tokocrypto sebagai platform terpercaya! Dengan sistem layanan yang sudah terintegrasi, kegiatan investasi aset kripto pun akan lebih mudah. 

Yuk, simak berbagai informasi seputar kripto  di website Tokocrypto, Instagram, serta Twitter! Juga jangan lupa untuk bergabung di komunitas Tokocrypto. Salam to the moon!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version