Connect with us

Blockchain

Berteknologi Tinggi, Intip Serba-Serbi Zilliqa Coin

Published

on

Ilustrasi Ziliqa coin.

Terus berkembang, kini dapat Anda temui banyak aset kripto yang memiliki teknologi lebih baik dari pada aset kripto generasi pertama seperti Bitcoin atau Ethereum. Salah satunya ialah Zilliqa coin. Walaupun terbilang baru, setidaknya koin ini menghadirkan teknologi yang lebih unggul dibanding Ethereum, khususnya pada kecepatan transaksinya. 

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kenalan dengan Zilliqa Coin

Zilliqa Coin (ZIL) diciptakan oleh peneliti asal National University of Singapore, Amrit Kumar dan Dong Xinshu yang diluncurkan pada Juni 2017. Memang pada Initial Coin Offering (ICO) yang berlangsung pada 27 Desember 2017 sampai 10 Januari 2018, Zilliqa masihlah berjalan di atas blockchain Ethereum. Pada ICO ini, Zilliqa berhasil mengumpulkan dana lebih dari $22 juta dalam ETH, lho! Barulah pada tahun 2019, Zilliqa membuat jaringan blockchain-nya sendiri. 

Berdasarkan data yang ada di Coinmarketcap, saat ini setidaknya sudah 59% koin yang beredar di seluruh dunia dari jumlah persediaan yang ada sebanyak 21 miliar ZIL coin. Setidaknya saat ini (20/01/22),  ZIL coin menduduki peringkat 104. 

Bagaimana Cara Zilliqa Coin Bekerja?

Ilustrasi Ziliqa coin.

Ilustrasi Ziliqa coin.

Zilliqa dianggap memiliki teknologi yang lebih unggul dibanding terdahulunya karena mampu memproses transaksinya dengan cepat. Tertulis pada whitepaper-nya, kecepatan transaksinya bisa mencapai hingga 1000 kali dari blockchain Ethereum, lho!

Kenapa Zilliqa Bisa Lebih Unggul Seperti itu, ya?

Zilliqa merupakan koin pertama yang didukung oleh teknologi canggih yang bernama sharding. Di mana setiap shard memproses transaksi menjadi bagian-bagian lebih kecil yang kemudian menghasilkan antrian transaksi minimal dan disiarkan ke jaringan, sehingga meningkatkan jumlah kinerja jaringan (transaksi per second).  Nah, hal inilah yang membuat koin Zilliqa bisa cepat memproses transaksinya.

Bagaimana Jaringan Zilliqa Diamankan?

1. pBFT

Jaringannya diamankan oleh mekanisme konsensus pBFT (practical Byzantine Fault Tolerance). Ini berarti bahwa dua pertiga dari semua node (simpul)  yang ada harus setuju bahwa setiap catatan yang ada adalah benar untuk kemudian ditambahkan ke blockchain. Tiap shard blockchain Zilliqa bergantung pada sekelompok node untuk mengonfirmasi sub bagian dari semua transaksi. Barulah ketika pecahan mencapai konsensus, kelompok node kedua melakukan konfirmasi hasil kolektif shard tersebut dan menambahkan blok baru ke blockchain.

Baca Juga:  Simak Penjelasan Lengkap Mengenai Cardano Coin! 

Advertisement

2. Scilla

Selain itu, Zilliqa punya bahasa pemrograman sendiri, yakni Scilla (Smart Contract Intermediate-Level Language). Scilla adalah bahasa pemrograman yang fokusnya pada keamanan yang tujuannya agar secara otomatis dapat mengenali dan menghilangkan kerentanan keamanan  tingkat bahasa dan memfasilitasi verifikasi formal keamanan smart contract melalui bukti matematis.

Ilustrasi Ziliqa coin.

Ilustrasi Ziliqa coin.

3. Proof of Work

Terakhir, dilansir dari Invesnesia, blockchain Zilliqa menggunakan Proof of Work untuk menentukan identitas node dan melakukan sharding. Namun, perlu diingat, ia tidak menggunakan PoW ini hingga konsensus. Adapun keuntungan yang didapat dari hal tersebut adalah pengembang tidak perlu mengeluarkan biaya energi PoW yang tinggi. Setidaknya untuk node Zilliqa bisa berjalan hanya dengan biaya 1/10 dari sebuah node Ethereum.

Beli Zilliqa Coin di Tokocrypto

Anda tertarik untuk beli Zilliqa coin? Tenang, Anda bisa membelinya di Tokocrypto. Tepat 16 Januari 2021, Tokocrypto telah resmi menambahkan koin ini ke dalam platform-nya. Ini dia, caranya!

  1. Pertama-tama, daftarkan diri Anda dan selesaikan KYC-nya.
  2. Setelah berhasil, isi saldo terlebih dahulu dan jangan lupa mengkonversikannya ke BIDR (bisa juga ke USDT, BUSD, ataupun USDC).
  3. Lalu, pilih menu Pasar, dan sesuaikan dengan BIDR di kolom “Fiat Pasar”.
  4. Pilih Zilliqa coin.
  5. Pilih metode transaksi yang Anda mau. Anda bisa memilihnya menggunakan “Batasan Order” yang di mana Anda bisa menentukan harga sendiri atau “Order Pasar” di mana harga ini adalah harga yang berlaku di pasar saat itu juga.
  6. Masukan jumlah koin beserta nominal yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengeceknya kembali dengan seksama.
  7. Terakhir, klik “Beli”. 

Gimana, mudah kan? Yuk, daftarkan diri Anda segera dan selesaikan KYC-nya hanya di Tokocrypto dan nikmati investasi, jual, dan beli Zilliqa coin serta aset kripto lainnya dengan mudah dan aman! Ingin diskusi dan belajar tentang kripto? Gabung komunitas resmi Tokocrypto.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular