Connect with us

Blockchain

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin Prediksi Crypto Winter Segera Tiba

Published

on

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin bicara soal ETH 2.0..

Salah satu pendiri blockchain Ethereum, Vitalik Buterin, memprediksi bahwa crypto winter bisa segera tiba dalam waktu dekat. Pernyataan Buterin tersebut mencerminkan kondisi pasar kripto yang telah jatuh dalam beberapa pekan terakhir.

Market kripto sedang dalam tekanan bersama saham, karena investor memilih untuk lebih berhati-hati dalam mengambil risiko mengingat kenaikan inflasi yang terus-menerus, rencana kenaikan suku bunga yang akan dilakukan oleh Federal Reserve, dan ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina.

Investor ‘Senang’ Nilai Kripto Turun

Vitalik Buterin, menyatakan bahwa tren pasar yang menurun ini telah membuat sebagian orang senang. Bagi pengembang kripto penurunan nilai aset kripto yang berkelanjutan, dapat menghapus proyek-proyek yang kurang layak, sehingga menyisakan yang terbaik.

analisa teknikal

Ilustrasi Ethereum dan Bitcoin.

Sementara, investor yang sudah kawakan senang menyambut penurunan harga karena ada potensi pembalikan sebelum naik lebih tinggi lagi. Mereka melihat ada celah untuk melakukan buy the dip, di mana investor melihat penurunan harga sebuah aset adalah saat yang tepat untuk mengakumulasi portofolio asetnya.

“Mereka menyambut tren pasar menurun itu karena ketika ada periode pembalikan harga juga akan naik cepat, ini jelas membuat banyak orang senang. Tetapi juga cenderung mengundang banyak kerugian jangka pendek karena ada spekulasi,” kata Buterin dikutip Bloomberg.

Baca juga: Nilai Bitcoin Anjlok di Bawah $40.000 Bikin Investor Panik

Crypto Winter Ciptakan Jutawan Baru

Miliarder kripto berusia 28 tahun itu, juga mengatakan crypto winter yang membuat harga kripto mengalami penurunan besar-besaran, pada saat yang bersaman bisa menciptakan kenaikan signifikan, bahkan ada yang tembus rekor harga baru, setelah masanya usai. Kejadian ini juga mendorong munculnya para jutawan baru.

“Crypto winter adalah ketika banyak dari project kripto tersebut jatuh dan Anda dapat melihat proyek mana yang benar-benar berkelanjutan dalam jangka panjang, baik dalam proyek independen maupun bekerja sama dalam orang lain,” ungkap Buterin.

Advertisement
penyebab harga ethereum naik di tahun 2021

Ilustrasi Ethereum.

Buterin tidak yakin apakah pasar crypto sudah mengalami kerugian dari crypto winter yang baru, atau apakah itu hanya mencerminkan pergerakan aset lain, karena mata uang digital menarik lebih banyak investor arus utama. Ia juga menambahkan musim dingin kripto juga dapat membantu mereka yang sedang membangun proyek di kripto untuk fokus pada peningkatan teknologi.

Pada saat berita ini ditayangkan pada Selasa (22/2), harga Bitcoin jatuh di bawah level support kuatnya di $39.600. Sementara, telah kehilangan 35% year-to-date, turun dari $3.722 pada awal Januari menjadi di bawah $ 2.532.

Baca juga: 4 Cara Menghasilkan Uang Lewat NFT!

Ethereum Dikritik Lambat dan Mahal

Ethereum (ETH) sendiri sukses jadi koin kripto yang mengekor Bitcoin dalam 10 koin dengan kapitalisasi pasar di dunia. Hal itu dikarenakan ETH membuat teknologi yang lebih kuat beserta smart contract, sehingga banyak pengembang pun memanfaatkannya untuk mengembangkan aplikasi DeFi (decentralized finance).

Teknologi blockchain ETH banyak digunakan untuk minting NFT yang kini sedang tren di global hingga Indonesia. Artinya prospek ke depan akan semakin tumbuh seiring dengan token utilitas yang berjalan di jaringan ETH tersebut.

Meski begitu, Buterin telah lama dikritik karena transaksi di Ethereum lambat dan mahal. Ethereum Foundation yang dipimpin Buterin telah melakukan upaya terbaru yang didedikasikan untuk meningkatkan skalabilitas blockchain dengan mungkin peningkatan paling penting dalam sejarah Ethereum.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular