Market News

Mark Zuckerberg Berambisi Bawa NFT ke Instagram, Kapan?

Published

on

Mark Zuckerberg berambisi bawa NFT ke Instagram. Non-fungible token (NFT) akhirnya mencuri perhatian CEO Meta itu. Miliarder muda itu akhirnya mengumumkan bahwa perusahaannya berencana untuk memperkenalkan NFT ke instagram dalam waktu dekat.

Zuckerberg mengungkapkan integrasi NFT ke dalam aplikasi Instagram sebagai sesuatu yang akan segera dilakukan, setelah tim Instagram menyelesaikan beberapa tantangan teknis. Langkah ini menjadi bukti bahwa dunia NFT punya potensi besar, sehingga menarik banyak brand dan perusahaan global untuk menjadi pemain.

“Kami sedang berupaya membawa NFT ke Instagram dalam waktu dekat,” kata Zuckerberg saat konferensi South by Southwest (SXSW) Selasa (15/3).

“Saya belum siap untuk mengumumkan dengan tepat apa yang akan terjadi hari ini. Namun, selama beberapa bulan ke depan, kami meningkatkan kemampuan untuk membawa NFT Anda, dan mudah-mudahan seiring waktu dapat membuat hal-hal baru dalam lingkungan tersebut.”

Ilustrasi pameran karya NFT. Foto: Bloomberg.

Baca juga: Tokocrypto Market Signal 16 Maret 2022: Kripto Perlahan Tumbuh, tapi Belum Riuh

NFT dan Instagram

Pernyataan Zuckerberg tersebut tentu bukan hal yang mengejutkan. Sebelumnya, Head of Instagram, Adam Mosseri, juga telah menyatakan minatnya terhadap NFT dan secara aktif mengeksplorasi teknologi tersebut dengan tujuan membawanya ke khalayak yang lebih luas.

“Saya pikir ini adalah tempat menarik yang bisa kita mainkan dan juga semoga membantu para pembuat konten,” kata Mosseri dikutip Tech Crunch.

Ketertarikan Instagram pada NFT sesuai dengan visi perusahaan induk, Meta yang punya tujuan lebih luas tentang dunia maya yang saling terhubung dan menguntungkan yang dipenuhi dengan barang-barang digital.

Avatar CEO Meta, Mark Zuckerberg di Metaverse.

Baca juga: Mengenal Hifi Finance & STEPN, Kripto Menarik Banyak Kegunaannya

NFT dan Metaverse

Zuckerberg berharap pakaian avatar di Metaverse buatan perusahaannya dapat dicetak sebagai NFT. Konsep tersebut sudah menjadi umum di ruang game play-to-earn berbasis blockchain yang menggunakan NFT sebagai karakter atau avatar dalam permainan.

“Saya berharap pakaian yang dikenakan avatar Anda di Metaverse dapat dicetak sebagai NFT dan Anda dapat membawanya ke tempat yang berbeda,” katanya.

Konsep Metaverse sendiri lahir tidak lepas dari andil Mark Zuckerberg. Ia sendiri menjelaskan perubahan nama menjadi Meta dari Facebook Inc. didasari keinginan untuk lepas dari stigma perusahaan media sosial saja.

Zuckerberg bercita-cita ingin memperkuat posisi perusahaan dalam dunia baru, yaitu Metaverse yang dipandangnya sebagai masa depan internet.

“Hari ini kita dilihat sebagai perusahaan media sosial. Facebook adalah salah satu produk teknologi yang paling banyak digunakan dalam sejarah dunia. Ini adalah merek media sosial yang ikonik,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version