Blockchain

Kecerdasan Buatan Bisa Digunakan untuk Investasi Aset Kripto

Published

on

Selama dua tahun terakhir, investasi aset kripto telah konsisten terus tumbuh, baik dari sisi jumlah investor dan volume transaksi. Terlepas dari popularitasnya, investasi ini datang dengan banyak tantangan, termasuk kesulitan teknis.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi cara menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk investasi aset kripto. Ini berbeda dengan robot trading yang marak karena digunakan sebagai kedok investasi bodong, padahal mengunakan skema ponzi.

Banyak orang yang salah kaprah soal robot trading dan bantuan kecerdasan buatan dalam investasi aset kripto. Sesungguhnya AI ini digunakan untuk membantu investor melakukan tindakan investasi, semua keputusan dan perolehan keuntungan, serta kerugian kembali ke pengguna.

Kecerdasan Buatan Memudahkan Investor

Sejak aset kripto pertama memulai debutnya, ada volatilitas dan fluktuasi valuasi yang tinggi. Hal ini semakin membingungkan investor ritel dan institusional yang menyebabkan banyak keputusan investasi berbasis emosi.

Memahami pasar kripto dan menjalankan investasi membutuhkan banyak waktu dan keterampilan. Dengan munculnya lebih banyak alat berbasis teknologi, investor dan pedagang semakin mencari kecerdasan buatan dan Machine Learning (ML) untuk memahami investasi.

Ilustrasi candlesticks di investasi aset kripto.

Kombinasi AI dan ML terbukti berharga di market, karena investasi kripto diadopsi oleh lebih banyak investor institusional atau pemula. Karena kripto didukung oleh teknologi blockchain, AI dapat bekerja bersama blockchain untuk mengatasi banyak tantangan.

Beberapa cara di mana AI dapat digunakan untuk investasi aset kripto, termasuk prediksi yang lebih akurat, analisis sentimen lebih cepat, perdagangan otomatis dan monetisasi yang lebih baik.

Baca juga: Kelas Kripto: Memahami Perbedaan Koin dan Token

Prediksi Market Kripto yang Lebih Akurat dengan AI

Salah satu masalah terbesar dalam perdagangan kripto adalah volatilitas pasar. Dengan popularitas yang semakin tinggi, AI dapat membantu mengatasi ketidakpastian aset kripto.

Dengan analitik data yang kuat, investor dapat memprediksi dan memperkirakan peristiwa penting di pasar kripto dan membuat keputusan investasi yang terinformasi dengan baik. Selain itu, AI dengan blockchain membuat kombinasi yang lebih kuat.

Blockchain menyimpan catatan digital tidak hanya transaksi tetapi untuk apa pun yang bernilai. Karena blockchain memungkinkan data disimpan dan dibagikan dengan cara yang aman, AI dapat digunakan untuk menganalisisnya

Transaksi Blockchain juga dapat mengungkapkan pola perilaku untuk membantu memahami penggerak di pasar kripto. Investor kemudian akan dapat menghasilkan prediksi yang akurat tentang aset kripto tertentu.

Ilustrasi investasi aset kripto yang aman dan cuan.

Analisis Sentimen Pasar Kripto

Untuk menentukan sentimen pasar kripto, sejumlah besar data yang bervariasi harus dikumpulkan, diproses, dan dianalisis. Ini termasuk berita, blog, artikel, forum, posting sosial, papan pesan saham dan bahkan komentar yang terkait dengannya.

Dengan menggunakan AI, sejumlah besar data dari internet, serta data blockchain dapat diproses dalam skala besar dan dapat dengan cepat menganalisis sentimen apakah itu negatif, netral, atau positif.

Dengan menganalisis berbagai sinyal, AI dan Machine Learning dapat mengidentifikasi manipulasi di pasar, melalui perilaku tidak biasa yang diamati dalam indikator sentimen. Setelah sentimen dilampirkan ke data, investor dapat menerapkan rekomendasi yang mereka peroleh.

Baca juga: Kementerian Malaysia Usulkan Kripto Jadi Alat Pembayaran yang Sah

Keuntungan Penggunaan AI dalam Investasi Aset Kripto

Keuntungan paling signifikan dari penggunaan AI adalah trader tidak perlu terus-menerus memantau pasar dan terus menghitung momen untuk membuka posisi.

Penggunaan AI bisa menghilangkan faktor ketakutan dan elemen emosional dalam keputusan perdagangan. Sebagian besar investor pemula kehilangan deposit semata-mata, karena ketidakstabilan psikologis dan emosional, serta mengabaikan aturan strategi perdagangan mereka sendiri.

Tokocrypto dan KepingAI Bantu Investor Raih Profit

Untuk membantu para trader dan investor pemula, Tokocrypto bekerja sama dengan KepingAI menghadirkan fitur, Tokocrypto Insight Fitur ini membantu investor menganalisa pasar kripto dan mengakses referensi sinyal trading yang dibantu menggunakan model Machine Learning dan Deep Learning.

Ilustrasi trading kripto.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan KepingAI juga cocok digunakan para pemula untuk yang baru ingin memulai trading dan memaksimalkan keuntungan yang dapat diperoleh. Dengan KepingAI, kamu akan mendapat sinyal atau pemberitahuan untuk setiap peluang saat trading dengan pairing USDT dan BIDR.

“Sinyal sendiri adalah rekomendasi atau referensi trading yang diberikan oleh KepingAI. Di mana, Tokocrypto bekerja sama dengan KepingAI menggunakan AI untuk menganalisa market. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Trader pemula bisa memanfaatkannya, even dia enggak tahu analisis teknikal. KepingAI so far so good dengan probabilitas yang cukup tinggi,” kata Afid.

Bagaimana Menggunakan KepingAI Signal?

KepingAI Signal menggunakan Dollar-Cost-Averaging (DCA) atau Averaging Down. Kamu bisa mendapat rekomendasi atau sinyal trading untuk pairing USDT dan BIDR yang ada di Tokocrypto tanpa bingung menganalisa pasar secara manual.

DCA adalah strategi perdagangan yang digunakan oleh Signal Perdagangan AI untuk memastikan mekanisme keamanan dalam rangka memitigasi kondisi pelemahan pasar yang besar. Mekanisme Safety Order menggantikan mekanisme standar Stop Loss dengan tujuan untuk mengkonversikan perdagangan negatif menjadi perdagangan menguntungkan.

Rekomendasi biaya modal untuk Safety Order adalah 2 (dua) kali dari modal dasar atas rata-rata harga pembelian. Mekanisme ini akan menurunkan rata-rata harga pembelian apabila terjadi pelemahan atau koreksi pada pasar.

KepingAI bisa digunakan dengan skema berlangganan. Ada pilihan yang tersedia mulai dari gratis alias tanpa biaya, namun dengan fitur yang terbatas. Adapula paket Standard dengan biaya Rp 150.000 per bulan dan paket Premium dengan biaya Rp 190.000 per bulan. Untuk informasi lengkap dan cara berlangganan bisa buka link di sini.

Paket berlangganan KepingAI.

Apakah Tepat Menggunakan AI dalam Investasi Kripto?

AI tidak akan pernah menjadi pengganti kemampuan analisis investor. Menggabungkan keterampilan analisis dengan AI dapat membawa lebih banyak nilai dan profitabilitas, terutama dalam investasi kripto.

Penerapan AI juga memerlukan kerangka kerja dan strategi yang kuat, karena investor harus paham keputusan yang diambil untuk peningkatan profitabilitas. AI akan menjadi alat yang sangat berharga bagi investor untuk tetap kompetitif dan meningkatkan efisiensi.

Tokocrypto tidak memaksa pengguna untuk melakukan jual-beli aset kripto sebagai sarana investasi atau mencari keuntungan, yang berarti semua aktivitas perdagangan merupakan keputusan individu dari Pengguna dan Tokocrypto tidak akan bertanggung jawab untuk setiap kerugian dan keuntungan yang ditimbulkan.

Baca juga: Vitalik Buterin Jadi Sampul Majalah Time, Netizen: Terlalu Jelek Buat Orang Kaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version