Crypto

Yuk, Kenalan dengan NFT Game Splinterlands yang Populer

Published

on

Beberapa waktu belakangan, NFT terus digandrungi oleh masyarakat. Selain NFT art, jenis yang tak kalah populer adalah NFT game. Nah, salah satu NFT game yang paling banyak dimainkan orang saat ini adalah Splinterlands

Game ini sangat populer karena menawarkan cara permainan unik dengan fitur game yang bermacam-macam. Hadirnya NFT membuat pemain tidak hanya merasakan pengalaman bermain, tetapi juga bisa menghasilkan keuntungan berkat usaha mereka dalam game. Tertarik untuk mencoba game ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Kenalan dengan NFT Game Splinterlands

Splinterlands adalah game pertukaran kartu atau trading card berbasis blockchain yang menggunakan sistem play-to-earn terbaik dan terpopuler di pasar. Melansir DappRadar, Splinterlands sudah dimainkan oleh lebih dari 388 ribu pemain, lho, membuat game ini masih menduduki peringkat pertama dalam game blockchain. Dengan sistem game play-to-earn, para pemain akan meraih sejumlah keuntungan dengan cara melanjutkan permainan. 

Misi utamanya adalah bertarung melawan monster. Nantinya, hasil usaha melalui misi dalam game akan berbuah hadiah berupa in-game item yang dapat diperjualbelikan. 

Game ini beroperasi di bawah blockchain Hive, di mana merupakan blockchain sendiri sehingga game ini memiliki stabilitas yang tinggi dan mudah dalam pembaruan jaringan dalam game

Mengutip situs resminya, hingga kini sudah terdapat lebih dari 500 jenis kartu yang tersedia untuk dimiliki para pemain. 

Kartu-kartu tersebut juga memiliki tingkatan kelangkaannya tersendiri, mulai dari Common, Rare, Epic, dan Legendary. Uniknya, para pemain bisa dengan bebas menerbitkan NFT Splinterlands yang dimilikinya di marketplace NFT ternama, sebab NFT yang terdapat pada Splinterlands tidak terikat dengan akun game melainkan langsung dengan wallet seperti MetaMask.

Baca juga: Serba-Serbi Metamask Wallet, dari Biaya hingga Keunggulan

NFT game Splinterlands juga memiliki blockchain sendiri lho, sehingga memungkinkan stabilitas yang tinggi dan peningkatan jaringan dalam permainan game. Meski begitu, game pertarungan ini menawarkan fitur cross-compatibility dengan blockchain lain, meliputi Tron, Ethereum, dan WAX. 

Bagaimana Cara Memainkannya?

Cara memainkan NFT game ini sangat mudah, pemain hanya perlu membuat akun dan login, kemudian klik tombol “Play Now” dan “Battle” untuk mulai bermain. Sistem akan otomatis mencarikan lawan yang setara dengan kemampuan karakter yang dimiliki. 

Sistem juga akan menunjukkan pop-up tentang batasan pertempuran. Kemudian, setelah “Create Team”, pertempuran akan dimulai secara otomatis. Pemain yang kalah akan kehilangan poin yang dipertaruhkan.

Source: Phemex

NFT game ini memungkinkan para pemain untuk melakukan berbagai aktivitas dengan reward tertentu. Ada bentuk gameplay berupa quest, ranked play, dan turnamen. Anda bisa berpartisipasi dalam berbagai level permainan yang dapat dipilih sendiri untuk mendapatkan reward berupa card packs (paket kartu), rarity (item langka), magic potion (ramuan ajaib), dan item paling unik seperti Dark Energy Crystal (DEC) yang dapat dipakai untuk membeli item di marketplace dalam game.

Source: Splinterlands

Selain mendapatkan aset digital, Anda juga bisa menggabungkan kartu untuk menaikkan level, menyewakan kartu dan lahan untuk pemain lain, dan mengonversi kartu ke bentuk aset kripto. Singkatnya, pemain tidak hanya sebatas bertarung untuk bermain, tetapi juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain untuk memaksimalkan keuntungan.

Jadi, semakin banyak Anda memenangkan pertempuran, semakin tinggi pula rank yang didapatkan. Jika naik level, akan ada reward berupa chests yang berisi kartu, kredit, atau DEC. Semakin banyak koleksi kartu yang dimiliki, semakin tinggi juga level maksimum yang dapat dicapai dari penggabungan kartu.

Fitur pada Game Spinterlands

Fitur kartu NFT game ini terdiri dari dua jenis, yaitu Summoners dan Monsters. Summoners berperan sebagai penyihir yang menggunakan kekuatannya untuk memanggil monster. Monsters adalah setiap karakter makhluk yang dipanggil Summoners untuk ikut berperang. Namun, kekuatan kartu ini juga didasarkan pada fitur elemen yang disebut sebagai Splinters.

Source: Splinterlands

Splinterlands, yang berarti ‘tanahnya para Splinters’, menunjukkan enam elemen yang disebut Splinters, digolongkan dalam beberapa fraksi dalam game. Setiap kartu karakter akan tertulis keterangan penggolongannya, entah itu fraksi Api, Air, Bumi, Naga, Kematian, dan Kehidupan. 

Seorang Summoner hanya dapat menggunakan sihir untuk memanggil monster dalam Splinter yang sama. Misalnya, Summoner of the Water Splinter hanya dapat memanggil monster yang hidup di laut atau sungai.

Saat ini, ada lebih dari 283 fitur pada kartu yang dapat digabungkan untuk meningkatkan kekuatan karakter. Selain itu, untuk mengetahui kompetensi seorang pemain, dapat diketahui dari fitur tujuh indikator kartu yang dimilikinya. Indikator tersebut mencakup mana cost, stats, rarity, name, level, experience, dan abilities. 

Fitur stats berperan besar sebagai atribut karakter yang meliputi speed (kekuatan), armour (armor), health (kesehatan), ranged (serangan jarak jauh), magic (serangan sihir), serta melee (serangan jarak dekat). Jika indikatornya tinggi, maka dapat dipastikan bahwa kekuatan karakter tersebut cukup kuat.

Cara Daftar Game Splinterlands

Sangatlah mudah dan hampir sama dengan NFT game pada umumnya. 

  1. Langkah pertama, Anda perlu mengunjungi situs resminya, kemudian “Create Account”. 
  2. Selanjutnya, lengkapi data diri dan setujui Privacy Policy yang tersedia. 
  3. Setelah itu, klik “Continue” untuk melanjutkan dan verifikasi akun. 
  4. Setelah akun berhasil terverifikasi, hubungkan dengan wallet seperti MetaMask, Wombat, WAX, atau Venly untuk mempermudah proses penerimaan dan jual-beli item NFT yang terdapat dalam game
  5. Apabila proses registrasi telah tuntas, Anda sudah bisa mencoba permainan beserta fitur-fitur dalam NFT game ini.

Bermain game kini menjadi aktivitas yang menyenangkan. Selain menghibur, bermain NFT game juga dapat menghasilkan berbagai keuntungan, bahkan pemasukan. Namun, selain dengan NFT game, Anda juga bisa memulainya lewat NFT art dengan mendaftarkan diri di TokoMall. Di TokoMall Anda bisa menjual karya seni terbaik Anda berupa NFT atau membeli NFT impian Anda. Yuk, daftar sekarang dan gabung juga di Komunitas NFT TokoMall!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version