Blockchain

Bored Ape, Monkey NFT yang Punya Harga Fantastis. Kenapa Mahal ya?

Published

on

Belum lama ini, ramai beredar gambar monyet bosan atau monkey NFT dari seorang Official Partner, Bored Ape Yacht Club atau yang biasa disingkat menjadi Bored Ape. Ilustrasi tersebut memperlihatkan ekspresi monyet yang bosan dengan berbagai tampilan gaya, misalnya botak, bertanduk, maupun menggunakan berbagai setelah baju unik lainnya.

Karya seni dari Bored Ape kemudian laku dijual miliaran Rupiah. Beberapa selebritas dunia seperti Justin Bieber dan Neymar pun ikut mengoleksi NFT art dari Bored Ape. Lalu, bagaimana Bored Ape bisa menjadi seterkenal sekarang? Simak kronologi selengkapnya di bawah ini!

Awal Mula Kepopuleran Bored Ape, Foto Monkey NFT

Bored Ape Yacht Club adalah karya nft yang banyak mengunggah gambar simpanse berwajah bosan. Karya-karyanya mulai dikenal ketika Miami, salah satu kota di selatan Florida, menjadi pusat kripto setelah berbagai gimik seni laku di kota tersebut. Misalnya karya dari seniman Italia, Maurizio Cattelan, yang berhasil menjual pisang supermarket seharga 120.000 USD.

Semenjak fenomena tersebut, kehadiran berbagai gimik seni mulai diapresiasi di Miami dan itulah awal mengapa kota tersebut bisa menjadi pusat kripto, begitu pula saat Bored Ape Yacht Club menawarkan berbagai karya seni menarik dari seekor monyet. NFT Bored Ape mulai diperjualbelikan sejak musim semi 2021 dengan harga 190 USD. Sejak saat itu, harganya terus mengalami kenaikan hingga mencapai miliaran Rupiah.

Baca juga: Fenomena Ghozali Everyday, NFT dari Indonesia yang Terjual Miliaran Rupiah

3 Deretan Monkey NFT Termahal yang Pernah Terjual

Bored Ape menampilkan koleksi NFT dengan berbagai kostum dan gaya yang berhasil dijual hingga jutaan USD atau setara dengan miliaran Rupiah. Berikut adalah tiga monkey NFT termahal dari Bored Ape.

  1. Bored Ape #2087 – 769 ETH

Source: 2087 – Bored Ape Yacht Club on OpenSea

NFT termahal dari Bored Ape adalah edisi #2087. Gambar ini menampilkan wajah monyet yang memiliki warna kulit heboh, sedikit cemberut, dan tidak memiliki rambut. Gambar ini berhasil terjual dengan harga 769 Ethereum atau setara dengan 2,3 juta USD. Bahkan sudah laku dua kali selama empat bulan terakhir.

  1. Bored Ape #3749 – 740 ETH

Source: 3749 – Bored Ape Yacht Club on OpenSea

Karya kedua yang memiliki harga cukup mahal dari Official Partner Bored Ape adalah edisi #3749 laku dengan harga 740 Ethereum atau sekitar 2,9 juta USD karena berhasil terjual tiga kali dalam setahun belakangan.

  1. Bored Ape #8585 – 697 ETH

Source: 8585 – Bored Ape Yacht Club on OpenSea

Ketiga,Bored Ape yang memiliki harga menggiurkan adalah edisi #8585, sebab berhasil dihargai senilai 679 Ethereum atau setara dengan 2,67 USD. Gambar ini menampilkan monyet dengan kulit yang sama seperti poin pertama, tetapi berbeda ekspresi dan ditambah dengan aksesoris mahkota serta kacamata.

Kenapa Bored Ape Dapat Dihargai Mahal?

Bored Ape adalah proyek sampingan yang dikerjakan untuk mengisi waktu luang. Namun, ternyata algoritma berpihak pada mereka dan tiba-tiba karyanya banyak dibeli oleh selebritas dunia. Sejak saat itu, karya Bored Ape menjadi semakin berharga sebab semakin banyak ia diinginkan oleh selebritas, semakin naik pula demand terhadap karya-karya dari Bored Ape. Bahkan, kini Bored Ape telah bekerja sama dengan brand ternama, Adidas, untuk memproduksi gim NFT pertamanya.

Mengenal Bored Ape Yacht Club

Reference

Pendiri Bored Ape Yacht Club (BAYC) sebenarnya sudah terungkap belum lama ini, berkat BuzzFeed yang menelusuri catatan bisnis dari Yuga Labs, perusahaan di balik proyek BAYC yang mengarah pada alamat Solano. Pada akhirnya, dua nama asli pendiri BAYC terungkap, yakni Wylie Aronow dan Greg Solano.

Ketika berkarya dalam ekosistem NFT, keduanya tak pernah menggunakan nama asli, melainkan dengan nama samaran, Gordon Goner (Wylie Aronow) dan Gagamel (Greg Solano). Meski telah diketahui identitas aslinya sebagai pendiri BAYC, ilustrator yang membuat monkey NFT tersebut belum terungkap hingga saat ini.

Selebritas Dunia yang Ikut Koleksi Monkey NFT

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, NFT dari Bored Ape menjadi kian marak lantaran para selebritas ikut membelinya, seperti Justin Bieber dan Neymar. Inilah yang membuat harganya semakin melonjak.

  1. Justin Bieber: Bored Ape #3001

Source: Post by Justin Bieber

Asset Image on Google Drive

Justin Bieber dikabarkan telah membeli dua NFT buatan BAYC. Pertama, ia membeli Bored Ape #3850. Lalu, ia juga membeli Bored Ape #3001 seharga 500 ETH atau senilai 1,3 juta USD yang menampilkan wajah monyet sedih dengan kaos gelap sederhana. 

  1. Neymar: Bored Ape #6633

Source: Tweet by Neymar JR

Asset Image on Google Drive

Selebritas lain yang juga ikut meramaikan fenomena NFT BAYC adalah Neymar. Ia membeli Bored Ape #6633 seharga lebih dari 1 juta USD dan memamerkannya di akun Twitter-nya dengan caption, “I am an ape #community #art #BoredApeYC.” Ini juga bukan monkey NFT pertamanya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Bored Ape Yacht Club, proyek NFT yang berhasil mendapat banyak perhatian dari selebritas dunia dan brand olahraga ternama, Adidas. Tertarik mengikuti jejak Bored Ape? Ciptakan NFT art Anda sendiri dan tawarkan di TokoMall, platform marketplace NFT pertama di Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version