Connect with us

NFT

Ketahui Serba-Serbi CryptoKitties, Salah Satu Pionir Game NFT

Published

on

nft cryptokitties

CryptoKitties merupakan salah satu game NFT berbasis blockchain pertama di dunia yang diakui secara luas. Game ini memungkinkan penggunanya untuk membeli, membesarkan, menjual, dan mengoleksi kucing digital bernama “CryptoKitty”. Sejak pertama kali diluncurkan, CryptoKitties sudah menjadi game NFT yang sangat populer, padahal industri blockchain saat itu sedang dipertanyakan akibat kasus penipuan Initial Coin Offering (ICO). 

Hadirnya CryptoKitties sukses mengubah persepsi negatif masyarakat sehingga menjadi cikal-bakal “ramainya” pengadopsian game NFT dan dinilai dapat menjadi solusi bagi pengembangan Ethereum, sekaligus menjawab tantangan skalabilitas Ethereum Layer-2 yang menjadi faktor penting bagi perkembangan ekosistem blockchain selanjutnya.

Awal Mula Terciptanya CryptoKitties

Pada awal kemunculannya, game ini dirancang dengan tujuan memperkenalkan teknologi blockchain kepada masyarakat luas dengan cara yang lebih mudah, yaitu lewat gamifikasi. Studio Axiom Labs meluncurkan CryptoKitties pertama kali selama hackathon di konvensi ETH Waterloo pada Oktober 2017. Pada bulan berikutnya, game ini telah berada di bawah perusahaan baru, yaitu Dapper Labs. Dikodekan ke dalam standar token ERC-721 yang unik dan langka, setiap CryptoKitty pun berbeda satu sama lain.

Dimana Download dan Cara Buat Akun CryptoKitties?

Tentu sebelum memulai permainan ini, Anda perlu mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. Tapi pastikan sebelumnya Anda telah memiliki wallet crypto Metamask terlebih dahulu, ya. Untuk cara buatnya, Anda bisa baca di sini

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs CryptoKitties di https://www.cryptokitties.co/, kemudian klik kolom “Start” yang berwarna ungu di sebelah kanan atas. 
  2. Selanjutnya pada laman “Create Account” masukkan nama dan alamat email yang akan digunakan. Jika sudah klik “Continue”.
  3. Nanti akan muncul pop up Metamask untuk menyambungkan akun Anda dengan wallet crypto Anda. Klik “Masuk”.
  4. Akun Anda siap digunakan. 

Cara Mendapatkan Uang dari Game CryptoKitties

website dari nft cryptokitties

Lebih dari sekadar game digital, CryptoKitties juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Berikut beberapa cara mendapatkan uang dari game CryptoKitties:

1. Membiakkan dan menjual CryptoKitty

Pertama, Anda bisa membiakkan dan menjual CryptoKitty. Prinsipnya begini, CryptoKitty yang Anda beli saat ini adalah CryptoKitty yang Anda prediksi akan mengalami kenaikan harga di kemudian hari. Saat harga sudah sesuai, Anda nantinya bisa menjual CryptoKitty untuk dapat keuntungan.

Contohnya seperti yang terjadi pada Genesis, seekor CryptoKitty paling mahal. Genesis merupakan kucing virtual pertama yang lahir dan pernah dihargai senilai 114.481,59 USD. 

Advertisement

Ada juga CryptoKitty Dragon bermata Kastanye dengan nomor identitas CryptoKitty #896775 yang resmi dibeli pada 2018 lalu dengan harga fantastis, yaitu 172.000 USD. Harga tersebut jauh lebih mahal dari kucing ‘nyata’ paling mahal yang pernah tercatat, yaitu sekitar 41.435 USD.

2. Mengawinkan CryptoKitty dan melakukan “breeding”

nft cryptokitties

Source by CryptoKitties.co

Anda juga bisa mendapatkan uang dari game CryptoKitties dengan cara mengawinkan CryptoKitty dan melakukan breeding. Jika berhasil dilakukan, salah satu cara bermain CryptoKitties yang menguntungkan ini akan melahirkan seekor kucing baru yang bisa ikut Anda jual. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, CryptoKitty bersifat unik dan punya genom digitalnya sendiri yang disimpan dalam kontrak pintar. Dua CryptoKitty dapat dibiakkan menggunakan algoritma genetika. Suatu keturunan dihasilkan dengan sifat-sifat uniknya sendiri (“katribut”). Visualnya, atau fenotipe CryptoKitty hasil breeding, ditentukan oleh genotipe abadi yang disimpan dalam kontrak pintar.

Untuk membiakkan CryptoKitty Anda sendiri, Anda hanya membutuhkan sepasang CryptoKitty; satu dapat bertindak sebagai Sire, satunya lagi sebagai Dame. Sire akan membutuhkan waktu pemulihan yang singkat setelah breeding, yang meningkat setiap kali mereka menjadi pejantan. Sedangkan, Dame tidak akan dapat berkembang biak saat mengerami CryptoKitty baru Anda.

Membiakkan dua kucing milik Anda sendiri dikenakan biaya tetap 0,04 ETH ditambah biaya transaksi. Sedangkan, breeding dengan CryptoKitty pemain lain akan dikenakan biaya siring yang ditetapkan oleh pemain tersebut, ditambah biaya breeding 0,04 ETH dan biaya transaksi.

3. Menyewakan Sire

Jika Anda ingin mendapatkan CryptoKitty baru, Anda bisa melakukan siring. Anda yang ingin membiakkan salah satu Kitties dengan orang lain bisa cek marketplace dan mencari Siring Kitties. Selanjutnya, pilih salah satu Sire yang disukai dan salah satu dari Kitties Anda sendiri untuk menjadi Dame, dan CryptoKitty pun bisa berkembang biak. 

Di samping mencari CryptoKitty milik orang lain untuk membiakkan CryptoKitty milik Anda, Anda juga bisa menyewakan Sire. Menjadikan peliharaan Anda sebagai Sire akan memberikan Anda keuntungan. Saat Dame milik orang lain dikawinkan dengan CryptoKitty Anda, maka Anda akan menerima biaya pengganti dalam jumlah tertentu. Hanya saja, penting untuk diingat bahwa nilai CryptoKittyAnda akan turun setiap kali ia berkembang biak.

Advertisement

Baca juga: 5 Rekomendasi NFT Game untuk Android

Itu tadi informasi mengenai CryptoKitty, salah satu game NFT pertama di dunia. Game NFT berbasis Ethereum ini memungkinkan penggunanya untuk membeli, membesarkan, menjual, dan mengoleksi kucing digital bernama “CryptoKitty”. Selain game, Anda juga bisa jual karya-karya NFT yang menjadi keahlian Anda. Jangan lupa tawarkan di TokoMall, platformmarketplace NFT pertama di Indonesia! Gabung juga di Komunitas Resmi TokoMall di Telegram, ya!

Popular