Connect with us

Blockchain

Elon Musk Ingin Twitter Jadi Super App, Ada Fitur Pembayaran Kripto

Published

on

Elon Musk Ingin Twitter Jadi Super App, Ada Fitur Pembayaran Kripto

CEO Tesla, Elon Musk, memastikan proses akuisisi Twitter masih berlanjut. Bahkan, ia mengatakan, ingin platform media sosial itu menjadi aplikasi super (super app) yang memiliki fitur pembayaran seperti WeChat dari China.

Keinginan bos SpaceX ini disampaikan dalam podcast ‘All In’ dengan host Chamath Palihapitiya, Jason Calacanis, David Sacks, dan David Friedberg.

“Salah satu hal menarik yang muncul dalam roadmap produk Anda adalah kemungkinan Twitter menjadi semacam aplikasi super yang mendukung pembayaran, termasuk dengan Dogecoin,” kata Host Podcast All-In Jason Calacanis, dikutip Decrypt.

Musk kemudian menyinggung keunggulan WeChat. Menurutnya, WeChat memiliki model ideal untuk ditiru dan platform semacam ini bisa dikembangkan di luar China.

“Jika Anda berada di China, Anda seperti tinggal di dalam WeChat. (Aplikasi) itu melakukan segala hal. Fungsinya seperti Twitter, ditambah PayPal, ditambah banyak hal lainnya. Dan semuanya digabung menjadi satu antarmuka yang hebat. Ini benar-benar aplikasi yang luar biasa.” kata Musk.

Baca juga: Tanah Cluster Metaverse Pertama di Indonesia Laku Terjual Rp 150 Juta

Ia beranggapan tidak ada aplikasi seperti WeChat di luar China. Aplikasi ini bisa memberi para content creator pendapatan tambahan, misalnya dengan menggunggah video, sementara pengguna lain bisa memberikan komentar bebas spam.

Advertisement

Ia mengatakan, fitur pembayaran menggunakan kripto maupun fiat merupakan hal yang masuk akal untuk mewujudkan Twitter sebagai super app. Meski demikian, ia tidak memaksakan Twitter untuk berubah dan super app yang ia maksud bisa dikembangkan dari awal menjadi sebuah aplikasi baru.

“Ini bisa menjadi sesuatu yang baru, dan saya pikir aplikasi ini perlu ada. Ini harus menjadi platform yang terpercaya dan inklusif secara maksimal di mana orang dapat melakukan berbagai aktivitas digital,” ujar miliarder itu.

Baca juga: Jadi, Crypto Halal atau Haram? Ketahui Selengkapnya Berikut!

Perjalanan Musk Mengakuisisi Twitter

Musk secara resmi mengumumkan ketertarikannya untuk membeli Twitter pada April 2022. Ia bahkan telah memaparkan beberapa rencana termasuk membuat kode open source Twitter, menyediakan tombol “Edit” untuk cuitan, serta memerangi scam dan spam.

Ia juga mengungkapkan ide untuk menambahkan kripto meme Dogecoin (DOGE) sebagai alat pembayaran bagi pengguna layanan berlangganan premium Twitter. Musk dikenal sebagai penggemar nomor satu token DOGE.

Pada 25 April 2022, Dewan direksi Twitter menerima tawaran Musk untuk membeli seluruh saham perusahaan tersebut senilai $44 miliar. Beberapa investor juga ikut mendukung akuisisi tersebut secara finansial, salah satunya adalah perusahaan exchange kripto Binance.

Pekan lalu Musk menyatakan menunda akuisisi untuk menverifikasi klaim Twitter terkait akun palsu/spam. Twitter menyatakan hanya kurang dari 5% pengguna media sosial itu adalah spam.

Advertisement

Namun, Musk kemudian menyatakan bahwa sebanyak 20% akun Twitter merupakan akun palsu. Tidak menutup kemungkinan hal ini membuat ia menegosiasikan kembali kesepakatan akuisisi untuk bisa membayar dengan harga yang lebih rendah.

Baca juga: Founder Coinmetrics: Stablecoin Tetap Kuat, Kecuali UST

Sumber

Popular