Connect with us

Altcoin News

Kenal Lebih Aset Kripto Golem (GLM) dan Optimism (OP)

Published

on

Golem (GLM) dan Optimism (OP)

Dua aset kripto Golem (GLM) dan Optimism (OP) memiliki utilitas yang berguna untuk mempermudah sistem layanan keuangan desentralisasi (DeFi). Misalnya, Golem ditujukan untuk membangun ekonomi berbagai atau economy sharing untuk dunia desentralisasi.

Sementara, Optimism memungkinkan pengguna untuk menikmati biaya gas atau gas fee yang lebih rendah pada transaksi mereka yang dilakukan di jaringan Optimism yang tentu sudah terdesentralisasi.

So, mari berkenalan lebih dekat dengan Golem (GLM) dan Optimism (OP).

Golem (GLM)

Apa Itu Golem (GLM)?

Golem Network adalah jaringan komputasi terdesentralisasi, yang merupakan cara baru mendistribusikan daya komputasi yang berlebihan kepada mereka yang membutuhkannya, sesuai permintaan. Golem Project diumumkan pada tanggal 28 April 2016. Jaringan diluncurkan di mainnet pada 10 April 2018.

Golem Network menciptakan jaringan peer-to-peer di mana pengguna yang bergabung dengan kapasitas yang sama dapat membeli dan menjual komputasi mereka, membagi tugas-tugas rumit menjadi subtugas yang lebih kecil di jaringan. Di Golem tidak ada otoritas pusat dan tidak ada pengguna yang lebih atau kurang penting dari yang lain.

Golem (GLM)
Ilustrasi aset kripto, Golem (GLM).

Baca juga: Mengenal Aset kripto Augur (REP) dan Orion Protocol (ORN)

Golem mengandalkan sistem transaksi berbasis Ethereum untuk menyelesaikan pembayaran antara penyedia, pemohon, dan pengembang perangkat lunak. Jaringannya terdiri dari kekuatan gabungan mesin pengguna, dari komputer hingga pusat data besar. Penggunaan jaringan Golem menargetkan berbagai kasus penggunaan, mulai dari rendering CGI hingga komputasi ilmiah yang kompleks.

Apa yang Membuat Golem (GLM) Unik?

Ide untuk membuat Golem Network pertama kali dipresentasikan selama DevCon 0 pada November 2014. Platform terdesentralisasi ini dimaksudkan untuk menjadi lingkungan bebas proxy dan tahan sensor pertama untuk proyek intensif komputer di seluruh dunia. Setelah memperkenalkan konsep ini di DevCon 0, tim bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan Golem Network dan meluncurkan acara crowdfunding publik pada 11 November 2016.

Advertisement

Pada tahun 2019, berdasarkan pembelajaran kolektif mereka, tim menyadari bahwa mereka membutuhkan arsitektur yang benar-benar baru untuk membangun platform yang lebih menyeluruh untuk komputasi terdistribusi umum. Hal ini pada akhirnya menghasilkan arsitektur baru yang lebih baik dan pendekatan bangunan baru yang dirancang untuk memberi pengguna kemungkinan tak terbatas dalam hal membuat di atas Golem.

Golem (GLM)
Ilustrasi aset kripto, Golem (GLM).

Baca juga: Mengenal Aset Kripto Tribe (TRIBE) dan LTO Network (LTO)

GNT atau token Golem Network diperlukan untuk membayar perhitungan di jaringan dan merupakan mata uang yang menggerakkan pasar. Penyedia jasa dapat menetapkan tawaran sejumlah GNT yang bersedia dibayarkan kepada pengguna lainnya agar tugas selesai. Sebagai penyedia bisa juga mendapatkan GNT dengan menghitung tugas untuk pengguna lainnya.

Pada 19 November 2020, token GNT memulai migrasi ke token GLM baru di mana individu yang memegang GNT dapat membakar token GNT lama mereka dan menerima GLM baru 1:1. Migrasi GNT ke GLM 1:1 selalu dapat dilakukan. 82% dari GLM pergi ke peserta penjualan token, 12% ke perusahaan yang beroperasi, dan 6% ke pendiri Golem.

Peringkat GLM di situs CoinMarketCap pada Senin (6/6) jam 09.00 adalah #116, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $ 296.556.735. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 1.000.000.000 koin GLM dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin GLM.

Optimism (OP)

Apa Itu Optimism (OP)?

Optimism (OP) adalah blockchain layer-dua di atas Ethereum. Optimisme mendapat manfaat dari keamanan mainnet Ethereum dan membantu menskalakan ekosistem Ethereum dengan menggunakan optimistic rollups.

Mekanisme optimistic rollups adalah solusi penskalaan layer-2 yang mengandalkan komputasi off-chain untuk mencatat transaksi yang terjadi. Itu berarti transaksi dicatat tanpa kepercayaan di Optimism, tetapi pada akhirnya diamankan di Ethereum.

Optimism (OP)
Ilustrasi aset kripto, Optimism (OP).

Optimism dipimpin oleh Optimism Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk menumbuhkan ekosistem Optimism. Mirip dengan Ethereum, Optimism bertujuan untuk menjadi barang publik yang sepenuhnya terdesentralisasi yang tidak berorientasi pada keuntungan.

Baca juga: Mengenal Kripto AC Milan Fan Token (ACM) dan TrueFi (TRU)

Advertisement

Apa yang Membuat Optimism (OP) Unik?

Optimism adalah salah satu solusi penskalaan terbesar untuk Ethereum dengan TVL lebih dari $300 juta. Ini adalah rumah bagi 35 protokol, yang terbesar adalah Synthetix (SNX), Uniswap (UNI) dan Velodrome (VELO).

Pengguna dapat memulai perjalanan mereka di Optimisme dengan menambahkan rantai di Metamask mereka dan menjembatani token seperti ETH ke L2. Pada tanggal 31 Mei 2022, Optimism melakukan airdrop token OP yang sangat dinanti. Airdrop sangat populer sehingga secara singkat memperlambat blockchain Optimism.

Optimism dirancang di sekitar empat prinsip inti:

  • Simplicity
  • Pragmatism
  • Sustainability
  • Optimism
Optimism (OP)
Ilustrasi aset kripto, Optimism (OP).

Optimism bertujuan untuk jumlah minimum bagian yang bergerak sambil membangun solusi layer-2 untuk Ethereum. Dalam praktiknya, ini berarti menggunakan kode dan infrastruktur Ethereum. Optimisme dengan demikian bertujuan untuk menjaga kodenya sesederhana mungkin dan bekerja secara langsung dengan basis kode yang ada.

Ekosistem lebih lanjut menekankan pragmatisme dan didorong oleh kebutuhan dan kendala dunia nyata dari timnya sendiri dan pengguna yang terlibat dengan ekosistem. Oleh karena itu, Optimism bertujuan untuk membangun secara iteratif dan mengimplementasikan fitur seperti kesetaraan EVM secara bertahap.

Baca juga: Mengenal Aset Kripto Mantra Dao (OM) dan QuickSwap (QUICK)

Optimism bertujuan untuk menciptakan ekosistem, di mana nilai dihasilkan untuk tiga konstituennya:

  • Pemegang token menerima nilai melalui penyebaran kembali pendapatan sequencer yang produktif.
  • Kontributor dan pembangun menerima nilai dari pendanaan barang publik yang berlaku surut.
  • Pengguna dan anggota komunitas menerima nilai dari airdrop yang sedang berlangsung dan insentif proyek.

Peringkat OP di situs CoinMarketCap pada Senin (6/6) jam 09.00 adalah #2806, dengan kapitalisasi pasar langsung, pasokan yang beredar dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Golem (GLM) dan Optimism (OP) Listing di Tokocrypto

Tokocrypto terus menghadirkan beberapa aset kripto baru untuk memberikan pelayanan trading yang lebih luas lagi, seperti Golem (GLM) dan Optimism (OP).

Advertisement

Trading GLM/BTC, GLM/ETH, OP/USDT, OP/BUSD dan OP/BTC dapat dilakukan mulai tanggal 03 Juni 2022 pukul 16.00 WIB. Kini, pengguna dapat melakukan deposit/setoran GLM dan OP di Tokocrypto sebagai persiapan trading.

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular