Connect with us

Blockchain

Venture Capital Percaya Kripto dan Startup Blockchain Bisa Tumbuh

Published

on

Ilustrasi startup. Foto: Pixabay.

Bear market kripto tampaknya tidak sepenuhnya menciptakan malapetaka dan kesuraman. Di sisi lain, Venture Capital (VC) atau pemodal ventura masih yakin untuk berinvestasi ke aset kripto dan startup blockchain dengan kecepatan yang akan melampaui rekor tahun lalu.

Melansir Reuters, pada paruh pertama tahun ini, VC bertaruh US$ 17,5 miliar untuk perusahaan yang bergerak dibidang aset kripto dan blockchain, menurut data dari PitchBook. Investasi itu rekor baru capai US$ 26,9 miliar yang ditempatkan di bidang tersebut dibanding tahun lalu.

“Kondisi pasar saat ini – saya tidak berpikir mereka mengganggu investor,” kata Roderik van der Graf, pendiri perusahaan investasi, Hong Kong Lemniscap, yang berfokus pada kripto dan blockchain.

“Modal yang tersedia sangat besar.”

Ilustrasi aset kripto.
Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: The Fed Naikkan Suku Bunga, Bitcoin & Kripto Lainnya Meroket

Semakin Banyak Investor Masuk ke Kripto dan Blockchain

VC funds menawarkan pembiayaan kepada perusahaan baru yang mereka yakini memiliki prospek pertumbuhan yang kuat. Data tersebut menunjukkan keyakinan yang kuat pada masa depan teknologi kripto dan blockchain, meskipun industri mengalami kesulitan selama enam bulan terakhir.

Pukulan ganda dari hambatan makroekonomi dan ledakan pada proyek-proyek besar tahun ini telah membuat Bitcoin anjlok sekitar 65% dari rekor tertinggi pada November lalu, sebesar US$ 69.000, dengan nilai keseluruhan pasar kripto turun hingga dua pertiga menjadi US$ 1 triliun.

Perusahaan-perusahaan cukup berdampak ketika harga turun, seperti Coinbase Global dan platform NFT, OpenSea di antara mereka yang memberhentikan ratusan pekerja.

Advertisement

Namun, beberapa VC mengabaikan kesuraman tersebut, dengan banyak yang menggunakan dana investasi yang substansial, karena keyakinan mereka pada teknologi yang mendasari di balik koin kripto tetap kuat.

ilustrasi blockhain di web3
Ilustrasi blockhain di web3.

Baca juga: Riset: Pajak Kripto di Indonesia Salah Satu yang Terendah di Dunia

Investor Percaya dengan Adopsi Kripto dan Blockchain

Rumi Morales, direktur investasi di Digital Currency Group, investor kripto utama AS, mengatakan data terbaru mencerminkan kepercayaan yang semakin kuat di sektor kripto dan blockchain.

“Dulu ada risiko eksistensial di industri itu (kripto dan blockchain), bahwa seluruh industri akan hilang begitu saja, itu semua hanya mimpi. Itu tidak terjadi lagi,” kata Morales.

Adopsi kripto sebagai alat investasi menjamur tahun lalu, dengan penggunaan blockchain juga mendapatkan tempat, walaupun perubahan revolusioner dari teknologi yang dijanjikan untuk industri, seperti keuangan dan komoditas tetap sulit dipahami.

Popular