Connect with us

Market

Market Awal Pekan: Kripto Naik Tipis Pasca Penurunan Drastis, Kenapa?

Published

on

Ilustrasi market kripto bullish. Sumber: Shutterstocks.

Pergerakan market aset kripto pada Senin (22/8) pagi mulai berbalik arah ke zona hijau. Harga Bitcoin, Ethereum dan aset kripto utama lainnya terpantau melaju tipis, setelah akhir pekan yang berat dengan penurunan drastis.

Melansir data CoinMarketCap pukul 11.00 WIB, 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar kompak masuk tipis ke zona hijau dalam 24 jam terakhir. Nilai Bitcoin (BTC) yang naik 1,06% ke US$ 21.428 dalam 24 jam terakhir. Nasib sama terjadi pada Ethereum (ETH) melonjak 0,93% ke US$ 1.592 di waktu yang sama.

Sejumlah altcoin lainnya juga naik tipis. Misalnya, nilai Binance Coin (BNB) dan Cardano (ADA) dan Solana (SOL) kompak naik di kisaran 3% dalam 24 jam terakhir di waktu bersamaan. Apa yang terjadi pada pergerakan market pagi ini?

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan pergerakan yang berbalik arah ini terjadi karena investor sudah jenuh melakukan aksi jual dan memicu technical rebound atau sudah mencapai oversold. Investor mulai memilih untuk kembali menyicil akumulasi aset kripto.

“Jika melihat pergerakan sebelumnya ketika kripto ditekan selama akhir pekan oleh penurunan harga yang tajam, karena imbas data inflasi terbaru di negara Eropa dan ketidakpastian makroekonomi yang sedang berlangsung. Melihat gerak market kripto yang mulai masuk zona hijau ini, harus disikapi dengan kehati-hatian, karena masih besar kemungkinan bersifat sementara,” kata Afid.

market aset kripto
Ilustrasi market aset kripto.

Baca juga: Bappebti Setop Keluarkan Izin Baru Exchange Kripto di Indonesia

Kenaikan Harga Bersifat Sementara

Afid meyakini kenaikan kripto hanya bersifat sementara, karena sentimen negatif yang menekan laju market kripto, khususnya makroekonomi belum membaik. Seperti, ketakutan dampak inflasi yang tinggi di Inggris dan Jerman.

“Pekan ini, investor kripto bisa menjaga jarak ke market karena menanti pidato Ketua The Fed, Jerome Powell dalam acara tahunan Jackson Hole Economic Symposium yang digelar 25-27 Agustus. Investor masih dibuat bingung oleh sikap The Fed yang ingin memperketat suku bunga acuan atau justru akan membuka peluang pelonggaran,” jelas Afid.

Selain dari sisi makroekonomi, ada sentimen negatif dari ekosistem kripto. Investor mulai khawatir soal rencana platform exchange kripto asal Jepang, Mt. Gox akan mendistribusikan BTC dalam jumlah besar kepada para penggunanya. Hal ini dilakukan sebagai tindakan ganti rugi terhadap hilangnya 850.000 BTC saat aksi peretasan pada 2014 silam.

Apa itu altcoin seasons
Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: Kolaborasi Tokocrypto & UNS Surakarta Bangun Pusat Inovasi dan Literasi Blockchain

“Hal ini akan membuat harga BTC ditarik turun karena likuidasi yang tinggi di market, sehingga investor memilih menjual aset kriptonya,” terang Afid.

Menurut Afid, analisa gerak market BTC saat ini terlihat sedang menguji level resistance terdekatnya di area US$ 21.900. “Ada kemungkinan BTC bisa mengalami rebound tipis ke kisaran US$ 22.500, jika mampu menembus level resistance.”

Sementara itu, Ethereum masih menguji level resistance di level US$ 1.693. Apabila rebounce berlanjut target terdekat kenaikan pada level US$ 1.815 bisa tercapai.

Market

NGOBRAS Spesial: Prediksi Market Kripto dan NFT di Akhir Tahun 2022

Published

on

NGOBRAS Spesial: Bahas Prediksi Market Kripto dan NFT di Akhir Tahun 2022.

Tidak terasa tahun 2022 telah memasuki babak akhir. Di Desember ini, diharapkan menjadi bulan yang baik untuk market kripto dan NFT pulih dan menguntungkan bagi investor.

Untuk membahas lengkap mengenai prediksi market kripto di akhir tahun 2022 ini, NGOBRAS hadir dengan video edisi spesial. Kali ini, bukan hanya Trader Tokocrypto, Afid Sugiono dan Adriansah dari TokoScholar saja yang membahas soal market, tetapi kedatangan bintang tamu Dennis Adhiswara.

Baca juga: NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin

Mereka bertiga akan kupas tuntas prediksi market kripto dan token-token apa saja yang menjadi watchlist pekan ini dan diskusi soal masa depan NFT. Tapi, sekali lagi ini bukan rekomendasi atau financial advice. Perlu riset mendalam tentang token atau koin yang disampaikan dalam video NGOBRAS edisi spesial ini.

Penasaran? Yuk simak video lengkapnya di bawah ini.

Continue Reading

Market

NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin

Published

on

NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin Pekan Ini.

Dari banyaknya aset kripto potensi bullish pekan ini, ada nama Dogecoin (DOGE) dan MobileCoin (MOB). Keduanya memiliki sentimen positif yang digadang-gadang bisa mendorong harganya meroket.

Kabar potensi Dogecoin dan MobileCoin dikaitkan dengan karena rencana Elon Musk untuk merilis Twitter 2.0. DOGE dan MOB dikaitkan akan masuk dalam ekosistem terbaru dari Twitter tersebut.

Untuk membahas selengkapnya mengenai Dogecoin dan MobileCoin yang potensi bullish pekan ini bisa simak video terbaru dari NGOBRAS Season 2: Episode 7. Selain itu, Trader Tokocrypto, Afid Sugiono dan Adriansah dari TokoScholar juga akan membagikan watchlist token/koin lainnya yang bisa menjadi pegangan investor maupun trader untuk mendapatkan cuan.

5 Prediksi Dogecoin (DOGE) di Tahun 2022
Ilustrasi aset kripto Dogecoin.

Baca juga: Perusahaan Kripto BlockFi Ajukan Bangkrut Imbas FTX Runtuh

Namun, sekali lagi ini bukan rekomendasi atau financial advice. Perlu riset mendalam tentang token atau koin yang disampaikan dalam video NGOBRAS Season 2.

Afid dan Rian juga bahas berita ter-update lainnya seputar dunia kripto dan blockchain. Perlu diketahui, kabar-kabar ini bisa menjadi sentimen pendorong dari pergerakan market kripto selama sepekan belakang.

Penasaran? Yuk simak video lengkapnya di bawah ini.

Continue Reading

Market

NGOBRAS Season 2: Dampak Drama FTX dan Genesis ke Market Kripto

Published

on

NGOBRAS Season 2: Bahas Drama Keruntuhan FTX dan Genesis ke Market Kripto.

Keruntuhan FTX membuat dampak sistemis ke market aset kripto dan perusahaan kripto lainnya. Terbaru platform Genesis Trading Global yang memiliki eksposur di FTX, kabarnya bakal mengajukan kebangkrutan, jika tidak mendapatkan pendanaan baru untuk modal operasional.

Kabar potensi kejatuhan Genesis dan krisis FTX yang sempat bikin market kripto anjlok akan dibahas selengkapnya di video terbaru dari NGOBRAS Season 2: Episode 6. Selain itu, Trader Tokocrypto, Afid Sugiono dan Adriansah dari TokoScholar akan membagikan cerita dan analisisnya tentang market kripto di tengah drama FTX.

Baca juga: Genesis Terancam Bangkrut Potensi Kirim Bitcoin ke Titik Rendah Baru

Afid dan Rian juga bahas berita terupdate lainnya seputar dunia kripto dan blockchain. Perlu diketahui, kabar-kabar ini bisa menjadi sentimen pendorong dari pergerakan market kripto selama sepekan belakang.

Tak lupa juga ada watchlist token/koin yang bisa menjadi pegangan investor maupun trader yang diproyeksikan mendapatkan cuan. Namun, sekali lagi perlu riset mendalam juga tentang token atau koin yang disampaikan dalam video tersebut.

Penasaran? Yuk simak video lengkapnya di bawah ini.

Continue Reading

Popular