Connect with us

Metaverse

Ini Alasan Elon Musk Tak Tertarik dengan Metaverse

Published

on

Elon Musk usul Twitter dan Tesla terima pembayaran pakai Dogecoin. Foto: Getty Images.

Topik metaverse dan Web3 semakin banyak mencuri perhatian masyarakat. Namun di sisi lain, ada sosok tokoh dunia yang belum tertarik membahas kedua topik itu, dialah Elon Musk.

Dikutip Futurism, Musk sempat menyebutkan metaverse dan Web3 sebagai gimmick dan salah satu trik marketing. Ia tentu saja tidak terdorong oleh gagasan metaverse, walau sudah banyak perusahaan, bahkan negara yang mengembangkannya.

“Saya tidak melihat seseorang memasang layar ke wajah mereka sepanjang hari,” kata CEO Tesla dan SpaceX dalam sebuah wawancara dengan The Babylon Bee.

“Tentu saja kamu bisa memasang TV di hidungmu,” tambahnya dengan nada mengejek. “Aku tidak yakin itu membuatmu ‘di metaverse.’”

Ilustrasi metaverse.
Ilustrasi metaverse.

Baca juga: TokoMall Dukung NFT Bira, Bangun Ekosistem Web3 Perspektif Baru

Pilih Kembangkan Chip Masuk ke Otak Manusia

Dibandingkan dengan mengembangkan metaverse, Musk malah memilih mengembangkan chip yang bisa ditanamkan ke otak manusia yang diklaim akan memudahkan kehidupan mereka. Teknologi itu sedang dikembangkan oleh Neuralink merupakan perusahaan yang dimiliki Elon Musk.

Menurut Musk, dengan menanamkan chip di otak akan lebih berguna dibandingkan metaverse dengan konsep memakai perangkat keras, seperti virtual reality (VR) atau kacamata pintar untuk beralih ke dunia virtual. Ia bahkan menambahkan bahwa headset VR cenderung memicu mabuk perjalanan saat bermain video game.

“Dalam jangka panjang, Neuralink yang canggih dapat menempatkan Anda sepenuhnya ke dalam realitas virtual. Saya pikir kita masih jauh dari metaverse, ini terdengar seperti kata-kata kunci,” ujar Musk.

Advertisement
Ilustrasi Ketika lembaga pemerintahan Indonesia melirik pengembangan metaverse. Foto: Pusat Penerangan Kemendagri.
Ilustrasi Ketika lembaga pemerintahan Indonesia melirik pengembangan metaverse. Foto: Pusat Penerangan Kemendagri.

Baca juga: Proyek Kripto Metaverse yang Bisa Dilirik di Tahun 2022

Musk berujar bahwa orang tidak akan suka bergerak dengan headset VR sepanjang waktu yang menurutnya akan membosankan. Dia juga mengungkap ada saran untuk tidak boleh duduk terlalu dekat dengan televisi, yang konsepnya sama seperti VR saat ini.

Neuralink sempat menargetkan untuk mulai menanamkan microchip pada manusia awal tahun ini. Namun, kemudian melewati target dan hanya mengklaim, chip itu bekerja dengan baik pada monyet.

Popular