Connect with us

Crypto

Google Buat Hitung Mundur The Merge Ethereum, Ada Easter Egg

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Pembaruan jaringan Ethereum atau disebut The Merge tampaknya menjadi perhatian banyak orang. Google pun juga ikut meramaikan proses bersejarah itu dengan meluncurkan fitur count down atau hitung mundur ditampilan website-nya.

The Merge Ethereum yang digadang-gadang akan meluncur pada 15 September mendatang akan menjadi momen bersejarah di mana, Ethereum berencana mengubah algoritma konsensusnya dari Proof-of-Stake menjadi Proof-of-Work dan digadang-gadang bisa menaikan harga ETH dan altcoin lainnya.

Sebuah “doodle” dari Google muncul untuk melakukan proses hitung mundur untuk The Merge Ethereum, sebuah tanda pengakuan dari situs web paling populer di dunia.

Google Ikut Ramaikan The Merge Ethereum

Untuk menampilkan doodle count down The Merge, kamu harus Mengetik “ethereum merge” di kolom mesin pencari Google. Nantinya akan menghasilkan jam hitung mundur, tingkat kesulitan (berapa kali penambang harus menghitung hash untuk mencatat blok transaksi), tingkat hash (total gabungan daya komputasi yang digunakan di seluruh jaringan), dan kartun dua beruang bahagia yang saling mendekat dengan tangan terentang.

Google buat hitung mundur The Merge Ethereum. Foto: Google.
Google buat hitung mundur The Merge Ethereum. Foto: Google.

Baca juga: Apple Rilis iPhone 14, Harga Kripto Ikut Semangat Naik

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, kedua beruang akan segera bergabung untuk menciptakan satu panda, yang telah menjadi maskot de facto untuk transisi Ethereum. Kehadiran doodle menunjukkan tingkat antisipasi untuk The Merge yang dirasakan bahkan oleh raksasa terbesar di bidang teknologi.

Salah satu orang pertama yang menggembar-gemborkan doodle di Twitter adalah seorang insinyur yang bekerja di tim Web3 Google.

“Tim pencari menjalankannya dan mewujudkannya dengan sangat cepat,” Sam Padilla, Web3 Customer Engineer di Google mengatakan kepada Decrypt melalui Twitter DM.

Advertisement

“Lebih banyak pengakuan harus diberikan kepada tim yang membuat ini terjadi.”

Ide Pembuatan Ester egg Ethereum Merge

Padilla mengatakan ide itu muncul dalam beberapa minggu terakhir di antara karyawan di Google yang ingin membuat “telur paskah yang keren” untuk transisi Ethereum yang tertunda dari Proof-of-Work ke Proof-of-Stake. Ide itu muncul dalam obrolan komunitas Web3 internal perusahaan.

Google diketahui menginvestasikan US$ 1,5 miliar ke perusahaan di industri blockchain. Foto: Getty Images.
Google diketahui menginvestasikan US$ 1,5 miliar ke perusahaan di industri blockchain. Foto: Getty Images.

Baca juga: Masuk ke Industri Blockchain, FIFA Resmi Luncurkan Platform NFT FIFA+

Dalam membalas pengguna di Twitter, Padilla mengatakan data ditarik secara real-time langsung dari jaringan Ethereum menggunakan beberapa node yang di-hosting oleh Google.

Perusahaan semakin terlibat dalam Web3, menawarkan layanan infrastruktur blockchain yang menggunakan Google Cloud. Pada halaman yang dikhususkan untuk produk Web3-nya, perusahaan mencantumkan Nansen, Dapper Labs, dan Solana sebagai beberapa mitra bisnisnya. Google mengumumkan telah membentuk tim Web3 pada bulan Mei lalu.

Popular