Connect with us

Crypto

Pengadilan Korsel Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Do Kwon

Published

on

CEO Terraform Labs, Do Kwon. Foto: Woohae Cho/Bloomberg via Getty Images.

Pengadilan Korea Selatan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk CEO Terraform Labs, Do Kwon, setelah menjalani penyelidikan terhadap kasus runtuhnya ekosistem Terra. Perintah penangkapan ini baru bisa dikeluarkan empat bulan setelah runtuhnya Terra dan stablecoin-nya.

Dilaporkan Bloomberg, perkembangan terakhir, pihak berwenang Korea Selatan telah mengeluarkan surat perintah untuk Do Known, yang menunjukkan bahwa mereka berniat untuk menangkap pendiri Terra tersebut. Pengadilan di Seoul untuk mengeluarkan surat perintah yang sama untuk lima orang lainnya yang berkaitan dengan Do Kwon.

Surat perintah tersebut dikeluarkan oleh Tim Investigasi Gabungan Kantor Kejaksaan Distrik Selatan Seoul untuk Kejahatan Sekuritas Keuangan yang dipimpin oleh Dan Sung-han dan Divisi Investigasi Keuangan ke-2, dipimpin oleh kepala jaksa, Chae Hee-man.

CEO Terraform Labs, Do Kwon. Foto: Woohae Cho/Bloomberg via Getty Images.
CEO Terraform Labs, Do Kwon. Foto: Woohae Cho/Bloomberg via Getty Images.

Baca juga: Penyebab Terra Luna Classic Anjlok Mendadak Rugikan Investor

Do Kwon Tinggal di Singapura

Kwon saat ini diyakini tinggal di Singapura, sehingga ada kemungkinan penangkapannya akan melibatkan polisi internasional atau interpol. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa surat perintah akan berlaku selama satu tahun, dan jaksa berharap dapat bekerja sama dengan Interpol untuk melakukan penangkapan.

Sampai saat ini, tampaknya otoritas keuangan Korea Selatan mengambil sikap hati-hati terhadap Terra dan eksekutifnya, tetapi penerbitan surat perintah penangkapan terbaru mengisyaratkan sikap yang terbalik.

Ilustrasi aset kripto, Terra LUNA.
Ilustrasi aset kripto, Terra LUNA.

Baca juga: Ketua MPR RI: Aspek Legalitas Kripto Penting untuk Pertumbuhan

Do Kwon Menolak Salah

Do Kwon memberikan wawancara pada pertengahan Agustus lalu, di mana dia mengeklaim penyelidik Korea Selatan yang menyelidiki kecelakaan Terra belum mencoba menghubunginya, meskipun ada laporan bahwa penyelidik telah menggerebek bursa kripto Korea Selatan saat menyelidiki Terra.

Dalam beberapa bulan sejak runtuhnya UST dan LUNA, Kwon meluncurkan rencana berani untuk membangun kembali ekosistem Terra dengan versi baru aset kripto aslinya yang dinamakan Terra Classic (LUNC).

Advertisement

Popular