Connect with us

Metaverse

Platform Metaverse Terbesar di Asia, Zepeto Tingkatkan Ekspansi Global

Published

on

Zepeto semakin fokus kembangkan dunia metaverse. Foto: Zepeto.

Platform metaverse terbesar di Asia, Zepeto, meningkatkan ekspansi globalnya untuk bersaing dengan perusahaan besar lainnya untuk kembangkan dunia virtual. Seperti diketahui, banyak perusahaan teknologi yang bertaruh miliaran dolar AS untuk menciptakan dunia metaverse.

Zepeto yang dimiliki oleh grup teknologi Korea, Naver, telah menarik 340 juta pengguna sejak diluncurkan pada 2018. Saat ini dikutip dari laporan Financial Times, pengguna Zepeto didominasi oleh segmen perempuan muda.

Hal tersebut memang bukan kejutan, karena Zepeto fokus pada K-pop dan fashion. Zepeto sendiri telah bernilai lebih dari US$ 1 miliar, dan menarik investasi dari perusahaan hiburan Korea JYP Entertainment, YG Entertainment dan Hybe, serta dari Vision Fund II SoftBank.

“Perjalanan kami masih panjang untuk menjadi pemain yang lebih dominan secara global, tetapi kami sangat berada di jalur yang benar,” kata Head of Business at Naver Z, Ricky Kang.

Ilustrasi avatar Zepeto. Foto: Zepeto.
Ilustrasi avatar Zepeto. Foto: Zepeto.

Baca juga: Penyebab Harga Kripto Terra Luna Classic Melonjak 40%

Ekspansi Metaverse

Zepeto menambahkan ekspansi ke negara di kawasan Amerika Latin, seperti Brasil. Perusahaan juga mengumumkan sedang mengerjakan platform versi bahasa Turki dan Arab sebagai bagian dari dorongan ke Timur Tengah.

Itu datang ketika grup dari induk Facebook Meta hingga Microsoft bertaruh miliaran bahwa metaverse 3D yang digadang-gadang akan menjadi platform teknologi besar berikutnya.

Zepeto dengan cepat menjadi situs terbesar di Asia. Ini memiliki sekitar 15-20 juta pengguna aktif bulanan, terutama di Korea Selatan, Jepang dan China. Dari jumlah tersebut, 70 persen adalah perempuan dan sebagian besar berusia antara 13 dan 21 tahun.

Zepeto pun sudah melakukan kerja sama strategis dengan The Sandbox, dunia virtual game terdesentralisasi terkemuka dan anak perusahaan Animoca Brands. Kedua mitra masing-masing akan menawarkan ruang 3D paralel di lingkungan dunia virtual masing-masing, di mana pengguna dapat bersosialisasi, mengobrol, berinteraksi, dan bersenang-senang, sambil dapat mengakses serangkaian NFT untuk digunakan di The Sandbox yang menampilkan item game Zepeto.

Zepeto jalin kemitraan strategis dengan The Sandbox. Foto: Zepeto.
Zepeto jalin kemitraan strategis dengan The Sandbox. Foto: Zepeto.

Baca juga: Lihat Lebih Dekat NFT Noah yang Jadi Tiket Konser Satu Dekade

Hambatan

Kang mengakui kesulitan dalam melakukan ekspansi dan mengembangkan metaverse, khususnya dalam mengawasan kebijakan komunitas. Ia mengatakan bahwa Naver Z memiliki program kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi perilaku yang tidak pantas dan call center yang dapat dihubungi pengguna untuk meminta bantuan.

Wi Jong-hyun, seorang profesor bisnis di Universitas Chung-Ang di Seoul, mengatakan perusahaan perlu “untuk membuat langkah-langkah yang lebih keras dan lebih pragmatis.”

“Banyak dari remaja ini benar-benar mengidentifikasi dengan avatar, sehingga mereka terkejut dengan pengalaman online yang tidak menyenangkan ini,” pungkasnya.

Blockchain

Binus University Jadi Kampus Indonesia Pertama yang Hadir di Metaverse

Published

on

Binus University jadi kampus Indonesia pertama yang hadir di metaverse. Foto: Binus University.

Binus University bakal menjadi kampus pertama Indonesia yang hadir di metaverse. Konsep teknologi dunia virtual kini sangat menarik untuk dikembangkan pada sektor pendidikan.

Dilansir dari situs resminya, Binus University mengambil langkah besar dalam mendukung metaverse, dibuktikan dengan terjalinnya kolaborasi strategis dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) yang merupakan perusahaan pengembang teknologi berbasis AR/VR karya anak bangsa, untuk menjadi salah satu bagian dalam pembangunan Nusameta.

“Dalam waktu dekat, prototype kita melalui BINUSMAYA versi 9 akan berbentuk Metaverse dan akan kita jalankan bersama dengan Nusameta. Artinya memang proses pembelajaran berbasis gamification tadi ke depan menjadi hal yang wajib dan itu menjadi tuntutan zamannya generasi muda sekarang,” kata Prof. Meyliana.

Teknologi Metaverse

Binus University jadi kampus Indonesia pertama yang hadir di metaverse. Foto: Binus University.
Binus University jadi kampus Indonesia pertama yang hadir di metaverse. Foto: Binus University.

Baca juga: Hong Kong Kembangkan Kampus Metaverse Pertama, Ijazah NFT

Prof. Meyliana menjelaskan pihaknya akan terus mengembangkan kurikulum sesuai dengan kemajuan teknologi metaverse untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul. Binus University memiliki visi untuk menjadi Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia yang dapat membina dan memberdayakan masyarakat melalui pendidikan.

Binus University bersama WIR Group membangun Nusameta, yang merupakan ekosistem metaverse yang menampilkan teknologi AR, VR dan AI di Indonesia diharapkan dapat mempermudah pengguna untuk merasakan pengalaman unik yang imersif, menggali potensi dan berbagai benefit.

Stephen Ng, Chief Executive Officer Nusameta, anak perusahaan WIR Group, menyatakan apreasiasinya terhadap Binus yang telah memilih WIR Group sebagai mitra dalam mengembangkan Eduverse.

“Masuknya BINUS dalam dunia web3 dan metaverse menambah daftar panjang sektor pendidikan, riset, dan penelitian yang memanfaatkan teknologi web3 dan metaverse untuk pengembangan berbagai lini dalam sistem pendidikan di kampus, serta kemampuan sumber daya manusia,” ujar Stephen.

Majukan Dunia Pendidikan

Kolaborasi Binus University dan WIR Group hadirkan kampus kelas dunia. Foto: Binus University.
Kolaborasi Binus University dan WIR Group hadirkan kampus kelas dunia. Foto: Binus University.

Baca juga: Kenal Jagat Nusantara Metaverse IKN yang Diresmikan Presiden Jokowi

Binus merupakan kampus pertama di Indonesia yang telah hadir di dunia virtual Nusameta yang telah di launching pada acara G20 kemarin. Harapannya dengan hadirnya Binus di Nusameta dapat memajukan dunia pendidikan ke depannya.

Kehadiran Binus University di Nusameta ini menampilkan kehidupan mahasiswa di kampus Binus. Avatar-avatar yang diciptakan bisa berinteraksi. Binus metaverse ini dirancang oleh tim Binus terdiri dari 10 dosen dan 15 mahasiswa. Adapun target utama Binus di ruang virtual ini adalah para mahasiswa Binus, alumni, dosen dan diperluas ke masyarakat.

Pengembang teknologi digital berbasis AR/VR memiliki kapabilitas yang kuat, selain karena rekam jejaknya dalam menghadirkan teknologi metaverse di berbagai negara di dunia telah terbukti, juga telah mendapat pengakuan dan dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan Metaverse Indonesia.

Continue Reading

Metaverse

BLACKPINK Menangkan Best Metaverse Performance di MTV EMA 2022

Published

on

BLACKPINK memenangkan penghargaan pertama untuk "Best Metaverse Performance" di MTV EMA 2022. Foto: Yg Entertainment.

BLACKPINK memenangkan penghargaan pertama untuk “Best Metaverse Performance” di MTV EMA 2022. Mereka membuat sejarah baru untuk musik K-pop dan dunia metaverse.

MTV European Music Awards tahun ini berlangsung pada 13 November di Dusseldorf, dengan sejumlah penampilan menarik dan banyak selebritas. Untuk tahun 2022, MTV memperkenalkan bukan hanya satu, tetapi dua kategori penghargaan baru termasuk “Best Longform Video” dan “Best Metaverse Performance.”

BLACKPINK dinominasikan bersama musisi dunia lainnya dalam kategori “Best Metaverse Performance,” seperti BTS, Charli XCX, Harry Styles, Justin Bieber, dan Twenty One Pilots.

BLACKPINK dan Metaverse

BLACKPINK memenangkan penghargaan pertama untuk "Best Metaverse Performance" di MTV EMA 2022. Foto: Yg Entertainment.
BLACKPINK memenangkan penghargaan pertama untuk “Best Metaverse Performance” di MTV EMA 2022. Foto: Yg Entertainment.

Baca juga: Vitalik Buterin Berbagi Pikiran Tentang Sam Bankman-Fried dan FTX

BLACKPINK tidak dapat menghadiri acara puncak MTV EMA tahun ini secara langsung, namun, dengan ramah menerima penghargaan dengan video yang sudah direkam sebelumnya. Bersamaan dengan penghargaan untuk penampilan digital mereka, BLACKPINK dinominasikan untuk Biggest Fans, Best K-pop dan Best Video for “Pink Venom.”

Sebelumnya, girlband Kpop fenomenal ini telah mendapatkan Best Metaverse Performance di MTV VMA berkat konser in-game “The Virtual” mereka, hasil kolaborasi dengan PUBG Mobile.

Acara spektakuler tersebut disaksikan hingga 15,7 juta kali di seluruh dunia. Konser tersebut berhasil menjadi yang teratas melawan enam bintang dan game terbesar di dunia lainnya, termasuk Ariana Grande di Fortnite, Charli XCX di Roblox, dan Justin Bieber di Wave.

Dikutip Cointelegraph, kategori penghargaan VMA pada tahun ini termasuk, “Video of the Year,” “Artist of the Year” dan “Song of the Year,” meskipun tahun ini, ada sentuhan Web3. VMA memperhitungkan kinerja pertunjukan musik di Metaverse dan menciptakan kategori penghargaan baru.

Metaverse Terus Mencuri Perhatian

Ilustrasi metaverse.
Ilustrasi metaverse.

Baca juga: MTV Video Music Awards 2022 Bikin Kategori ‘Metaverse’, Apa Itu?

Kategori metaverse tahun ini muncul setelah VMA selama lima tahun berturut-turut mengalami penurunan penayangan. Ketika metaverse terus berkembang dan menarik audiens yang lebih muda, langkah MTV untuk memasukkan konsep dunia virtual ini dapat membantu membuatnya tetap up to date.

Industri musik kini penuh dengan integrasi Web3, karena telah berada di lintasan konsumsi digital yang meningkat selama bertahun-tahun setelah diperkenalkannya layanan streaming musik.

Artis mulai banyak merilis single sebagai non-fungible token (NFT), yang sekarang memenuhi syarat untuk diakui di tangga lagu internasional, sementara yang lain memanfaatkan blockchain untuk meningkatkan lisensi musik.

Continue Reading

Altcoin News

GALA Turun 13% Karena Peretasan Senilai $1B

Published

on

Selama sebulan terakhir ini, peretasan semakin umum di dunia kripto dengan nilai yang dicuri cukup besar di bulan oktober ini hingga disebut sebagai “Hacktober”. Saat market mulai menghijau kembali, muncul lagi ketakutan dari para investor karena peristiwa peretasan GALA senilai $1 milliar yang sedang dicetak dan seorang hacker mencoba melakukan hal yang sama.

pNetwork merupakan platform yang mengawasi dan memberikan infrastruktur untuk mendapatkan token DeFi mengungkapkan “Konfigurasi yang salah dari pNetwork mengharuskan penempatan ulang pGALA. Kami bekerja secara langsung dengan tim Gala untuk menyediakan saldo pGALA yang diperlukan untuk memulihkan fungsionalitas setoran & penarikan pGALA.”

Bersamaan dengan itu, p.Network meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh situasi tersebut. Selain itu, perusahaan menekankan fakta bahwa semua token di Ethereum aman. Namun, perlu dicatat bahwa GALA dihentikan sementara. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau user untuk tidak melakukan transaksi di dalam jaringan tersebut.

Baca Juga Whales Serok Chainlink Hingga Mendekati Harga $8

Sementara itu, ketakutan di seluruh situasi ini tentu saja sampai ke pemegang GALA. Token itu terlihat mengalami kerugian hingga dua digit. aset tersebut diperdagangkan pada $0,03589 dengan penurunan harian 10,27 persen

Continue Reading

Popular