Connect with us

Business

Kasus Transfer 3.313 BTC Jadi Sorotan Pasca Do Kwon Mau Ditangkap

Published

on

CEO Terraform Labs, Do Kwon. Foto: Woohae Cho/Bloomberg via Getty Images.

Kasus transfer sekitar 3.313 BTC atau bernilai lebih dari US$ 60 juta yang mencurigakan telah terdeteksi setelah Korea Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Do Kwon, Pendiri dan CEO Terraform Labs.

Menurut laporan, transfer ratusan BTC tersebut dilakukan dari wallet LUNA Foundation Guard (LFG) ke dompet KuCoin dan OKX. Akun aset virtual dari LUNA Foundation Guard dibuat di Binance saat tanggal 15 September, karena investigasi sedang berlangsung di Korea Selatan terhadap CEO Terraform.

Transfer senilai 3.313 BTC dilakukan dari akun LFG ke dua akun luar negeri milik KuCoin dan OKX. Koin-koin tersebut ditransfer beberapa kali selama 15-18 September.

Investigasi Kasus Terra Luna

Kantor Kejaksaan Distrik Seoul Selatan dan Tim Investigasi Gabungan Kejahatan Sekuritas berusaha untuk membekukan akun tersebut dan meminta KuCoin dan OKX untuk melakukan hal yang sama.

Alasan Terra Luna Classic ungguli Bitcoin selama 30 hari terakhir. Foto: Coinpedia.org.
Alasan Terra Luna Classic ungguli Bitcoin selama 30 hari terakhir. Foto: Coinpedia.org.

Baca juga: Bloomberg: Bitcoin Bisa Raih Harga Rp 1,5 Miliar di Tahun 2025

Meskipun, KuCoin telah membekukan 1.354 BTC yang ditransfer, OKX menolak untuk mengambil tindakan apa pun terkait 1.959 BTC yang tersisa. Jaksa Korea Selatan, mengindikasikan penggunaan transfer ini untuk pencucian uang.

Hal penting yang perlu diketahui adalah kedua exchange kripto tersebut, baik OKX dan KuCoin tidak diatur di Korea Selatan.

Masalah Do Kwon Berlanjut?

Sejarah ekosistem blockchain Terra yang melibatkan stablecoin asli TerraUSD (UST) dan Luna (LUNA) agak kacau. Pada tahun 2018, Do Kwon dan Daniel Shin mendirikan Terraform Labs di Seoul. Duo ini meluncurkan blockchain Terra dan aset kripto terkait, UST dan LUNA, pada tahun 2019.

Advertisement

Setelah de-stabilisasi LUNA, seluruh ekosistem Terra runtuh pada Mei 2022. Hal ini menyebabkan kehancuran ekosistem kripto global.

aset kripto TerraUSD (UST) dan Terra (LUNA)
aset kripto TerraUSD (UST) dan Terra (LUNA).

Baca juga: Segala Hal Penting Masa Depan Ethereum Setelah The Merge

Layanan Pajak Nasional Korea Selatan mengenakan denda sebesar US$ 78,4 juta dalam bentuk pajak di Terraform Labs dan Kwon. Pihak berwenang setempat segera bekerja untuk mencabut paspor Kwon. Baru kemarin Interpol mengeluarkan Red Notice terhadapnya menyusul permintaan pemerintah Korea Selatan.

Dalam sebuah wawancara, Kwon mengakui bahwa mungkin ada anggota Terraform di balik runtuhnya stablecoin, TerraUSD.

Kwon, bagaimanapun, telah aktif di Twitter, menegaskan bahwa dia tidak dalam pelarian dan perusahaan bekerja sama dengan lembaga pemerintah yang tertarik.

“Kami sedang dalam proses membela diri di berbagai yurisdiksi – kami telah mempertahankan integritas yang sangat tinggi, dan berharap untuk mengklarifikasi fakta selama beberapa bulan ke depan,” tweetnya pada 17 September. Ini adalah periode waktu yang sama saat transfer dilakukan.

Popular