Connect with us

Business

Alasan Presiden El Salvador, Nayib Bukele Beli Satu Bitcoin Setiap Hari

Published

on

Presiden El Salvador, Nayib Bukele beli satu Bitcoin setiap hari. Foto: Yuri Cortez / AFP via Getty Images.

Presiden El Salvador, Nayib Bukele, telah mengumumkan bahwa negaranya akan membeli satu Bitcoin setiap hari mulai Kamis (17/11). Pengumuman itu datang hampir tiga bulan setelah negara itu melakukan pembelian BTC terakhirnya pada Juli 2022.

Strategi dollar-cost-average (DCA) untuk BTC adalah hal biasa di masyarakat atau investor retail, tapi baru untuk sebuah negara. Saat ini, El Salvador memiliki perbendaharaan Bitcoin sebesar 2.381 BTC dengan total investasi $103 juta, nilai investasi BTC-nya turun menjadi $39,4 juta dalam kondisi pasar saat ini.

Bukele telah membuat kebiasaan di masa lalu untuk melakukan pembelian BTC dalam jumlah besar selama masa volatilitas pasar dan membeli penurunan. Namun, dengan munculnya pasar beruang pada kuartal kedua tahun 2022, pembelian BTC awal El Salvador mulai terlihat seperti pertaruhan yang menimbulkan kerugian besar.

Rajin Beli Bitcoin

Presiden El Salvador, Nayib Bukele beli satu Bitcoin setiap hari. Foto: Yuri Cortez / AFP via Getty Images.
Presiden El Salvador, Nayib Bukele beli satu Bitcoin setiap hari. Foto: Yuri Cortez / AFP via Getty Images.

Baca juga: Bappebti Hentikan Perdagangan Kripto FTX Token (FTT) di Indonesia

El Salvador mulai membeli BTC pada September 2021, tepat setelah menjadikannya alat pembayaran yang sah. Pada saat itu, BTC berada di tengah-tengah pasar bullish dan setiap pembelian yang dilakukan oleh negara tersebut tampak menguntungkan karena harganya mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa setiap minggunya.

Menurut catatan publik, El Salvador saat ini memiliki 2.381 BTC dengan harga beli rata-rata US$ 43.357. Dengan demikian, negara tersebut telah menghabiskan hampir US$ 103,23 juta untuk pembelian BTC dan nilai BTC yang sama saat ini berada di US$ 39,4 juta.

Di luar hanya membeli BTC dan menjaga keseimbangannya untuk El Salvador, administrasi Bukele telah mendorong lahirnya acara yang mengumpulkan para pemimpin dunia dari negara-negara di seluruh dunia untuk belajar tentang penawaran adopsi Bitcoin kebebasan finansial.

Strategi Bukele

Ilustrasi El Savador adopsi pembayaran dengan Bitcoin.
Ilustrasi El Savador adopsi pembayaran dengan Bitcoin. Foto: BuyUcoin

Baca juga: Elon Musk Beri Pandangan Soal Masa Depan Aset Kripto

Pengumuman rutinitas pembelian BTC terjadi pada saat aset kripto teratas itu diperdagangkan pada siklus harga terendah baru. Diharapkan strategi DCA ini dapat membantu El Salvador mengimbangi beberapa kerugiannya dalam beberapa bulan mendatang.

Advertisement

Melihat lebih jauh dari kerugian yang ditimbulkan oleh negara kecil tersebut atas pembelian BTC mereka, Bitcoin telah berperan penting dalam membantu mengurangi biaya pengiriman uang lintas batas secara signifikan dan juga memberikan dorongan pada sektor pariwisata.

Cointelegraph melaporkan bahwa BTC diterima di sebagian besar tempat wisata di El Salvador, tetapi aplikasi dan layanan seluler memerlukan penyempurnaan lebih lanjut.

Adopsi BTC El Salvador mungkin tidak terlihat sangat menjanjikan saat ini karena crypto winter yang intens. Namun, melihat sejarah siklus harga Bitcoin, bangsa ini dapat dengan mudah mengimbangi kerugiannya pada siklus bullish berikutnya hanya dengan mempertahankan pembelian BTC-nya.

Popular