Connect with us

Business

Perusahaan Kripto BlockFi Ajukan Bangkrut Imbas FTX Runtuh

Published

on

BlockFi Diambang Kebangkrutan Setelah FTX Runtuh. Foto: Budrul Chukrut | SOPA Images | LightRocket via Getty Images.

Perusahaan kripto, BlockFi telah mengajukan pailit atau bangkrut di Amerika Serikat, karena terpengaruh keruntuhan FTX. BlockFi dikenal sebagai perusahaan pemberi pinjaman aset kripto yang menargetkan beberapa investor besar.

Dilaporkan The New York Times, BlockFi telah menghentikan sebagian besar aktivitas di platformnya, dengan alasan paparan signifikan terhadap FTX. Perusahaan mengatakan sedang mencari perlindungan pengadilan untuk merestrukturisasi, melunasi utangnya, dan memulihkan uang untuk investor.

Diketahui, BlockFi juga menerima kesepakatan penyelamatan dari FTX awal tahun ini karena nilai aset kripto anjlok. Tapi FTX mengalami masalah sendiri, karena krisis likuidasi yang disebabkan banyak orang bergegas menarik uang dari platform di tengah keraguan tentang finansial perusahaan.

Bisnis BlockFi

Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.
Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Pakar: Bitcoin Akan Selamat dari Kegagalan Perusahaan Kripto Manapun

Berbasis di Jersey City, AS, BlockFi memasarkan dirinya terutama kepada investor kecil, menawarkan mereka pinjaman yang didukung oleh aset kripto. Investor bisa menerima pinjaman dalam hitungan menit, tanpa pemeriksaan kredit, serta akun yang membayar bunga tinggi atas simpanan kripto.

Hingga tahun lalu, BlockFi mengklaim memiliki lebih dari 450.000 klien ritel. BlockFi dilaporkan meminjam US$ 275 juta dari anak perusahaan FTX. Keterikatan finansial itu membuat BlockFi juga terpengaruh dengan kebangkrutan FTX.

BlockFi bukan pemberi pinjaman kripto pertama yang mengajukan kebangkrutan. Pada bulan Juli, dua pesaingnya, Celsius Network dan Voyager Digital, runtuh dalam waktu seminggu satu sama lain.

Mereka berjuang untuk memperbaiki diri setelah kepanikan pasar, ketika banyak aset kripto terkenal nilainya anjlok. Bitcoin saja turun 20 persen dalam seminggu.

Advertisement

BlockFi dan FTX

Crypto investment company, Alameda Research on screen in front of web page. Sumber: Shutterstock.
Crypto investment company, Alameda Research on screen in front of web page. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Investor Institusi Tingkatkan Alokasi Dana Investasi Selama Crypto Winter

Beberapa hari setelah bursa FTX runtuh, BlockFi memberi tahu pelanggan bahwa mereka tidak dapat menarik simpanan karena memiliki “eksposur signifikan” terhadap FTX, termasuk dana tambahan yang diharapkan perusahaan dapat ditarik berdasarkan perjanjian dan aset lain yang disimpan di platform FTX.

Dalam pengajuannya pada hari Senin (28/11), BlockFi mengatakan memiliki sekitar US$ 257 juta uang tunai untuk membantu mendukung bisnisnya, setelah dinyatakan bangkrut.

Perusahaan mengatakan dalam pengajuan pengadilan bahwa mereka memiliki lebih dari 100.000 kreditur, serta aset dan kewajiban senilai US$ 10 miliar. Ia juga mengatakan akan mengurangi biaya secara signifikan, termasuk biaya tenaga kerja. Ini mempekerjakan 850 orang pada tahun lalu.

Popular