Connect with us

NFT

Azuki dan BAYC Jadi Koleksi NFT Peringkat Teratas di Tahun 2022

Published

on

Azuki NFT masuk jajaran peringkat teratas dalam daftar koleksi NFT yang paling sering dibahas di media sosial pada tahun 2022.

Azuki dan Bored Ape Yacht Club (BAYC) dilaporkan menjadi koleksi NFT peringkat teratas di media sosial menurut laporan LunarCrush. Kabar ini muncul di tengah pasar NFT yang tidak dapat melindungi diri dari kemerosotan yang lebih luas dari nilai kripto pada tahun ini.

Seperti diketahui sebagian besar koleksi NFT teratas menapaki jalur downtrend. Laporan Coinbase baru-baru ini mencatat bahwa penurunan NFT pada tahun 2022 itu sehat. Juga ditegaskan bahwa adopsi NFT masih dalam “tahap awal”.

Selama beberapa hari terakhir, tiga dari lima penjualan teratas NFT berasal dari koleksi Bored Ape Yacht Club. NFT dari koleksi Azuki juga mendapat tempat untuk dirinya sendiri dalam daftar. Pengguna akhirnya mengeluarkan dana dalam kisaran US$ 304.000 hingga US$ 152.000 untuk memperoleh aset digital ini.

Azuki Rajai Media Sosial

Baca juga: Niat Donald Trump Rilis Koleksi NFT Diklaim Bukan Soal Uang

Koleksi NFT teratas tahun ini meramaikan berbagai platform media sosial oleh kata, frasa, dan tagar seperti ‘bayc’, ‘boredapeyc’, ‘bayc’, ‘eth’, ‘mayc’, ‘floor’, ‘twitter cryptopunks’ ‘moonbirds’, ‘nftcommunity’, dan lainnya.

Meskipun tag yang terkait dengan koleksi Bored Ape Yacht Club tampaknya sangat dominan, perlu dicatat bahwa koleksi tersebut tidak dapat mencapai posisi teratas. Berdasarkan statistik keterlibatan sosial yang disusun oleh LunarCrush, Azuki menduduki peringkat satu.

Itu diikuti oleh Bored Ape dan kemudian koleksi NFT Gary Vaynerchuk, VeeFriends. Koleksi Goblin Town juga merupakan bagian dari daftar. Mereka diluncurkan pada pertengahan Mei 2022 dan naik ke puncak tangga lagu dengan cepat. Padahal, saat itu volume perdagangannya berada di urutan kedua setelah BAYC.

Daftar Lain

Ilustrasi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC).
Ilustrasi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC).

Baca juga: Melihat Koleksi NFT Cristiano Ronaldo dengan Binance, Keunggulannya?

Di samping itu, Moonbirds juga masuk ke dalam daftar 10 besar. Dengan demikian, koleksi karya seni NFT tersebut terdiri dari total 10.000 avatar burung hantu piksel yang dihasilkan komputer. Pasca peluncuran, semuanya langsung terjual habis dengan harga mint 2,5 Ethereum per NFT.

Mengesampingkan koleksi yang disorot di atas, Axie Infinity, MAYC, Gutter Cat Gang, dan Sorare NFT juga ditampilkan dalam daftar.

Yang terakhir dalam daftar adalah koleksi Otherdeed for Otherside NFT dari Yuga Labs. BAYC Metaverse Otherside dianggap sebagai salah satu NFT paling produktif yang pernah ada.

Faktanya, pada bulan Mei lalu, volume NFT mingguan di Ethereum mengklaim US$ 1,6 miliar, berkat Otherdeed for Otherside. Itu membantu menarik nilai agregat NFT yang dicetak dan diperdagangkan di platform menjadi US$ 23,7 miliar.

NFT

Premier League Bermitra dengan Sorare Rilis NFT Pemain Liga Inggris

Published

on

Premier League Bermitra dengan Sorare Kembangkan NFT Pemain Liga Inggris.

Premier League telah menandatangani kontrak multi-tahun dengan Sorare, game sepak bola fantasi senilai US$ 4,3 miliar. Kemitraan ini akan menghasilkan NFT kartu pemain resmi liga inggris yang eksklusif.

Pemain game Sorare akan dapat membeli dan menggunakan NFT berlisensi resmi Liga Premier berdasarkan perjanjian multi-tahun eksklusif tersebut. Sorare mengatakan itu juga meluncurkan dua fitur baru dalam game. Ini termasuk kemampuan untuk bersaing dengan kartu pemain khusus liga dan fitur “financial fair play” yang mencegah pengguna memilih tim all-star.

Startup Sorare yang berbasis di Paris, memiliki 3 juta pengguna di seluruh dunia, memungkinkan orang bersaing dalam permainan sepak bola fantasi. Peluang sukses didasarkan pada performa pemain secara real-time di lapangan virtual.

Kemitraan Strategis

tampilan aplikasi sorare
Ilustrasi aplikasi Sorare. Sumber: Shutterstocks.

Baca juga: BPS Pakai Teknologi Blockchain Olah Data Penduduk Indonesia

Sorare pertama kali dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan Premier League – liga sepak bola pria tingkat atas Inggris – tentang perjanjian lisensi pada Oktober 2022. CEO Sorare, Nicolas Julia, mengatakan hal-hal membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan daripada yang diantisipasi karena Premier League memiliki kesepakatan lisensi NFT yang ada dengan perusahaan lain.

Sky News melaporkan sebelumnya bahwa kesepakatan itu bernilai £ 30 juta. Julia menolak untuk membagikan secara spesifik tentang persyaratan keuangan dan panjang kesepakatan.

Berita tersebut muncul meski terjadi penurunan tajam dalam aktivitas perdagangan NFT. Nilai NFT telah anjlok di tengah penurunan harga kripto yang dikenal sebagai “crypto winter”, yang diperburuk dalam beberapa bulan terakhir oleh kebangkrutan FTX.

Menurut situs data CryptoSlam, harga jual rata-rata NFT pada Desember 2022 adalah US$ 143,22, turun 63% dari US$ 383,73 pada Desember 2021. Volume perdagangan juga turun secara signifikan. Penjualan NFT secara keseluruhan anjlok 78% pada bulan Desember menjadi US$ 678,2 juta dari US$ 3,1 miliar setahun yang lalu.

Sorare dan NFT

Ilustrasi game nft Sorare.
Ilustrasi game nft Sorare.

Baca juga: Tokocrypto Hadirkan Fitur Bukti Pajak Kripto Pengguna Dukung PMK 68

Dikutip CNBC, Julia mengatakan pengguna berkekuatan besar sudah cukup untuk menopang perolehan pendapatan. Sorare mengambil potongan yang tidak ditentukan dari semua transaksi melalui layanannya.

Perlu dicatat Sorare adalah koleksi NFT terbesar ketiga di dunia, menurut data CryptoSlam. Perusahaan memproses sekitar US$ 1 juta transaksi dalam periode 24 jam, menurut angka CryptoSlam.

Kemitraan Liga Premier dengan Sorare menambah banyak kesepakatan antara liga olahraga dan platform kripto. Sorare sendiri sebelumnya telah mengumumkan kesepakatan dengan Major League Baseball dan National Basketball Association.

Beberapa perjanjian, seperti kesepakatan Crypto.com untuk hak penamaan arena Staples Center di Los Angeles dan sponsor FTX di Miami-Dade Arena yang sekarang sudah tidak berfungsi, telah memburuk di tengah jatuhnya harga kripto.

Julia mengatakan Sorare terlindung dari kehancuran iklan olahraga yang berfokus pada crypto karena perusahaannya berfokus pada lisensi kekayaan intelektual daripada sponsor.

Startup asal Prancis itu terakhir dihargai oleh investor sebesar US$ 4,3 miliar pada September 2021. Sorare didukung oleh nama-nama top termasuk SoftBank Jepang dan firma modal ventura Accel dan Benchmark. Itu juga menghitung bintang olahraga Lionel Messi, Serena Williams dan Kylian Mbappe sebagai pemegang saham.

Continue Reading

NFT

Riset: Nilai Pasar NFT Indonesia Bisa Capai Rp 200 T pada Tahun 2028

Published

on

whitelist nft

Pasar NFT Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh di masa depan. Sebuah perusahaan riset Research and Markets baru-baru ini mengeluarkan prediksi nilai pasar NFT Indonesia bisa capai lebih dari Rp 200 triliun di tahun 2028.

Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam peta industri NFT global. Firma Research and Markets memprediksi industri NFT di Tanah Air diperkirakan akan tumbuh sebesar 50,8% secara tahunan hingga mencapai US$ 2.367,6 juta pada tahun 2022 lalu.

Kemudian dalam jangka panjang, diproyeksikan akan tumbuh dengan stabil dan mencatat compounded annual growth rate (CAGR) sebesar 35,8% selama 2022-2028. Nilai Pembelanjaan NFT di Indonesia akan meningkat dari US$ 2.367,6 juta pada tahun 2022 menjadi US$ 13.394 miliar atau sekitar Rp 200 triliun pada tahun 2028.

Ekonomi Digital

Ekonomi digital Indonesia menurut Research and Markets tengah mengarah ke Web3, Metaverse, dan Decentralized Autonomous Organizations (DAO). Akibatnya, konten kreator dari semua lapisan masyarakat menggunakan momentum yang berkembang untuk memasuki ruang kreatif industri digital yang baru tumbuh ini.

contoh ekonomi kreatif
Ilustrasi ekonomi digital.

Baca juga: Harga Ethereum Ditargetkan Capai US$ 2.000 Setelah Shanghai Upgrade

Selama 12 bulan terakhir, NFT memungkinkan konten kreator untuk memiliki kendali penuh atas konten mereka dan mendorong interaksi secara signifikan dengan komunitas mereka.

Di Indonesia, banyak seniman yang memasuki ruang NFT karena mereka terus mencari cara baru untuk mengembangkan dan memanfaatkan bakat mereka. Khususnya, Art Moments Jakarta, salah satu pengadopsi awal di ruang aset digital telah mendukung penuh ekonomi digital Indonesia dengan mengambil pendekatan hybrid live-online pada pameran di tahun 2021.

Dengan NFT mendapatkan momentum dan popularitas yang konstan di Indonesia, pemerintah juga menunjukkan minat untuk melirik keberadaan teknologi blockchain. Pengembang mengharapkan seperangkat pedoman peraturan yang lebih kuat untuk sektor aset digital di Indonesia dari perspektif jangka pendek hingga menengah.

Layanan Berbasis Blockchain dan NFT

Adopsi aset kripto, NFT, dan blockchain diperkirakan akan semakin meluas selama dua hingga tiga tahun ke depan di Indonesia. Sementara literasi digital juga akan meningkat dengan tingginya minat investasi kripto dan penggunaan NFT.

Sangat penting untuk membiasakan masyarakat umum dengan layanan berbasis blockchain dan NFT, mengingat dua sektor itu relatif baru dalam hal pengaplikasian teknologi.

TokoCare gandeng BeKind dan WeCare.id, hadirkan kolaborasi "Kado Lebaran" di bulan Ramadan. Foto: Tokocrypto.
TokoCare gandeng BeKind dan WeCare.id, hadirkan kolaborasi “Kado Lebaran” di bulan Ramadan. Foto: Tokocrypto.

Baca juga: Reli Bitcoin Untungkan Investor Kripto yang Baru Masuk

Secara global, brand dan bisnis telah menemukan beberapa kasus penggunaan NFT yang inovatif. Dari menggunakan NFT sebagai alat promosi untuk menciptakan awareness hingga menggunakan aset digital untuk mengumpulkan dana dengan tujuan mulia.

Di Indonesia, tren serupa terlihat di mana banyak individu dan organisasi yang mengorganisir kampanye penggalangan dana NFT untuk melawan pandemi global.

Tokocrypto, salah satu bursa kripto terkemuka di Indonesia, bermitra dengan Aldi Haryopratomo , Evan Tan, dan William Tan, dan Chef Arnold Poernomo untuk mengatur NFT kampanye penggalangan dana di Indonesia.

Continue Reading

NFT

NFT Marketplace Magic Eden Terkena Hack

Published

on

NFT yang berbasis di Solana, Magic Eden diduga telah diretas. Pengguna platform terkejut setelah halaman koleksi menampilkan konten pornografi dewasa. Selain itu, alih-alih NFT yang diinginkan pengguna, gambar dari sitkom terkenal “The Big Bang Theory” juga ditampilkan.

Beberapa orang menunjukkan kemungkinan peretasan jaringan. Namun, Magic Eden membagikan tweet yang menegaskan bahwa itu adalah kesalahan dari cacher pihak ketiga. Dalam sebuah tweet, NFT Marketplace yang berbasis di Solana menulis lebih lanjut,

“Hai teman-teman, layanan pihak ketiga yang kami gunakan untuk menyimpan gambar, telah disusupi. NFT Anda aman dan Magic Eden belum diretas. Sayangnya, Anda mungkin pernah melihat beberapa gambar yang tidak menyenangkan. Pastikan Anda melakukan hard refresh pada browser Anda untuk memperbaikinya.

COO Nike RTFKT kehilangan koleksi NFT-nya

Penipuan phishing mengakibatkan COO RTFKT, kehilangan hampir semua NFT-nya. Nikhil Gopalani memiliki berbagai NFT di OpenSea. Dugaan phisher mungkin telah menggunakan dua dompet, menurut history dari OpenSea.

Peretas kemudian mengosongkan dompet NFT Gopalani, termasuk jumlah dua digit CloneX, RTFKT, Loot Pods, dan NFT Crypto Kicks. Ini selanjutnya dihargai lebih dari $ 175.000. Setelah beberapa penarikan, dompet ini menampilkan nilai aset total $0,11 di Etherscan. Selanjutnya, Gopalani mentweet dan memberi tahu komunitas tentang hal yang sama.

Baca Juga: Beberapa Perusahaan Penambangan Bitcoin Berhutang Senilai $4B

Phising semakin marak terjadi

Selain Gopalani, beberapa lainnya menjadi korban kemungkinan penipuan phishing. Pengguna Twitter Cirrus yang bekerja di WumboLabs mengungkapkan bahwa Hoodie Punk miliknya, Bored Ape Yacht Club [BAYC], dan lainnya telah dicuri.

Selain itu, pengguna lain, CryptoNovo juga tidak terhindar. Beberapa NFT tiba-tiba dipindahkan.

Seorang pengguna Twitter yang sebelumnya adalah pengembang yang menggunakan nama “proper” menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang akan terjadi.

Continue Reading

Popular