Connect with us

Crypto

Daftar Lima Aset Kripto Berkinerja Baik di Tahun 2022

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Aset kripto masih menjadi salah satu instrumen investasi yang menarik di tahun 2022. Meski, market kripto sedang turun, ada sejumlah aset yang memiliki performa terbaik dan terburuk sepanjang tahun ini.

Dalam daftar yang dibuat Cointelegraph, Bitcoin dan Ethereum bukan bagian dari lima aset kripto terbaik dan berkinerja terburuk untuk tahun 2022. Penentuan daftar menggunakan pengembalian year-to-date (YTD) tertinggi dan terendah hingga penutupan 25 Desember 2022.

Secara keseluruhan, Cryptoindex.com 100 (CIX100), indeks yang melacak 100 aset kripto dengan kinerja terbaik, turun hampir 68% YTD, menunjukkan sebagian besar koin teratas berkinerja buruk pada tahun 2022. Stablecoin secara alami dihilangkan dari daftar di bawah ini.

Lima Kripto Berkinerja Baik Tahun 2022

1. GMX (GMX)

  • Pengembalian YTD: 111%
  • Sektor: Decentralized exchange
  • Market cap: US$ 379,4 juta
Kinerja harga GMX. Sumber: CoinMarketCap.
Kinerja harga GMX. Sumber: CoinMarketCap.

GMX bertindak sebagai utilitas dan token tata kelola dalam ekosistem decentralized exchange (DEX) GMX dan merupakan aset digital berkinerja terbaik di antara 100 koin teratas (tidak termasuk stablecoin).

Tren kenaikan harga GMX sebagian besar mengambil isyarat dari runtuhnya FTX, Centralized exchange, dan listing-nya di platform perdagangan populer — termasuk Binance dan Huobi Global — sepanjang tahun 2022. Selain itu, token tersebut menguat secara mengesankan pada akhir November setelah platformnya sempat melampaui saingan DEX teratasnya, Uniwap, dalam biaya perdagangan harian.

2. Trust Wallet Token (TWT)

  • Pengembalian YTD: 92%
  • Sektor: Platform pembayaran
  • Market cap: US$ 570 juta
Grafik harga harian TWT/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian TWT/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Analisa: Prediksi Harga Bitcoin di Bulan Januari 2023

Trust Wallet Token (TWT) berfungsi sebagai utilitas dan token tata kelola dalam ekosistem Trust Wallet. Token bergerak lebih rendah seiring dengan pasar kripto lainnya, sebagian besar pada tahun 2022, tetapi seperti GMX, momentum kenaikannya meningkat di tengah jatuhnya bursa FTX pada bulan November.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, keruntuhan FTX meningkatkan ketidakpercayaan terhadap bursa terpusat, yang mungkin telah mendorong investor untuk memindahkan dana mereka ke wallet independen seperti Trust Wallet. Spekulasi bisa memainkan peran utama dalam meningkatkan valuasi TWT.

3. Unus Sed Leo (LEO)

  • Pengembalian YTD: -3,5%
  • Sektor: Centralized exchange
  • Market cap: US$ 3,44 miliar
Grafik harga harian LEO/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian LEO/USD. Sumber: TradingView.

Unus Sed Leo (LEO) berasal dari ekosistem iFinex. Token mengalami kerugian pada tahun 2022, tetapi pada -3,5%, mereka sedikit dibandingkan dengan kebanyakan koin teratas, termasuk Bitcoin dan Ethereum, yang kehilangan lebih dari 65% pada periode yang sama.

Salah satu alasan mengapa LEO mengungguli sebagian besar aset peringkat teratas adalah janji iFinex. Khususnya, perusahaan menyatakan pada saat penjualan pribadi LEO pada tahun 2018 bahwa mereka akan mempekerjakan 27% dari pendapatannya untuk membeli kembali token sampai seluruh pasokan 985,24 juta unit dihapus dari peredaran.

Advertisement

4. OKB (OKB)

  • Pengembalian YTD: -19%
  • Sektor: Centralized exchange
  • Market cap: US$ 1,38 miliar
Grafik harga harian OKB/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian OKB/USD. Sumber: TradingView.

OKB adalah token asli dari pertukaran OKX. Ini memberikan diskon kepada pengguna untuk biaya perdagangan, akses ke platform initial exchange offering (IEO) OKX, dan hak suara untuk token yang akan didaftarkan di bursa.

OKB cenderung sinkron dengan pasar kripto yang lebih luas pada tahun 2022, termasuk pemulihan 150% setelah mencapai titik terendah sekitar US$ 9,50 pada bulan Juni. Retracement bullish token terjadi meskipun tidak ada peristiwa penggerak pasar utama, menunjukkan bahwa sebagian besar bersifat spekulatif.

Baca juga: AI Prediksi Harga Bitcoin di Akhir Tahun 2022, Berapa?

5. The Open Network (TON)

  • Pengembalian YTD: -33,5%
  • Sektor: Smart contracts
  • Market cap: US$ 3,52 miliar
Kinerja harga TON/USD YTD. Sumber: CoinMarketCap.
Kinerja harga TON/USD YTD. Sumber: CoinMarketCap.

The Open Network adalah ekosistem blockchain layer-1 yang dikembangkan oleh pendiri Telegram Nikolai Durov dan Pavel Durov. Token aslinya, TON, cenderung menurun sejalan dengan aset kripto teratas lainnya selama sebagian besar tahun 2022 tetapi pulih secara mengesankan menjelang penutupan tahun.

Periode pemulihan TON bertepatan dengan berita optimis berturut-turut. Misalnya, pada bulan Oktober, Telegram mengumumkan akan menggunakan Open Network untuk melelang nama pengguna. Demikian pula, Open Network membuat bot pada bulan berikutnya yang memungkinkan pengguna Telegram untuk memperdagangkan aset kripto dalam aplikasi.

Meskipun demikian, TON gagal menutup semua kerugiannya, masih turun 33,5% YTD di US$ 2,36.

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular