Connect with us

Altcoin News

Misteri Pi Network yang Mendadak Listing di Bursa Kripto Houbi

Published

on

Ilustrasi Pi Network.

Pi Network (PI) sedang menjadi perbincangan komunitas kripto, karena misteri listing yang dilakukan oleh exchange atau bursa kripto Houbi. Sebenarnya apa yang terjadi?

Dilaporkan Cryptoslate pada 29 Desember 2022, bursa kripto, Huobi Global mengumumkan lsiting Pi, token asli dari Pi Network. Dalam 24 jam setelah pengumuman, harga token Pi melonjak 461,3% dari US$ 44,03 mencapai level tertinggi sepanjang masa di US$ 307,49 pada 30 Desember, menurut data dari CoinGecko.

Namun, Pi Network (PI) memperingatkan agar tidak mendaftarkan tokennya di Huobi dan bursa lainnya pada 29 Desember. Sesuai data CoinGecko, Pi saat ini juga tersedia untuk diperdagangkan di bursa terpusat, XT.COM. Selain itu, data CoinMarketCap menunjukkan bahwa Pi juga tersedia untuk diperdagangkan di bursa kripto, Hotcoin Global, BitMart, dan SuperEx.

Tanpa Persetujuan

Ilustrasi Pi Network.
Ilustrasi Pi Network.

Baca juga: Simak Serba-Serbi Pi Network, Solusi Mining Lewat Smartphone

Menurut pernyataan Pi Network, token PI-nya terdaftar “tanpa persetujuan, otoritas, atau keterlibatan Pi Network”. Ia menambahkan bahwa PiI tidak disetujui oleh jaringan untuk diperdagangkan atau didaftarkan di bursa kripto mana pun.

Selain itu, Pi Network juga tidak terlibat dengan daftar listing apa pun, jaringan tersebut meminta penambang PI, yang disebut Pioneers, untuk tidak terlibat dengan token terdaftar yang tidak sah.

Pi Network mengklarifikasi bahwa tokennya berada dalam periode ‘Enclosed Network‘, di mana perdagangan Pi di bursa “dilarang secara eksplisit”. Oleh karena itu, memperdagangkan token Pi di bursa akan melanggar kebijakan Pi Network, demikian peringatan dalam pernyataan tersebut.

Minta Delisting

Ilustrasi Pi Network.
Ilustrasi Pi Network.

Baca juga: Huobi dan Visa Kolaborasi Rilis Kartu Debit Kripto Buat Belanja

Menurut pernyataan Pi Network, periode ‘Enclosed Network‘ adalah pilihan strategis untuk fokus membangun utilitas ekosistem dan mencapai KYC/migrasi massal. Ini penting untuk membangun ekosistem yang layak sebelum peluncuran mainnet terbuka.

Advertisement

Pi Network juga mengatakan telah meminta token Pi untuk dihapus atau delisting dan “mengevaluasi tindakan tambahan terkait pihak ketiga dan bursa.”

Seorang pengguna Reddit menyebut daftar Pi Huobi sebagai “penipuan”, dan mengatakan bahwa token Pi tidak dapat disetorkan ke bursa dari wallet.

“Harga PI yang sebenarnya adalah dalam sen,” tulis pengguna Reddit, menambahkan, “Sangat memalukan bagi Houbi untuk melakukan hal seperti ini.”

Sementara Huobi dan bursa kripto lainnya kemungkinan akan dipaksa untuk menghapus Pi Network, ribuan investor akan kehilangan jutaan secara kumulatif dari memperdagangkan token yang diklaim palsu.

Popular