Connect with us

Blockchain

5 Prediksi Masa Depan Kripto, Web3 dan Blockchain di Tahun 2023

Published

on

5 Prediksi Masa Depan Kripto, Web3 dan Blockchain di tahun 2023

2022 mungkin menjadi tahun yang cukup sulit dan penuh gejolak untuk perkembangan pasar kripto, web3 dan blockchain. Namun memasuki tahun 2023, harapan adopsi kripto dan blockchain kembali meningkat.

Seperti diketahui, banyak entitas yang mengadopsi teknologi blockchain, web3, dan kripto yang gagal atau berjuang untuk tetap bertahan. Banyak orang yang menganggap ini adalah proses yang dramatis dan diperlukan untuk kematangan keseluruhan sistem.

Meskipun demikian, keyakinan teknologi Web3 yang muncul dari musim dingin kripto ini akan mengubah segalanya terus ada. Web3 mewakili evolusi pertukaran informasi berikutnya.

Teknologi Blockchain akan menghadirkan cara baru untuk berinteraksi dengan internet dan secara mendasar akan mengubah cara kita terlibat satu sama lain. Berikut adalah beberapa prediksi untuk apa yang dapat kita lihat di sisi lain pada tahun 2023, menurut Cointelegraph.

Ilustrasi investasi aset kripto
Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: Digital Rupiah Bakal Jadi Alat Transaksi di Ekosistem Web3

1. Investasi Turun

Pendanaan modal ventura kripto akan terus menurun hingga paruh pertama tahun 2023, tetapi itu belum tentu merupakan hal yang buruk. Investor tidak ingin terjerumus, jadi mereka menunggu hal-hal mencapai titik terendah sambil juga mempertimbangkan kekhawatiran ekonomi makro yang lebih luas dan risiko resesi global.

2. Banyak Brand Masuk ke Web3

Pada tahun 2023, banyak brand seperti Nike, Starbucks, dan Meta akan terus bereksperimen di Web3, dengan fokus berkelanjutan pada non-fungible token (NFT) sebagai format pilihan, dan dengan penekanan pada akuisisi dan keterlibatan pelanggan melalui monetisasi.

3. Pengembangan Aplikasi dan Game Web3

Karena biaya pengembangan aplikasi dan game Web3 turun dan biaya akuisisi pengguna naik, akan ada penekanan pada kualitas dan penemuan. Ini akan menciptakan pertumbuhan yang tidak terlalu signifikan. Seiring waktu, pengembang game maupun aplikasi akan mempelajari kembali, menciptakan platform yang sehat dan bertanggung jawab.

Advertisement
Web3
Ilustrasi Web3.

Baca juga: Potensi Web3 Tingkatkan Ekonomi Digital Indonesia

4. Potensi Keuntungan Web3

Web3 akan terus menawarkan ceruk keuntungan yang solid, dengan aplikasi yang secara fungsional merupakan tiruan dari bisnis yang ada, tetapi dengan beberapa komponen dasar blockchain. Aplikasi ini akan mengukir ceruk pasar pengguna yang menginginkan penawaran produk inti tradisional yang sama tetapi memiliki ketertarikan pada Web3, mirip dengan banyak perusahaan internet awal, seperti Amazon.

5. Stablecoin dan Kripto

Stablecoin akan menemukan lebih banyak kasus penggunaan di luar pasar kripto, yang akan mendorong adopsi yang lebih umum — terutama di kalangan bisnis — dan inovasi dalam web3. Penelitian dan pengembangan blockchain oleh pemerintah dan swasta akan berlanjut, dengan beberapa mengumumkan infrastruktur publik terpusat seperti central bank digital currencies (CBDC) atau infrastruktur pasar.

Popular