Connect with us

Tips & Tricks

Ketahui Perbedaan Trading Binary dan Trading Aset Kripto

Published

on

Perbedaan trading binary dan crypto trading

Sejak tahun 2009 hingga sekarang, kemunculan bitcoin menjadi salah satu aset kripto yang paling populer. Sebagai mata uang digital, bitcoin kerap dijadikan sebagai alat pembayaran pada beberapa negara tertentu, instrumen investasi, dan objek trading. Tidak hanya trading bitcoin, trading binary juga sedang naik daun dan kerap diperbincangkan. Sebenarnya, apa perbedaan trading binary dengan trading aset kripto? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu Trading Binary?

Trading binary merupakan mekanisme dimana seseorang akan mendapat keuntungan atau kerugian pada sebuah investasi berdasarkan ketepatan dalam memprediksi naik turunnya nilai aset dalam periode waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Istilah ini berasal dari Amerika Serikat dan populer di Eropa.

Jika berhasil memprediksi kenaikan nilai aset pada akhir periode waktu, pemain akan mendapat keuntungan sekitar 80% dari modal. Sedangkan jika prediksinya salah, pemain akan mengalami kerugian.

Istilah-istilah dalam Trading Binary

Terdapat beberapa istilah dalam trading binary yang harus diketahui sebelum memulainya, diantaranya adalah:

  • Call 

Call adalah opsi yang diambil pemain apabila nilai aset yang diprediksi akan mengalami kenaikan pada periode waktu yang ditentukan.

  • Put 

Put adalah kebalikan dengan opsi call, pemain menggunakan opsi put ketika nilai aset diprediksi mengalami penurunan dalam periode waktu yang telah ditentukan.

  • Profit dan Loss

Sesuai dengan harfiahnya, profit merupakan kondisi dimana pemain berhasil menebak kenaikan nilai aset pada periode tertentu dan keuntungan tersebut otomatis bertambah pada uang deposit. 

Loss adalah ketika pemain tidak berhasil menebak nilai aset maka deposit akan berkurang sesuai dengan jumlah deposit yang ditentukan pada awal trading.

  • Expiry Time

Expiry time merupakan istilah untuk akhir dari periode waktu yang telah ditentukan sebelum memulai trading binary. Jadi ketika sudah mencapai batas expiry time, maka transaksi yang telah diprediksi akan tertutup otomatis.

Perbedaan Trading Binary dan Trading Aset  Kripto

Setelah mengetahui definisi serta istilah yang digunakan para trading binary, berikut beberapa perbedaan antara trading binary dengan trading aset kripto:

  • Penggunaan Ukuran Trading

Dalam trading binary, ukuran trading yang digunakan bergantung kepada nilai kapital. Pemain bisa mengambil 5%-20% dari balance akun trading untuk dijadikan kapital.

Sedangkan trading aset kripto menggunakan satuan 1 USDT. USDT merupakan stablecoin yang setara dengan 1 dollar.

Advertisement
  • Biaya Trading

Pada trading binary, dikenakan biaya trading kurang lebih sebesar 15-20% dari modal jika Anda mendapat keuntungan. Untuk trading aset kripto, biaya trading yang dikenakan tergantung kepada kebijakan platform jual beli itu sendiri, berkisar 0.1%-0.2% atau lebih.

  • Pembelian Nilai Aset

Untuk trading binary, pemain tidak benar-benar membeli nilai aset. Melainkan hanya menebak apakah akan terjadi peningkatan atau penurunan nilai aset. Hal itulah yang menentukan untung rugi yang didapat.

Sedangkan trading aset kripto, pemain melakukan pembelian nilai aset sesuai dengan jumlah yang diinginkan.

  • Cara Penutupan Posisi

Penutupan posisi pada trading binary tidak sama dengan trading aset kripto, karena pemain hanya menunggu sampai batas waktu yang telah ditentukan (expiry time). Lain halnya dengan trading aset kripto, pemain dapat menutup posisi secara manual apabila harga yang digunakan untuk trading tidak sesuai dengan prediksi.

  • Akses Deposit

Dalam trading binary, pemain dapat melakukan deposit melalui local bank transfer atau kartu kredit dan lain-lain. Sedangkan untuk melakukan trading aset kripto, pemain harus mempunyai wallet untuk mengkonversikan rupiah ke USDT atau aset kripto lain.

Setelah mengetahui perbedaan trading binary dan jual beli aset kripto, penting untuk diketahui bahwa Anda disarankan untuk mengedukasi diri sebelum membeli atau menjual digital asset. 

Jika Anda tertarik dengan trading aset kripto, Anda bisa memulainya di Tokocrypto karena telah terdaftar secara resmi di Indonesia! Segera kunjungi Tokocrypto di www.tokocrypto.com atau di media sosial kami @Tokocrypto.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular