Connect with us

Business

Kontestan El Salvador Pakai Kostum Tema Bitcoin di Miss Universe 2022

Published

on

Kontestan El Savador Pakai Kostum Tema Bitcoin di Ajang Miss Universe.

Aktris dan model Alejandra Guajardo mewakili El Salvador dalam ajang Miss Universe 2022 berani tampil dengan mengenakan kostum yang menampilkan Bitcoin di atas panggung pada Rabu (11/1) malam.

Guajardo menjelaskan alasan mengapa dirinya mengenakan kostum bertemakan aset kripto terpopuler saat ini di dunia. Dalam postingan di akun Instagram-nya, perempuan berusia 27 ini mengatakan penampilan pakaiannya yang unik itu untuk menunjukan sejarah mata uang di El Salvador yang telah melegalkan Bitcoin (BTC) sebagai alat pembayaran.

“Penampilan ini mewakili sejarah mata uang El Salvador,” kata Guajardo.

“Dulu pakai kakao, lalu.. sampai diganti dengan dolar AS. Pada tahun 2021, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Anda tidak perlu selempang untuk berjalan-jalan berpakaian sebagai uang tunai.”

Kostum Bitcoin

Baca juga: Shiba Inu Kolaborasi dengan Bugatti Group & CoinGate, Nilai SHIB Naik?

Dikutip Cointelegraph, seniman plastik Francisco Guerrero merancang kostume Guajardo dalam penampilannya di ajang Miss Universe. Guerrero menampilkan logo BTC di bagian depan, kemungkinan mewakili masa depan mata uang di El Salvador.

Tidak jelas apakah pemerintah atau Bukele mungkin memiliki peran dalam mempromosikan aset kripto ke khalayak global melalui ajang Miss Universe. Bukele menggunakan akun Twitter-nya untuk melaporkan beberapa pembelian BTC setelah pengadopsian aset kripto oleh El Salvador sebagai alat pembayaran yang sah pada September 2021.

Advertisement

Sementara sekadar informasi, kostum model pada kontes Miss Universe tahun lalu didedikasikan untuk menyerukan keadilan terhadap perempuan yang dibunuh di El Salvador. Bukele mulai menangkap warga sipil secara massal pada tahun 2022 dalam upaya memerangi gelombang kejahatan terkait negara tersebut. Tingkat pembunuhan El Salvador sejak itu menurun sebesar 56 persen, menurut angka pemerintah Bukele sendiri.

El Salvador dan Bitcoin

Ilustrasi El Savador adopsi pembayaran dengan Bitcoin.
Ilustrasi El Savador adopsi pembayaran dengan Bitcoin. Foto: BuyUcoin

Baca juga: Bitcoin Capai Reli Terpanjang Sejak 2020, Efek Inflasi AS Turun

El Salvador adalah negara pertama di dunia yang membuat Bitcoin menjadi legal tender pada tahun 2021. Langkah tersebut sebagian besar ditanggapi dengan skeptisisme dan kekhawatiran dari komunitas global, termasuk Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.

Legislator AS juga memperingatkan bahwa agenda Bitcoin El Salvador dapat menyebabkan ketidakstabilan keuangan di negara tersebut dan melemahkan kebijakan sanksi AS.

Meskipun harga Bitcoin telah turun lebih dari 50 persen sejak undang-undang tersebut berlaku, Presiden El Salvador, Nayib Bukele, tetap menjadi pembawa bendera yang teguh untuk mata uang digital. Dia telah terlibat dalam mempromosikan berbagai inisiatif adopsi BTC, meskipun tidak jelas apakah dia memiliki peran langsung dalam pilihan Guajardo dalam lemari pakaian untuk kontes tersebut.

Popular