Connect with us

Bitcoin News

Reli Bitcoin Untungkan Investor Kripto yang Baru Masuk

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Reli harga aset kripto Bitcoin (BTC) dalam seminggu terakhir ini rupanya telah menciptakan keuntungan untuk investor baru. Aset kripto terbesar berdasarkan nilai pasar itu baru-baru ini diperdagangkan pada level US$ 23.000, jadi titik tertinggi sejak FTX bangkrut pada November lalu.

Menurut firma analitik Glassnode, persentase investor atau pemegang BTC yang baru masuk telah mendapat untung dengan peningkatan mencapai 97,5%, level tertinggi sejak November. Bitcoin juga menguntungkan bagi pemegang BTC untuk jangka panjang.

Glassnode membagi kategori investor jangka pendek dan panjang dengan lama waktu memegang Bitcoin sebagai aset mereka. Kategori investor jangka pendek adalah bagi mereka yang memegang BTC kurang dari 155 hari. Sedangkan, investor jangka panjang adalah mereka yang memegang BTC lebih dari 155 hari.

Koreksi Harga

Pasokan pemegang Bitcoin untuk jangka panjang dan jangka pendek dalam bagan beranotasi laba. Sumber: Glassnode.
Pasokan pemegang Bitcoin untuk jangka panjang dan jangka pendek dalam bagan beranotasi laba. Sumber: Glassnode.

Baca juga: Sambut Imlek, Tokocrypto Gelar Kompetisi Trading Hadiah Rp 200 Juta

Saat ini pada Rabu (25/1) pukul 09.00 WIB, kisaran perdagangan Bitcoin dan Ethereum mulai menyempit karena dua aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar berupaya membangun area dukungan baru. Menyusul kenaikan 8% dan 5% minggu lalu, pergerakan harga BTC dan ETH belum melebihi satu poin persentase selama empat hari terakhir.

BTC naik 0,4% pada hari Sabtu (20/1), sedikit menurun pada hari Minggu (21/1) dan naik tipis masing-masing 1% dan 0,09%, selama dua hari pertama minggu ini. Eter telah melakukan perjalanan serupa selama periode yang sama.

Grafik Bitcoin menyiratkan level dukungan baru yang terbentuk di dekat US$ 22.900. Alat volume profile visible range (VPVR), menunjukkan peningkatan tingkat aktivitas dan kesepakatan harga pada tanda ini. Seringkali ini disebut node volume tinggi, dan dapat menunjukkan di mana pasar melihat aset dengan harga wajar, setidaknya untuk saat ini.

Investor Bitcoin

Ilustrasi market kripto Bitcoin.
Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Baca juga: Market Kripto Kembali Reli Panjang, Adakah Risiko Bull Trap?

Dari rasio MVRV (Market Value by Realised Value) pemegang Bitcoin jangka panjang (nilai pasar terhadap nilai yang direalisasikan) telah meningkat di atas 1,0 untuk pertama kalinya dalam enam bulan, menunjukkan bahwa basis biaya untuk pemegang jangka panjang sekarang di bawah harga spot BTC.

Advertisement

Dikutip Coindesk, jelas saat ini investor mengambil posisi long (membeli dan memiliki aset yang diperkirakan akan meningkat dari waktu ke waktu) di BTC dengan biaya lebih rendah setelah penurunan harga BTC yang berkepanjangan mendorong tren ini.

Tetapi dengan lebih dari 97,5% dari pasokan jangka pendek yang sekarang untung, akankah investor BTC baru menguangkan di harga yang lebih tinggi atau mempertahankan posisi mereka, pada akhirnya menjadi pemegang jangka panjang sendiri? Dan apa pentingnya kedua gerakan itu?

Bukti dari Januari 2018, April 2021, dan November 2021 menunjukkan bahwa peningkatan penawaran laba jangka pendek di atas 97,5% mendahului penurunan harga yang tajam. Apakah pasar sekarang menuju ke arah itu?

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular