Connect with us

Academy

Mengenal Kripto SingularityNET (AGIX) yang Naik 800% Sejak Awal 2023

Published

on

Ilustrasi aset kripto SingularityNET (AGIX). Sumber: SingularityNET.

Aset kripto SingularityNET (AGIX) turut mendapatkan efek positif dari market yang telah mengalami kebangkitan cukup besar selama awal tahun 2023 ini. Sebagian besar kripto dalam daftar 100 teratas telah mencatat kenaikan dua dan tiga digit, sementara beberapa bahkan mencapai rekor tertinggi sepanjang masa.

Sekarang, token lain yang telah meningkat pesat belakangan ini adalah AGIX, aset kripto asli dari proyek SingularityNET. Token yang relatif belum pernah terdengar ini telah menguat hampir 800% sejak awal tahun 2023 dan tampaknya siap untuk melanjutkan momentum pertumbuhannya.

Berdasarkan peringkat AGIX di CoinMarketCap pada Rabu (8/2) pukul 08.00 WIB adalah #74, dengan kapitalisasi pasar langsung US$ 653.178.827. Jumlah token yang beredar 1.199.121.857 AGIX dan maksimal pasokan 2.000.000.000 AGIX.

Tapi apa itu SingularityNET dan mengapa token AGIX nilainya meroket di awal tahun ini?

Apa itu SingularityNET?

SingularityNET adalah proyek Artificial Intelligence (AI) berbasis blockchain yang dibangun di jaringan Cardano. Ini diluncurkan pada 2017 dan mendapatkan pendanaan US$ 36 juta melalui ICO yang diadakan pada tahun yang sama. Didirikan oleh ilmuwan kognitif terkenal dan peneliti AI terkemuka, Dr Ben Goertzel, proyek ini bertujuan untuk menciptakan Artificial General Intelligence (AGI) sumber terbuka yang terdesentralisasi.

Untuk yang belum tahu, AGI mengacu pada solusi machine learning atau mesin pembelajaran dengan kapasitas untuk belajar dan melakukan sejumlah tugas besar yang diselesaikan oleh manusia. Pada dasarnya, ini adalah bentuk AI tingkat lanjut yang memahami dunia seperti halnya manusia mana pun.

Ilustrasi aset kripto SingularityNET (AGIX). Sumber: SingularityNET.
Ilustrasi aset kripto SingularityNET (AGIX). Sumber: SingularityNET.

Baca juga: Prediksi Harga Terra Luna Classic (LUNC), Inilah Hal Harus Diperhatikan

Beberapa bentuk awal AGI termasuk ChatGPT dan platform AI lainnya yang saat ini mampu menyelesaikan tindakan manusia dalam jumlah besar namun terbatas. Bersamaan dengan misinya untuk membangun fondasi AGI, SingularityNET juga menciptakan ekosistem platform yang akan menyediakan layanan terkait AI.

Advertisement

SingularityNET saat ini memiliki 15 atau lebih platform berbasis AI di jaringannya. Platform ini tersebar di industri keuangan, robotika, biomedis, media, seni, dan hiburan. Pengguna dapat memanfaatkan layanan ini menggunakan aset kripto asli platform, AGIX. Pengguna juga dapat mempertaruhkan AGIX untuk mendapatkan insentif dan menggunakan token mereka untuk memberikan suara pada berbagai proposal tata kelola platform.

Kebangkitan AGIX

Alasan percepatan pertumbuhan AGIX baru-baru ini sangat sederhana, yaitu semakin populernya platform berbasis AI. Jika kamu melihat papan AI dan data besar di CoinMarketCap, akan melihat bahwa hampir semua dari 100 token teratas dalam daftar berada di YTD hijau, termasuk AGIX.

AGIX memulai pendakiannya pada 23 Januari, ketika Microsoft mengumumkan investasi US$ 10 miliar di ChatGPT. Sejak saat itu, semakin banyak investor institusional yang keluar untuk mendukung platform berbasis AI. Misalnya, pada 4 Februari, Google mengumumkan investasi US$ 300 juta dalam startup AI, Anthropic.

Perkembangan ini telah menyebabkan proyek blockchain berbasis AI melonjak. Misalnya, AGIX telah naik 790% sejak awal tahun. Pada saat penulisan, token diperdagangkan pada US$ 0,4111 setelah mencatat lonjakan pertumbuhan 25 persen lebih lanjut selama 24 jam terakhir.

Volume perdagangan token dan kapitalisasi pasar juga meningkat masing-masing sebesar 117 persen dan 24 persen selama 24 jam terakhir.

Proyeksi AGIX

Ilustrasi aset kripto SingularityNET (AGIX). Sumber: SingularityNET.
Ilustrasi aset kripto SingularityNET (AGIX). Sumber: SingularityNET.

Baca juga: Harga Shiba Inu Naik 16% saat Peluncuran Shibarium Semakin Dekat

Sebuah studi baru-baru ini oleh raksasa keuangan, JP Morgan, menemukan bahwa pedagang institusional mengalihkan perhatian mereka dari blockchain ke AI. Lebih dari setengah dari 835 investor institusional yang disurvei oleh JP Morgan merasa bahwa AI dan machine learning akan menjadi teknologi paling penting dan berpengaruh dalam beberapa tahun ke depan.

Pada saat yang sama, laporan tersebut juga menyatakan bahwa “Kripto dan aset digital, komoditas, dan kredit diperkirakan akan mengalami peningkatan terbesar dalam volume perdagangan elektronik selama tahun depan.” Oleh karena itu, sebagai kombinasi kripto, blockchain, dan AI, SingularityNET tampaknya akan memiliki masa depan yang cerah.

Advertisement

SingularityNET, jika dapat mencapai tujuannya dan mengimplementasikan roadmap-nya, akan mendapat manfaat besar dari sentimen positif seputar AI dan teknologi blockchain ini.

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular