Connect with us

Altcoin News

Menakar Peluang Token Kripto AI yang Hype, Potensi Bawa Cuan?

Published

on

Ilustrasi token kripto AI. Sumber: Cryptoslate.

Token kripto AI (artificial intelligence) melonjak harganya dalam beberapa pekan terakhir, tetapi potensi ke depannya masih sering dipertanyakan. Perlu diketahui, reli token kripto AI didorong oleh hype-nya ChatGPT hingga laporan JP Morgan yang mengatakan para investor mengalihkan perhatian mereka ke AI dan menjauh dari blockchain.

Dalam waktu singkat tercatat kripto AI telah mencapai kapitalisasi pasar US$ 4,27 miliar, naik 56% dari minggu lalu. Meskipun ini hanya 0,4% dari pasar aset kripto US$ 1,07 triliun, peningkatan pesat telah menarik perhatian pada peran AI dalam aset digital.

“Kenaikan harga kripto terkait AI tidak diragukan lagi dapat didorong oleh perkembangan nyata dalam industri AI dan blockchain,” kata Vasco Lopes, peneliti blockchain dan kecerdasan buatan di sekolah teknologi NOVA dekat Lisbon, Portugal.

“Namun, ini juga dipengaruhi oleh hype dan sentimen investor, karena meningkatnya popularitas AI dan produk terkait AI, seperti rilis model bahasa ChatGPT OpenAI, menghasilkan kegembiraan dan minat di sektor AI.”

Perlu Hati-hati

Ilustrasi ChatGPT yang diring token kripto AI meroket. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi ChatGPT yang diring token kripto AI meroket. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Konflik Kraken-SEC dan Rumor Staking Dilarang di US Bikin Kripto Turun

Noelle Acheson, mantan kepala penelitian di Genesis Trading, menjelaskan pasar kripto sering didorong oleh banyak tren yang perkembang di tengah masyarakat. Tanpa investasi yang tepat dan pengembangan ke dalam proyek, kripto AI berisiko dalam perkembangan industri yang telah didorong oleh hype.

“AI masih merupakan bidang yang baru, definisi masih dibentuk, dan utilitas sebenarnya dari token dalam aplikasi AI belum diuji,” kata Acheson dikutip Forbes. “Rasanya hype telah melampaui potensi pertumbuhan yang sebenarnya.”

Hype ini sebagian besar dipimpin oleh ledakan pertumbuhan ChatGPT, chatbot bertenaga AI, dan Dall-E, alat yang menghasilkan gambar dari deskripsi berbasis kata yang keduanya dibuat oleh OpenAI. “Ada manfaat untuk proyek-proyek AI blockchain, tetapi teknologi seperti ChatGPT pasti menciptakan sentimen minat dan FOMO [takut ketinggalan] tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan AI,” kata Juan Leon, peneliti kripto di Bitwise Investments.

Advertisement

Token Kripto AI Naik

Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Mengenal Kripto SingularityNET (AGIX) yang Naik 800% Sejak Awal 2023

Kenaikan kripto AI dipimpin oleh The Graph (GRT), naik 87% selama tujuh hari terakhir dan 150% dalam sebulan terakhir. Jaringan The Graph memfasilitasi kueri data blockchain tanpa melalui server. AGIX, token dari Singularity NET, yang membangun pasar untuk program AI, telah naik 116% dalam tujuh hari dan 327% yang mengejutkan di bulan lalu. Tiga kripto AI berkinerja terbaik dibulatkan oleh Fetch’s FET, naik 57% dalam tujuh hari terakhir dan 140% selama sebulan terakhir. Fetch bertujuan untuk menghubungkan berbagai jenis blockchain dan teknologi AI.

Industri teknologi secara keseluruhan juga tidak terhindar dari rayuan AI. teknologi kecerdasan buatan ini melampaui blockchain karena teknologi tersebut diperkirakan akan menjadi yang paling berpengaruh dalam tiga tahun ke depan, menurut laporan JP Morgan.

Studi tersebut menemukan bahwa 53% investor yang disurvei, naik dari 25% tahun lalu, mengatakan bahwa AI dan pembelajaran mesin akan menjadi teknologi yang paling berpengaruh bagi mereka. Blockchain, diikat dengan AI untuk teknologi paling berpengaruh pada tahun 2022, hanya mengumpulkan 12% suara tahun ini.

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular