Connect with us

Business

Spotify Rambah Dunia Web3, Bikin Playlist Lagu Berbasis Token?

Published

on

Spotify jajaki bisnis di dunia Web3. Sumber: Shutterstock.

Platform streaming musik, Spotify akhirnya memperluas jangkauan bisnis ke dunia web3. Kabarnya Spotify sedang menguji daftar putar atau playlist yang mendukung token kripto di beberapa pasar utama.

Dikutip Cointelegraph, Overlord, ekosistem game web3, telah mengumumkan kemitraan dengan Spotify pada 22 Februari. Playlist yang dikuratori oleh komunitas bakal didukung token dari Overlord sekarang dapat diakses melalui wallet web3 dari mereka yang memegang Creepz non-fungible token (NFT) di Spotify.

Saat ini, hanya pengguna Spotify untuk perangkat Android di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Australia, dan Selandia Baru yang dapat membuka fitur playlist baru tersebut.

Uji Coba

Spotify jajaki bisnis di dunia Web3. Sumber: Shutterstock.
Spotify jajaki bisnis di dunia Web3. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Ada Kripto, Potensi Ekonomi Digital Indonesia Bisa Capai US$ 146 Miliar

Peserta lain dalam uji coba tiga bulan ini adalah komunitas Fluf, Moonbirds, dan Kingship metaverse. Sementara Fluf dan Moonbirds tidak membagikan detail apa pun tentang kemitraan mereka dengan layanan streaming Spotify secara publik, Kingship mengonfirmasi partisipasinya dalam uji coba di Twitter.

Untuk membuka kunci daftar lagu atau playlist, termasuk hits Queen, Missy Eliott, Snoop Dogg, dan Led Zeppelin, pengguna harus memiliki Kingship Key Card NFT.

Pengumuman tersebut memicu lonjakan token musik Web3. Misalnya, token asli Viberate (VIB) naik 33%. Token lainnya, seperti Audius (AUDIO) dan Rhythm (RHYTHM), masing-masing naik 4% dan 2,5%.

Pasar Musik Web3

Ilustrasi pasar musik web3. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi pasar musik web3. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Market Watch: Bitcoin Sempat Anjlok, Kini Berusaha Bangkit Lagi

Pada Mei 2022, Spotify mulai menguji galeri NFT di profil musisi. Meskipun tanpa opsi pembelian langsung, pengguna dapat melihat pratinjau NFT artis dan dialihkan ke halaman OpenSea tempat mereka dapat membeli item.

Advertisement

Spotify mulai menguji integrasi web3 tahun lalu, dengan perwakilan perusahaan mengonfirmasi publikasi Music Ally pada bulan Mei tahun lalu, bahwa beberapa musisi sedang menguji fitur untuk mempromosikan NFT di profil artis mereka. Perusahaan sebelumnya telah memposting daftar pekerjaan yang merujuk pada web3 pada awal tahun 2022.

Pasar musik tetap menjadi salah satu area adopsi Kripto yang berkembang pesat. Pada akhir Januari, platform podcasting, Fountain mengumumkan kemitraan dengan Zebedee untuk mengaktifkan Bitcoin (BTC) pembayaran mikro untuk pendengar podcast. Pada bulan Februari, hak royalti dari lagu hit 2015 Rhianna, “Bitch Better Have My Money,” ditawarkan sebagai bagian dari koleksi 300 NFT.

Popular