Connect with us

Market

Market Watch: Mengapa Bitcoin dan Kripto Lain Naik Hari Ini (11/4)?

Published

on

Iustrasi aset kripto Bitcoin

Pergerakan pasar kripto, terutama Bitcoin (BTC) terus melonjak pada Selasa (11/4) pagi. Bahkan Bitcoin bergerak melewati level harga US$ 30.000 atau sekitar Rp 446 juta untuk pertama kalinya sejak 10 Juni 2022.

Reli pasar kripto ini terjadi akibat turbulensi perbankan pada bulan Maret lalu, mulai memudar semakin jauh dan investor semakin optimis tentang kebijakan moneter bank sentral AS. Investor kripto yang berada di Amerika Serikat juga mulai kembali ke pasar dari liburan Paskah. Beberapa faktor kemungkinan berkontribusi pada dua penembusan BTC terpisah pada hari Senin (10/4).

Bitcoin yang merupakan aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini diperdagangkan pada US$ 30.237, naik 6,75% selama 24 jam terakhir, menurut data CoinMarketCap. Bitcoin terakhir mencapai level US$ 30.000 pada 10 Juni 2022, kemudian terus turun ke bawah US$ 20.000, di mana ia menghabiskan sebagian besar akhir tahun 2022 di level tersebut.

Bitcoin Bullish

market kripto bitcoin
Ilustrasi market kripto bitcoin.

Baca juga: Pasar Kripto Potensi Bullish, Awas Masih Ada Tekanan Makroekonomi

Bitcoin telah melayang di sekitar level US$ 28.000 selama tiga minggu terakhir, karena waspada investor mengukur dampak dari krisis perbankan secara global, tekanan inflasi yang berkelanjutan dan ketidakpastian ekonomi makro lainnya. Kripto Bitcoin naik sekitar 80% year-to-date setelah mulai 2023 berpindah tangan sekitar US$ 16.600.

Kripto melonjak pada bulan Januari di tengah tanda-tanda bahwa inflasi berkurang, terhenti pada bulan Februari, tetapi kemudian mendapatkan kembali momentumnya pada akhir Maret, menyusul kegagalan Silicon Valley Bank (SVB)dan Signature Bank karena beberapa investor mempertanyakan stabilitas sistem moneter saat ini.

Rupanya saat ini, investor telah mendapatkan kembali selera mereka untuk aset yang berisiko, seperti kripto. Aset emas juga baru-baru ini melonjak, melampaui $2.000 untuk pertama kalinya sejak 2020.

Richard Mico, CEO US and Chief Legal Officer Banxa, mencatat bahwa pasti ada pergeseran naratif yang terjadi karena krisis perbankan ini yang menambah momentum Bitcoin. Semakin banyak, “BTC juga dipandang sebagai penyimpan nilai yang andal yang tidak memiliki masalah yang timbul saat menyimpan uang Anda melalui perantara pihak ketiga, atau bank,” katanya dikutip Coindesk.

Advertisement

“Sudah, Bitcoin telah menjadi aset dengan kinerja terbaik di tahun 2023, dan biasanya aset tersebut merespons paling cepat dan keras terhadap perubahan moneter semacam ini.”

“De-dolarisasi juga semakin menjadi bagian dari narasi, yang semakin mempercepat adopsi BTC,” tutup Mico.

Altcoin Naik

market aset kripto
Ilustrasi market aset kripto.

Baca juga: Kenal Kripto Arbitrum (ARB) & SPACE ID (ID) yang Listing di Tokocrypto

Selain BTC, Ethereum (ETH) juga melonjak, melewati level US$ 1.900 atau sekitar Rp 28 juta. Baru-baru ini ETH naik sekitar 1,7% dibandingkan 24 jam sebelumnya. Kripto besar lainnya sebagian besar berwarna hijau, meskipun bernuansa terang. ARB, token Arbitrum blockchain layer-2, baru-baru ini naik lebih dari 2,8%, sementara XRP naik sekitar 1%.

Indeks Pasar CoinDesk , ukuran kinerja keseluruhan pasar kripto, baru-baru ini naik 2,3%. Total market cap pasar kripto mencapai tertinggi tahunan baru US$ 1,23 triliun.

Banyak analis melihat kenaikan pasar kripto terjadi karena merespons positif proyeksi angka inflasi AS terbaru yang akan rilis. Biro Statistik Tenaga Kerja AS akan mengumumkan Consumer Price Index (CPI), indikator makro yang digunakan untuk menghitung inflasi AS pada 12 April 2023, sekitar pukul 19.30 WIB.

Penurunan CPI diperkirakan bisa memberikan sentimen dovish kepada The Fed untuk memperlambat kenaikan suku bunga di masa depan, yang berarti Bitcoin bisa lebih leluasa lagi untuk bullish.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular