Connect with us

Bitcoin News

Standard Chartered: Harga Bitcoin Capai Rp 1,4 Miliar di Akhir Tahun 2024

Published

on

Ilustrasi Bitcoin

Standard Chartered, sebuah bank multinasional Inggris, memprediksi bahwa harga Bitcoin (BTC) dapat mencapai US$ 100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar pada akhir tahun 2024. Prediksi ini datang dari laporan terbaru yang diterbitkan oleh bank tersebut, yang juga mencatat bahwa investasi institusional terus meningkat dalam aset kripto ini.

Krisis perbankan, seperti runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB) dan pemberi pinjaman AS tingkat menengah lainnya telah memperkuat kasus bitcoin sebagai “aset digital yang terdesentralisasi, tidak dapat dipercaya, dan langka,” kata analis Standard Chartered, Geoff Kendrick dikutip CNBC.

“Kami melihat potensi Bitcoin (BTC) untuk mencapai level US$ 100.000 pada akhir tahun 2024, karena kami yakin ‘musim dingin kripto’ yang banyak dipuji akhirnya berakhir,” kata Kendrick dalam laporan berjudul “Bitcoin — Pathway to the USD 100,000 level.”

Potensi Bitcoin

Ilustrasi Standard Chartered. Sumber: Standard Chartered.
Ilustrasi Standard Chartered. Sumber: Standard Chartered.

Baca juga: Drama First Republic Bank Sempat Bikin Sinyal Bullish Harga Bitcoin

Laporan Standard Chartered menyatakan bahwa Bitcoin akan menjadi aset yang semakin penting dalam portofolio investasi, terutama bagi para investor yang mencari diversifikasi. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa tren saat ini menunjukkan adopsi teknologi blockchain oleh sejumlah besar perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia.

“Tekanan saat ini di sektor perbankan tradisional sangat kondusif untuk kinerja BTC yang lebih baik – dan memvalidasi premis asli untuk Bitcoin sebagai aset digital yang terdesentralisasi, tidak dapat dipercaya, dan langka,” jelas Kendrick.

Standard Chartered mencatat bahwa potensi pertumbuhan Bitcoin sangat signifikan, terutama karena aset kripto ini masih dalam tahap awal adopsi oleh masyarakat umum. Dalam laporan tersebut, bank membandingkan potensi pertumbuhan Bitcoin dengan pertumbuhan emas pada abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Prediksi Harga Bitcoin

ilustrasi membeli bitcoin
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Prediksi Pergerakan Harga Bitcoin Selanjutnya Seiring Akumulasi Berlanjut

Standard Chartered bukan satu-satunya yang memprediksi reli harga bitcoin yang kuat. Bulan lalu, pada konferensi blockchain di Paris, beberapa orang dalam industri kripto memperkirakan Bitcoin akan mencapai level tertinggi baru sepanjang masa pada tahun 2023. Bahkan, seorang eksekutif di bursa kripto yang berkantor pusat di AS, Gemini mengatakan target harga US$ 100.000 bisa menjadi sebuah kemungkinan.

Advertisement

Stabilisasi aset berisiko dan spekulasi bahwa Federal Reserve akan melonggarkan pengetatan moneter lebih lanjut, berarti “jalur menuju level USD 100.000 menjadi lebih jelas,” kata Kendrick.

Para pendukung Bitcoin mempertahankan mata uang digital sebagai aset yang layak untuk didiversifikasi pada saat kesulitan ekonomi. Menurut teorinya, Bitcoin memiliki persediaan terbatas sebesar 21 juta Bitcoin, yang berarti BTC harus dihargai karena permintaan akan aset alternatif tumbuh untuk menghindari dampak inflasi yang tinggi.

Namun, bank juga mengakui bahwa ada risiko yang terkait dengan investasi dalam Bitcoin, termasuk volatilitas harga yang tinggi dan potensi peraturan yang lebih ketat di masa depan. Meskipun demikian, laporan tersebut menekankan bahwa potensi imbal hasil yang signifikan dari investasi dalam Bitcoin mungkin melebihi risikonya.

Popular