Connect with us

Academy

Apa Itu SUI Token? Dan Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Published

on

Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: Tokocrypto.

Sui adalah blockchain Layer-1 yang diluncurkan pada Mei 2023, dengan token asli dengan nama yang sama, SUI. Token SUI sudah diluncurkan di berbagai bursa kripto, termasuk Bybit, Kucoin, Binance, dan Tokocrypto.

Sui menarik perhatian banyak orang di komunitas kripto. Di bawah ini, kami melihat lebih dekat apa itu Sui dan mengapa kripto ini terkenal di bidang blockchain dan token yang terus berkembang.

Sui dikembangkan oleh Mysten Labs, dipimpin oleh beberapa mantan eksekutif senior dan arsitek untuk program wallet digital Meta yang sekarang sudah tidak ada lagi, Novi.

Ini menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) yang didelegasikan, dengan sekumpulan pemegang token baru yang memilih validator untuk staking token setiap periode 24 jam.

Token SUI yang dipertaruhkan dikunci selama masing-masing periode, atau zaman ini, tetapi dapat ditarik atau diubah ke validator yang didelegasikan baru pada saat zaman berubah.

Apa Itu Sui Network?

Sui blockchain adalah Layer-1, artinya menyediakan infrastruktur dasar untuk sistem validasi dan transaksi dengan cara yang sama seperti jaringan dasar Bitcoin atau Ethereum. Blockchain layer-1 adalah arsitektur fundamental yang mendukung token—atau, dalam beberapa kasus, jaringan yang lebih luas dari berbagai token.

Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: SUI Network.
Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: SUI Network.

Baca juga: Kenal Kripto Arbitrum (ARB) & SPACE ID (ID) yang Listing di Tokocrypto

Sui membedakan dirinya dari rantai Layer-1 lainnya dengan fokusnya pada finalitas transaksi instan, pengurangan latensi dalam penyebaran smart contract, dan kecepatan transaksi secara keseluruhan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah melalui Move, bahasa pemrograman asli berdasarkan bahasa pemrograman kripto, Rust. Move berharap untuk membuat pengembangan smart contract lebih mudah bagi pengembang, sehingga memperluas akses dan fungsionalitas dalam industri Decentralized Finance (DeFi) .

Advertisement

Validator Sui mirip dengan penambang di ekosistem blockchain lainnya. Namun, sistem validasinya bertujuan untuk membedakan dirinya dari pesaing dengan menyediakan pemrosesan transaksi paralel, yang menurut pengembang Sui akan meningkatkan throughput, mengurangi latensi, dan meningkatkan skalabilitas. Kasus penggunaan potensial dari sistem validasi proses paralel termasuk game, pembayaran ritel, dan tempat penjualan fisik menggunakan Sui.

Untuk memungkinkan jenis pemrosesan transaksi ini, Sui menskalakan secara horizontal, artinya tidak memiliki batas atas untuk memenuhi permintaan aplikasi, dan dapat mempertahankan biaya pengoperasian yang rendah dengan setiap transaksi. Sui tidak memerlukan konsensus global pada daftar transaksi yang dipesan, yang merupakan area kemacetan utama bagi banyak blockchain yang ada.

Apa itu Token SUI?

Token asli Sui, yang dikenal sebagai SUI, akan memfasilitasi mekanisme konsensus PoS jaringan, pemungutan suara on-chain untuk peningkatan ke blockchain, dan biaya gas. Ini juga akan memungkinkan pengguna Sui untuk berpartisipasi dalam aktivitas DeFi sistem.

Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: SUI Network.
Ilustrasi kripto token SUI. Sumber: SUI Network.

Baca juga: Kenal SingularityNET (AGIX) & Hashflow (HFT) Kini Listing di Tokocrypto

Peluncuran mainnet Sui pada 3 Mei disertai dengan penjualan token SUI, dengan setiap bursa kripto yang berpartisipasi menawarkan 225 juta token. Setiap pengguna berhak mendapatkan hingga 10.000 token SUI dengan harga masing-masing US$ 0,10. Untuk saat ini, penduduk AS tidak memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam penjualan tersebut.

Token Sui akan didistribusikan baik ke cadangan komunitas untuk penelitian dan pengembangan, hibah, dan subsidi, dan kepada kontributor awal proyek, penguji aplikasi, dan pemangku kepentingan lainnya. Ada batasan total 10 miliar token SUI. 14% token yang dirilis saat peluncuran tersedia untuk investor.

SUI Tokenomics

Ada beberapa kasus penggunaan token SUI yang berbeda:

  • SUI digunakan untuk membayar biaya gas untuk transaksi.
  • SUI digunakan untuk mempertaruhkan dan mengompensasi validator untuk mengamankan jaringan.
  • SUI digunakan untuk mendanai dana penyimpanan Sui.
  • SUI digunakan dalam proses tata kelola Sui Network.

Suplai maksimum kripto SUI adalah 10 miliar token. 50% dari pasokan token SUI akan dialokasikan ke Community Reserve, yang akan dikelola oleh Sui Foundation dan akan memberikan hibah, mendanai penelitian dan pengembangan, mensubsidi validator, dan banyak lagi. Berikut rincian lengkap dari rencana distribusi:

  • Cadangan Komunitas: 50%
  • Kontributor awal: 20%
  • Investor: 14%
  • Perbendaharaan Mysten Labs: 10%
  • Program Akses Komunitas dan penguji aplikasi: 6%

Peringkat SUI di situs CoinMarketCap pada Selasa (9/5) jam 09.00 WIB adalah #68, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar US$ 591.355.380. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 528.273.718 koin SUI dan maksimal pasokan 10.000.000.000 koin SUI.

Sui (SUI) Listing di Tokocrypto

Tokocrypto terus menghadirkan beberapa aset kripto baru untuk memberikan pelayanan trading yang lebih luas dan menarik, seperti Sui (SUI).

Advertisement

Trading SUI/USDT, SUI/TUSD, SUI/BTC dan SUI/BNB dapat dilakukan mulai hari ini, tanggal 8 Mei 2023 pukul 15.00 WIB. Kini pengguna dapat melakukan deposit/setoran SUI di Tokocrypto sebagai persiapan trading.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular