Connect with us

Academy

Cara Bangun Portofolio Crypto yang Seimbang

Published

on

portofolio crypto

Membangun portofolio crypto tidaklah berbeda jauh dengan membangun portofolio tradisional.

Anda dapat mengurangi risiko secara keseluruhan sesuai dengan profil dan strategi investasi. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan diversifikasi investasi ke dalam berbagai aset kripto.

Tingkat diversifikasi yang tepat masih menjadi perdebatan, karena terdapat pendapat pro dan kontra di kedua sisi argumen.

Namun, secara umum diakui bahwa diversifikasi dalam beberapa aset kripto memberikan manfaat. Dengan memiliki beberapa aset kripto, termasuk stablecoin, Anda dapat mengurangi risiko investasi dan sebaiknya melakukan penyeimbangan ulang alokasi aset secara berkala.

Untuk memudahkan pengelolaan portofolio, Anda dapat menggunakan layanan pelacak portofolio pihak ketiga atau mencatat transaksi secara manual dalam spreadsheet.

Beberapa layanan pelacak portofolio dapat terhubung dengan dompet pribadi dan bursa kripto, sehingga prosesnya menjadi lebih mudah.

Memulai investasi kripto sama mudahnya dengan membeli Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), atau aset kripto lainnya. Meskipun beberapa investor lebih suka membeli dan menyimpan kripto terbesar, ada juga investor yang memilih untuk bereksperimen dengan altcoin.

Advertisement

Namun, apa cara terbaik untuk melakukannya? Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil, jika mempertimbangkan alokasi aset dengan cermat dan secara berkala menyeimbangkan portofolio kripto.

Terdapat beberapa cara untuk melakukannya, tergantung pada toleransi risiko Anda. Menyeimbangkan portofolio tidaklah sulit dan hasilnya sangat berharga.

Apa Itu Portofolio Kripto?

Portofolio kripto adalah kumpulan aset kripto yang dimiliki oleh seorang investor atau pedagang. Portofolio ini biasanya terdiri dari berbagai aset, termasuk altcoin dan produk keuangan kripto. Portofolio ini mirip dengan portofolio investasi tradisional.

Perbedaannya, Anda tetap berfokus pada satu kelas aset, yaitu aset kripto. Anda dapat melacak portofolio kripto secara manual menggunakan spreadsheet atau menggunakan alat dan perangkat lunak khusus untuk menghitung kepemilikan dan laba.

Layanan pelacak portofolio yang baik dapat sangat membantu, baik bagi pedagang harian maupun investor jangka panjang dan pemegang aset kripto.

Apa Itu Alokasi dan Diversifikasi Aset?

Saat membangun portofolio investasi, penting untuk memahami konsep alokasi dan diversifikasi aset. Alokasi aset merujuk pada melakukan investasi dalam berbagai kelas aset (seperti kripto, saham, obligasi, logam mulia, dan sebagainya).

Diversifikasi berkaitan dengan mendistribusikan dana investasi ke dalam berbagai aset atau sektor. Misalnya, Anda dapat melakukan diversifikasi kepemilikan saham dengan berinvestasi dalam berbagai industri, seperti pertanian, teknologi, energi, dan kesehatan.

Advertisement

Kedua strategi ini membantu mengurangi risiko secara keseluruhan.

Secara teknis, kripto merupakan satu kelas aset. Namun, dalam portofolio aset kripto, Anda dapat melakukan diversifikasi dengan berinvestasi dalam berbagai produk, koin, dan token yang memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda.

Misalnya, Anda dapat mengalokasikan portofolio dengan 40% bitcoin, 30% stablecoin, 15% NFT, dan 15% altcoin.

Portofolio Kripto yang Terpusat Versus Terdiversifikasi

Kebanyakan nasihat akan memberitahu Anda bahwa portofolio kripto sebaiknya terdiversifikasi. Meskipun hal ini merupakan praktik umum bagi para investor, terdapat argumen yang mendukung dan menentang untuk mendistribusikan modal Anda ke berbagai aset.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, portofolio yang terdiversifikasi membantu mengurangi risiko secara keseluruhan dan volatilitas.

Kerugian yang mungkin terjadi dapat diimbangi oleh keuntungan lainnya dan membantu menjaga posisi Anda tetap stabil.

Portofolio yang terdiversifikasi juga memberikan lebih banyak peluang untuk menghasilkan keuntungan dengan setiap koin yang Anda miliki.

Advertisement

Meskipun tidak semua investasi akan menghasilkan keuntungan, dengan alokasi dan diversifikasi aset yang tepat, Anda memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mencapai keuntungan dalam jangka panjang.

Namun, semakin terdiversifikasi portofolio Anda, semakin banyak pasar yang perlu dipantau. Banyak pedagang dan investor ingin mengungguli pasar dan meraih keuntungan yang lebih besar.

Portofolio yang sangat terdiversifikasi mungkin menghasilkan tingkat pengembalian rata-rata yang lebih besar dibandingkan dengan portofolio yang lebih terfokus. Aset yang memiliki kinerja buruk dapat diimbangi oleh aset yang memberikan hasil tinggi.

Mengelola portofolio yang terdiversifikasi juga membutuhkan lebih banyak waktu dan penelitian. Untuk berinvestasi dengan baik, Anda perlu memahami aset yang dibeli. Dengan portofolio yang besar, peluang untuk memahami semuanya dengan baik akan berkurang.

Jika portofolio Anda terdistribusi di berbagai blockchain, juga mungkin perlu menggunakan beberapa dompet dan bursa untuk mengakses aset-aset tersebut. Keputusan untuk melakukan diversifikasi ada di tangan Anda, namun diversifikasi dalam beberapa aset selalu disarankan.

Berbagai Jenis Aset Kripto

Bitcoin telah menjadi aset kripto yang paling terkenal dan terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Namun, dalam rangka membangun portofolio yang seimbang, penting untuk mempertimbangkan berbagai jenis koin guna mengurangi risiko secara keseluruhan. Mari kita eksplorasi beberapa di antaranya.

Koin Pembayaran

Pada saat ini, mungkin sulit untuk menemukan koin baru yang secara khusus berfokus pada fungsi pembayaran.

Advertisement

Namun, ketika melihat ke masa awal kripto, sebagian besar proyek yang ada berfokus pada sistem transfer nilai.

Bitcoin adalah contoh yang paling terkenal, namun terdapat juga Ripple (XRP), Bitcoin Cash (BCH), dan Litecoin (LTC). Koin-koin ini adalah generasi pertama aset kripto sebelum munculnya Ethereum dan kontrak pintar (smart contract).

Stablecoin

Stablecoin berusaha untuk melacak aset dasar seperti mata uang fiat atau logam berharga. Sebagai contoh, BUSD (Binance USD) diikat pada dolar AS dengan cadangan yang disimpan dalam rasio 1:1. PAX Gold (PAXG) juga menggunakan pendekatan yang sama, tetapi mengaitkan nilainya dengan harga satu ons emas yang disimpan dalam cadangan.

Meskipun stablecoin mungkin tidak memberikan tingkat pengembalian yang tinggi, mereka memenuhi janji mereka untuk memberikan stabilitas nilai.

Pasar kripto bersifat volatil, dan memiliki sesuatu dalam portofolio yang dapat menjaga nilai tetap stabil sangatlah penting.

Dengan menggunakan stablecoin yang terikat pada sesuatu di luar ekosistem kripto, nilai mereka tidak akan terpengaruh oleh penurunan pasar kripto.

Jika Anda ingin mengamankan keuntungan dari sebuah koin atau proyek, dapat dengan cepat mengonversikannya ke dalam sebuah stablecoin yang terikat pada dolar AS, seperti BUSD, untuk melindungi nilai tersebut.

Advertisement

Proses mengubahnya menjadi fiat biasanya memerlukan waktu yang lebih lama daripada berdagang untuk mendapatkan stablecoin.

Token Sekuritas

Sama seperti sekuritas tradisional, token sekuritas dapat mewakili berbagai hal, seperti kepemilikan ekuitas dalam sebuah perusahaan, obligasi yang diterbitkan oleh proyek tertentu, atau bahkan hak suara dalam pengambilan keputusan.

Token sekuritas telah berhasil didigitalkan dan dijalankan pada teknologi blockchain, yang berarti mereka terikat oleh peraturan yang relevan. Oleh karena itu, token sekuritas ini tunduk pada yurisdiksi lokal dan harus mengikuti proses hukum sebelum diterbitkan.

Token Utilitas

Token utilitas berfungsi sebagai kunci akses ke layanan atau produk tertentu. Sebagai contoh, BNB (Binance Coin) dan ETH (Ethereum) keduanya merupakan token utilitas yang memiliki berbagai kegunaan. Salah satunya adalah untuk membayar biaya transaksi saat berinteraksi dengan aplikasi terdesentralisasi (DApp).

Banyak proyek mengeluarkan token utilitas mereka sendiri dalam rangka mengumpulkan dana melalui penawaran koin (ICO/Initial Coin Offering). Secara teoritis, nilai token ini seharusnya memiliki keterkaitan langsung dengan nilai utilitas yang mereka berikan.

Token Tata Kelola

Dengan memiliki token tata kelola, Anda memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan di suatu proyek dan bahkan mungkin berbagi dalam pendapatan yang dihasilkan. Biasanya, Anda akan menemukan token tata kelola ini dalam platform keuangan terdesentralisasi (DeFi), seperti PancakeSwap, Uniswap, atau SushiSwap. Sama seperti token utilitas, nilai token tata kelola ini berhubungan langsung dengan keberhasilan proyek yang mendasarinya.

Produk Kripto

Sebuah portofolio tidak hanya harus terdiri dari berbagai jenis koin. Ada salah satu produk kripto yang dapat membantu dalam melakukan diversifikasi portofolio secara lebih luas.

Advertisement

Bayangkan produk ini seperti berinvestasi dalam obligasi pemerintah, Exchange Traded Fund (ETF), atau reksa dana, daripada hanya memiliki saham-saham individual. Ada banyak produk yang dapat diinvestasikan dalam berbagai blockchain dan aplikasi terdesentralisasi (DApp).

Cara Membangun Portofolio Kripto yang Seimbang

Setiap investor atau trader akan memiliki pandangan mereka sendiri tentang apa yang membuat sebuah portofolio kripto seimbang. Namun, ada beberapa aturan umum yang dapat dipertimbangkan:

  1. Bagi portofolio Anda antara investasi berisiko tinggi, sedang, dan rendah, dan berikan alokasi yang tepat. Portofolio yang terdiri hampir secara keseluruhan dari investasi berisiko tinggi jelas tidak seimbang. Portofolio tersebut mungkin memiliki potensi keuntungan yang tinggi, tetapi juga berisiko mengalami kerugian besar.
  2. Profil risiko Anda akan menentukan apa yang paling cocok, tetapi sebaiknya ada diversifikasi.
  3. Pertimbangkan untuk memiliki beberapa stablecoin dalam portofolio Anda untuk memberikan likuiditas. Stablecoin sangat penting dalam banyak platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang dapat membantu Anda mengunci keuntungan atau keluar dari posisi dengan cepat dan mudah.
  4. Lakukan penyeimbangan ulang portofolio Anda secara berkala, jika diperlukan. Pasar kripto sangat volatil dan keputusan Anda harus disesuaikan dengan kondisi terkini.
  5. Alokasikan modal baru secara strategis agar tidak memberikan bobot terlalu berlebih pada area tertentu dalam portofolio Anda.
  6. Jika Anda telah menghasilkan keuntungan besar dari satu koin, mungkin tergoda untuk menginvestasikan lebih banyak uang di area tersebut. Jangan biarkan keserakahan mempengaruhi Anda, pertimbangkan dengan bijaksana tempat terbaik untuk mengalokasikan dana.
  7. Lakukan penelitian Anda sendiri. Nasihat klasik ini selalu menjadi yang terbaik. Anda menginvestasikan uang sendiri, jadi jangan hanya mengandalkan nasihat orang lain.
  8. Investasikan hanya dana yang Anda siapkan untuk kehilangan. Portofolio Anda tidak akan seimbang dengan baik, jika merasa terlalu stres karena itu. Posisi Anda tidak boleh memiliki konsekuensi yang berat jika terjadi situasi buruk.

Pelacak Portofolio Kripto

Pelacak portofolio kripto adalah program atau layanan yang memungkinkan Anda untuk memantau pergerakan kepemilikan kripto.

Dengan menggunakan pelacak portofolio, Anda dapat melihat apakah alokasi saat ini sesuai dengan tujuan jangka panjang dan melacak perkembangan portofolio. Berikut adalah beberapa contoh pelacak portofolio yang bisa Anda pertimbangkan:

CoinMarketCap

CoinMarketCap adalah platform pelacak harga yang sangat populer dan mereka juga menyediakan fitur pelacak portofolio mereka sendiri. Pelacak portofolio CoinMarketCap ini dapat digunakan secara gratis melalui desktop atau perangkat seluler.

Anda perlu menambahkan kepemilikan secara manual karena program ini tidak terhubung dengan dompet atau bursa. Ada juga opsi untuk menambahkan harga beli Anda, sehingga dapat melacak keuntungan dengan lebih akurat.

CoinGecko

CoinGecko terkenal karena fitur pelacakan harga aset kripto, tetapi mereka juga menawarkan pelacak portofolio. Program ini mudah digunakan dan dapat diakses melalui browser atau perangkat seluler.

Jika Anda sudah menjadi pengguna CoinGecko secara reguler, pelacak portofolio ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda.

Advertisement

Blockfolio

Jika Anda mencari opsi yang memungkinkan untuk melakukan perdagangan saat mengelola portofolio, maka Blockfolio adalah pilihan yang bagus.

Perusahaan ini sudah beroperasi sejak tahun 2014 dan memiliki reputasi yang baik di dunia kripto. Namun, Blockfolio hanya tersedia untuk perangkat seluler, jadi Anda tidak akan mendapatkan pengalaman perdagangan melalui desktop.

Delta

Delta adalah aplikasi seluler yang memungkinkan Anda untuk melihat portofolio kripto dan investasi tradisional secara bersamaan. Aplikasi ini dapat terhubung dengan 20 bursa dan berbagai dompet, termasuk Binance. Delta memiliki versi gratis dan berbayar, namun Anda tidak dapat melakukan perdagangan di dalam aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Meskipun pasar kripto secara umum dipengaruhi oleh pergerakan Bitcoin, bukan berarti Anda tidak perlu menyeimbangkan portofolio. Diversifikasi investasi kripto dapat membantu mengimbangi beberapa kerugian yang mungkin terjadi akibat fluktuasi Bitcoin.

Jadi, melakukan diversifikasi selalu merupakan langkah yang bijaksana. Ingatlah, menyeimbangkan portofolio Anda memiliki manfaat yang lebih besar daripada sekadar memiliki beberapa jenis koin.

Sedikit strategi akan sangat membantu dalam menciptakan portofolio yang sesuai dengan toleransi risiko Anda.

Advertisement

Sumber : Binance Academy Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Popular