Connect with us

Academy

Kenal Open Campus (EDU), Token Blockchain Pendidikan Basis Web3

Published

on

Ilustrasi aset kripto Open Campus (EDU). Sumber: Myforex.

Open Campus (EDU) menjadi salah satu aset kripto yang baru listing di Tokocrypto pada 10 Mei 2023. Kripto EDU ini sempat mencuri perhatian karena masuk dalam penjualan token melalui platform Binance Launchpad.

Sejak listing awal di Binance, EDU telah bergabung dengan jajaran cryptocurrency yang paling banyak diperdagangkan. EDU adalah token utilitas asli dari Open Campus Protocol. Sementara, Open Campus adalah salah satu dari beberapa protokol Web3 yang ingin mengubah cara orang mengakses konten pendidikan.

Apa Itu Open Campus?

Open Campus adalah protokol pendidikan web3 yang memungkinkan komunitas untuk membuat, mendistribusikan, dan mempromosikan konten pendidikan yang menurut mereka berharga bagi masyarakat luas. Selain itu, protokol ini dirancang untuk memungkinkan pengajar memperoleh penghasilan dari usaha mereka.

Ilustrasi aset kripto Open Campus (EDU). Sumber: Binance.
Ilustrasi aset kripto Open Campus (EDU). Sumber: Binance.

Baca juga: Apa Itu SUI Token? Dan Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Protokol blockchain ini menjadi solusi terdesentralisasi untuk pengajar, pembuat konten, orang tua, siswa, dan penerbit bersama yang dirancang untuk mengatasi tantangan utama dalam pendidikan saat ini. Terlepas dari peran penting pengajar dalam membentuk generasi masa depan, mereka seringkali diremehkan dan dibayar rendah. Selain itu, orang tua sering tidak memiliki kendali atas konten pendidikan anak-anak mereka.

Konten pendidikan yang dihasilkan melalui Open Campus dapat ditokenkan ke dalam NFT, artinya pengajar dapat memanfaatkan berbagai strategi pembagian pendapatan yang dapat dikodekan ke dalam kontrak pintar. Berikut kutipan singkat dari fungsionalitas yang diambil dari makalah penelitian Binance:

“Pendapatan yang dihasilkan dari konten akan disimpan dalam kontrak pintar, pemilik bersama akan dapat menarik berdasarkan kontribusi mereka (misalnya guru untuk membuat konten, penerbit untuk pemasaran dan pelokalan).”

Ada tiga konsep dasar yang dibangun, berikut penjelasan masing-masing:

Advertisement
  • Komunitas dapat memanfaatkan teknologi blockchain untuk mendanai, memiliki bersama, dan belajar dari konten pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Pembuat konten meluncurkan konten mereka pada protokol dengan menawarkan hak promosi melalui NFT Penerbit, di mana rekan penerbit dapat memperoleh pendapatan berdasarkan kontribusi mereka.
  • Para dermawan dapat mendukung tujuan pendidikan secara langsung dan melacak donasi mereka secara on-chain melalui Smart Donations.

Dengan mendesentralisasi pembuatan dan distribusi konten pendidikan, Open Campus Protocol memberdayakan siswa untuk mengakses konten pendidikan yang lebih beragam sambil memberikan kesempatan baru kepada pendidik untuk memperoleh penghasilan dan mendapatkan pengakuan atas kontribusi mereka. Tujuan akhir protokol ini adalah untuk merevolusi industri pendidikan senilai US$ 5 triliun dengan mengembalikan kendali kepada pendidik dan peserta didik.

Hal Menarik Token Open Campus (EDU)

Token asli Open Campus adalah EDU, yang memenuhi tata kelola, pembayaran, dan kasus penggunaan bagi hasil on-chain. Selain itu, EDU dapat digunakan untuk “memberi insentif dan orientasi” kepada pengguna baru melalui mitra Open Campus, dan untuk membeli NFT Penerbit.

Ilustrasi aset kripto Open Campus (EDU). Sumber: Binance.
Ilustrasi aset kripto Open Campus (EDU). Sumber: Binance.

Token EDU memfasilitasi bentuk kolaborasi baru, memberi insentif untuk pembuatan konten berkualitas tinggi, dan mendorong pertumbuhan protokol jangka panjang. Dirancang dengan pendidik dan peserta didik sebagai yang terdepan, Open Campus Protocol bertujuan untuk mendorong ekosistem yang berkembang dan inklusif melalui token EDU.

Protokol Open Campus telah mendapatkan pengadopsi pertamanya, aplikasi anak-anak yang sangat sukses, TinyTap. TinyTap adalah salah satu dari 10 aplikasi seluler yang berfokus pada anak-anak dengan pendapatan kotor tertinggi di ekosistem Android dan iOS. TinnyTap memiliki lebih dari 100 ribu kreator dan lebih dari 9 juta keluarga.

Peluncuran yang Sukses

Tim pengembang menjual 50 juta token EDU melalui Binance Launchpad, yang setara dengan 5% dari total pasokan token (1 miliar token). Setiap token akan dijual dengan harga yang setara dengan $0,05, yang berarti bahwa tim ingin mengumpulkan US$ 2,5 juta melalui penjualan.

EDU diluncurkan di Binance setelah penjualan token yang sukses di Binance Launchpad. Setelah penjualan token, proyek tersebut terdaftar langsung untuk diperdagangkan. saat ini, harganya naik lebih dari 2.800% penjualan token awal melihat harga mulai US$ 0,05 per EDU. Harga pada hari Minggu (30/4) sempat mencapai di US$ 1,45.

EDU berhasil mencapai puncak US$ 214 juta dalam volume perdagangan 24 jam, menjadikannya salah satu dari 12 kripto teratas yang diperdagangkan selama akhir pekan. Volume sejak itu sedikit menurun pada hari Minggu (30/4).

Peringkat EDU di situs CoinMarketCap pada Kamis (11/5) jam 09.00 WIB adalah #160, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar US$ 171.295.799. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 145.117.470 koin EDU dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin EDU.

Open Campus (EDU) Listing di Tokocrypto

Ilustrasi aset kripto Open Campus (EDU) listing di Tokocrypto. Sumber: Tokocrypto.
Ilustrasi aset kripto Open Campus (EDU) listing di Tokocrypto. Sumber: Tokocrypto.

Baca juga: Tokocrypto Rilis Proof of Reserves Kuatkan Komitmen Transparansi

Tokocrypto terus menghadirkan beberapa aset kripto baru untuk memberikan pelayanan trading yang lebih luas dan menarik, seperti Open Campus (EDU).

Advertisement

Trading EDU/USDT, EDU/TUSD, EDU/BTC dan EDU/BNB dapat dilakukan mulai hari ini, tanggal 10 Mei 2023 pukul 15.00 WIB. Kini pengguna dapat melakukan deposit/setoran EDU di Tokocrypto sebagai persiapan trading.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular