Connect with us

Academy

Kenal Floki (FLOKI), Aset Kripto yang Telah Listing di Tokocrypto

Published

on

Ilustrasi aset kripto Floki (FLOKI). Sumber: Tokocrypto.

Floki Inu adalah aset kripto yang mengambil inspirasi dari Dogecoin dan Shiba Inu. Keduanya juga merupakan kripto yang sangat populer karena hubungannya dengan budaya meme. Floki Inu dinamai untuk menghormati anjing Shiba Inu milik Elon Musk, Floki.

Mirip dengan aset digital lainnya, Floki Inu dibangun di atas blockchain Ethereum dan menawarkan berbagai aplikasi di dunia ecentralized finance (DeFi), non-fungible tokens (NFT), dan metaverse. Penting untuk diingat bahwa seperti investasi apa pun, berinvestasi dalam kripto seperti Floki Inu memiliki risiko dan potensi keuntungannya sendiri.

Untuk informasi yang lebih baru atau spesifik, Anda dapat membaca lebih spesifik di artikel ini.

Apa Itu Floki (FLOKI)?

Floki adalah aset kripto yang awalnya dimulai sebagai meme coin berdasarkan anjing Elon Musk tetapi telah berkembang menjadi proyek web3 yang lengkap, mencakup DeFi, NFT , dan Metaverse. Sekarang disebut sebagai “The People’s Crypto,” tim di belakang proyek Floki telah mengubah meme coin yang dulunya tidak berguna menjadi sesuatu yang lebih.

Token yang terkait dengan proyek, FLOKI, adalah token multi-rantai yang beroperasi pada blockchain Ethereum dan Binance Smart Chain (BSC), karena kompatibel dengan ERC-20 dan BEP-20. Token FLOKI dapat dijembatani antara dua rantai dengan mudah, memungkinkan pemegang FLOKI menggunakan salah satu blockchain untuk menyimpan dan bertransaksi dengan token mereka.

Perlu dicatat bahwa FLOKI memiliki pajak 3% yang dikenakan pada pembelian dan penjualan token, tetapi tidak pada transfer antara dua rantai. Pajak ini diarahkan ke perbendaharaan Floki Inu, yang menurut proyek akan digunakan untuk mengembangkan ekosistem lebih lanjut dan meningkatkan adopsi Floki. Menurut whitepaper, tim akan mengurangi pajak setelah bendahara mengumpulkan dana yang cukup. Namun, tidak ada target atau indikasi khusus kapan ini akan terjadi, atau berapa banyak yang akan diturunkan.

Ilustrasi aset kripto Floki (FLOKI). Sumber: Floki.
Ilustrasi aset kripto Floki (FLOKI). Sumber: Floki.

Baca juga: Kenal Open Campus (EDU), Token Blockchain Pendidikan Basis Web3

Sejarah Floki

Kelahiran koin Floki Inu dapat ditelusuri kembali ke Juni 2021, ketika Elon Musk men-tweet bahwa dia akan menamai hewan peliharaannya Shiba Inu “Floki.” Awalnya, proyek ini dimulai sebagai koin meme bertema anjing, seperti Dogecoin , dan dikenal sebagai Floki Inu. Namun, karena proyek tersebut berkembang dari meme-coin menjadi sesuatu yang lebih substansial, tim tersebut berganti nama menjadi “Floki.”

Advertisement

Versi terbaru proyek ini bertujuan untuk menyediakan utilitas dengan menciptakan ekosistem blockchainnya sendiri dan memberikan kembali ekosistemnya melalui inisiatif amal. Floki juga bekerja sama dengan Million Gardens Movement , sebuah kampanye berkebun yang didirikan oleh saudara laki-laki Elon Musk, Kimbal Musk. Pembuatnya mengklaim melihatnya sebagai sebuah gerakan, bukan hanya koin meme, dan memiliki visi untuk membangun sekolah di negara terbelakang.

Tiga Pilar Proyek Floki

Filosofi yang lebih luas dari koin berbasis anjing ini tercermin dalam tiga pilarnya: status meme, utilitas, dan amal. Floki mendefinisikan dirinya sebagai gerakan yang memberdayakan individu terlepas dari status sosial ekonomi atau usia mereka, berkat status meme-nya. Tim mengklaim tujuannya adalah untuk memantapkan dirinya sebagai aset kripto paling terkenal dan banyak digunakan secara global.

Pilar utilitas bertujuan untuk mengembangkan berbagai proyek, seperti Valhalla dan Flokiplaces, di mana pengguna dapat memanfaatkan FLOKI sebagai pembayaran untuk memperdagangkan NFT dan membeli barang fisik. Bagi mereka yang ingin menjelajahi pasar kripto lebih dalam, Floki Inu menawarkan Floki University, di mana pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang blockchain dan kripto.

Pilar charitability atau amal didedikasikan untuk memberikan dampak positif bagi dunia dengan meningkatkan kehidupan masyarakat. Floki mengklaim mereka bertujuan untuk mendirikan sekolah di setiap benua, dimulai dari negara terbelakang.

Untuk Apa Floki Inu Dapat Digunakan?

Ilustrasi aset kripto Floki (FLOKI). Sumber: Floki.
Ilustrasi aset kripto Floki (FLOKI). Sumber: Floki.

Tim di belakang Floki sedang membangun utilitas untuk token FLOKI dalam ekosistemnya yang unik. Ekosistem Floki terdiri dari beberapa proyek berbeda yang masih dalam pengembangan, mencakup DeFi, NFT, dan metaverse. Sementara Floki mencoba untuk menggunakan token dalam ekosistemnya, ada sangat sedikit adopsi aset kripto di platform DeFi atau pasar NFT lainnya.

Valhalla

Floki Inu telah memasuki metaverse game NFT dengan game NFT miliknya sendiri bernama Valhalla. Pemain dapat memperoleh hadiah berdasarkan partisipasi dan memiliki kepemilikan penuh atas token FLOKI yang diperoleh dalam permainan. Token FLOKI berfungsi sebagai mata uang dalam game dan dapat digunakan untuk membeli aset.

FlokiFi

FlokiFi adalah nama payung ekosistem untuk rangkaian produk DeFi mendatang yang akan didukung oleh FLOKI. Produk pertama adalah “FlokiFi Locker,” yang diklaim sebagai protokol industri paling inovatif untuk mengamankan aset digital. Ada juga yang menyebutkan tentang produk baru yang terkait dengan staking; Namun, detailnya belum diselesaikan.

FlokiPlaces NFT dan Merchandise Marketplace

Membangun tren NFT, Floki Inu bermaksud memperluas pasar untuk NFT dan merchandise. Pasar FlokiPlaces bertujuan untuk memfasilitasi pembelian dan penjualan NFT dan produk digital lainnya serta memposisikan Floki Inu sebagai alternatif pembayaran untuk Bitcoin, Dogecoin, dan bahkan dolar AS.

Advertisement

Floki University

Floki Inu bertujuan untuk mengedukasi khalayak yang terus berkembang tentang kripto melalui universitas metaverse sambil meningkatkan kesadaran akan ekosistem Floki Inu. Sebagian besar kurikulum akan gratis, sementara beberapa kursus khusus mungkin memerlukan token FLOKI.

Apa Perbedaan FLOKI dari DOGE dan SHIB?

Meskipun merupakan proyek kripto yang relatif baru, Floki Inu mengklaim bahwa itu adalah pembunuh DOGE dan SHIB, yang bertujuan untuk menjadi salah satu dari 10 proyek kripto teratas di pasar dan memulai revolusi berikutnya.

Itu bermaksud untuk beralih dari narasi meme coin dan menjadi sesuatu yang lebih, termasuk menyediakan pasar asalnya yang dijuluki “FlokiPlace.” Dengan lebih dari 230.000 pemegang (pada saat penulisan ini), FLOKI bertujuan untuk menghubungkan basis pengguna yang berkembang pesat dan utilitas proyek.

FLOKI mengklaim fokus pada membangun utilitasnya dan menciptakan platform yang berguna sambil mengatur komunitas pemegang yang erat yang diberi imbalan karena mempertaruhkan token mereka.

Proyek ini saat ini sedang mengerjakan tiga utilitas andalan: metaverse game NFT, pasar NFT dan merchandise, dan platform pendidikan, yang diyakini akan sangat menarik minat investor.

Peringkat FLOKI di situs CoinMarketCap pada Senin (22/5) jam 08.00 WIB adalah #104, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar US$ 314.016,.058. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 9.711.318.411.813 koin FLOKI dan maksimal pasokan 20.000.000.000.000 koin FLOKI.

Pro dan kontra

Ilustrasi aset kripto Floki (FLOKI). Sumber: Floki.
Ilustrasi aset kripto Floki (FLOKI). Sumber: Floki.

Baca juga: 19 Calon Anggota DK OJK Awasi LKM dan Kripto Lolos Seleksi Tahap II

Tentu saja, ada dua sisi dari cerita setiap koin, dan, seperti semua proyek kripto, Floki hadir dengan daftar pro dan kontranya.

Advertisement

Pro:

  • Floki adalah token multi-rantai, memungkinkannya untuk digunakan pada platform Ethereum dan Binance Smart Chain (BSC).
  • Ekosistem Floki memiliki rangkaian produk yang sudah ada dan yang akan datang yang berpotensi menambah nilai token.
  • Proyek ini telah bermitra dengan proyek terkemuka lainnya di industri ini.
  • Proyek tersebut mengklaim mendukung inisiatif amal.

Kontra:

  • Floki diciptakan sebagai koin meme dan masih bisa berfluktuasi sejalan dengan pendapat orang-orang berpengaruh, seperti Elon Musk.
  • Pasokan token Floki yang beredar sangat tinggi, menjaga harga per token sangat rendah.
  • Membeli dan menjual FLOKI memiliki pajak wajib sebesar 3%.
  • Di luar ekosistem Floki, token ini hanya memiliki sedikit kegunaan dan belum diadopsi oleh banyak platform DeFi.
  • Tim Floki bersifat anonim, yang menimbulkan pertanyaan tentang siapa yang bertanggung jawab jika terjadi kesalahan dengan proyek tersebut.

Kesimpulan

Jalan FLOKI masih panjang sebelum berpotensi menyaingi beberapa memecoin terkemuka, seperti Dogecoin dan Shiba Inu. Perlu dicatat juga bahwa seluruh tren memecoin mungkin juga akan terhenti, yang pasti akan berdampak pada FLOKI.

Berinvestasi dalam kripto semacam ini sangat berisiko, dan banyak dari mereka gagal memenuhi harapan. FLOKI sejauh ini telah membuktikan bahwa ia memiliki tim pemasaran yang patut dipuji, terutama mengingat iklannya terlihat di seluruh angkutan umum London.

Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak pernah mengambil risiko lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan investasi semacam ini.

Tokocrypto terus menghadirkan beberapa aset kripto baru untuk memberikan pelayanan trading yang lebih luas dan menarik, seperti Floki (FLOKI).

Trading FLOKI/USDT & FLOKI/TUSD dapat dilakukan mulai hari ini, tanggal 19 Mei 2023 pukul 15.00 WIB. Kini pengguna dapat melakukan deposit/setoran FLOKI di Tokocrypto sebagai persiapan trading.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular