Connect with us

Business

Ridwan Kamil Bicara Potensi Bitcoin untuk Merevolusi Ekonomi Indonesia

Published

on

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjadi pembicara utama dalam Bitcoin Conference 2023. Sumber: Bitcoin Conference 2023.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkap potensi Bitcoin dalam merevolusi ekonomi Indonesia dalam acara Bitcoin Conference 2023 di Miami, Jumat, 19 Mei 2023. Ia juga menyadari pentingnya Bitcoin dalam menghadirkan teknologi finansial bagi masyarakat Indonesia yang kesulitan mengakses layanan keuangan atau perbankan.

Dalam sesi diskusi bersama CEO JAN3, Samson Mow bertemakan “The Indonesia Bitcoin Mining Campaign, Ridwan membagi antusiasmenya terhadap adopsi Bitcoin di Indonesia. Ia mengungkapkan pandangan bullish kripto dengan kapitalisasi terbesar itu sambil menekankan upaya Indonesia untuk merangkul aset digital ini dan mengembangkan berbagai cara agar adopsi Bitcoin bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Indonesia Adopsi Bitcoin

Ridwan mengungkapkan bahwa Indonesia telah membuat langkah signifikan menuju adopsi kripto, dengan lebih dari 12 juta investor kripto di negara ini. Hebatnya, 70% dari investor ini telah memilih Bitcoin sebagai aset digital pilihan mereka, dan jumlah ini terus bertambah setengah juta setiap tahunnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akan berpartisipasi sebagai pembicara utama dalam Bitcoin Conference 2023. Sumber: Bitcoin Conference 2023.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjadi pembicara utama dalam Bitcoin Conference 2023. Sumber: Bitcoin Conference 2023.

Baca juga: Dompet Bitcoin yang Simpan 1 BTC Capai Satu Juta, Sinyal Apa?

Lingkungan khusus, mulai dari regulasi dan sumber daya alam serta manusia yang baik membuat Indonesia menjadi pemain utama potensial dalam ruang penambangan Bitcoin. pengenalan RUU Omnibus baru-baru ini yang memungkinkan 100% investasi asing ke dalam proyek energi terbarukan di atas 1 MW. RUU ini dapat menyebabkan peningkatan investasi dan perhatian di wilayah tersebut.

“(Indonesia memiliki) potensi panas bumi terbesar kedua di dunia — lebih dari 800 sungai dengan tenaga air. Karena Bitcoin memungkinkan transformasi energi menjadi uang, Bitcoin dapat menjadi transformatif bagi Indonesia,” kata Ridwan dikutip Coingape.

“Datanglah ke Indonesia, mari miliki cadangan energi terbarukan yang besar ini untuk bisnis penambangan Bitcoin.”

Layanan Keuangan Inklusif

Menyadari potensi Bitcoin, Gubernur Jawa Barat itu menyoroti kemampuannya untuk membawa teknologi keuangan ke populasi unbanked di Indonesia, yang saat ini mewakili 40% dari masyarakat. Dengan memanfaatkan Bitcoin, dia percaya bahwa teknologi blockchain dapat menjembatani kesenjangan dan memberikan inklusi keuangan untuk komunitas yang sebelumnya tidak terjangkau.

Advertisement
hasil konservi bitcon dalam bentuk rupiah
Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: 19 Calon Anggota DK OJK Awasi LKM dan Kripto Lolos Seleksi Tahap II

Obrolan dalam sesi fireside Bitcoin Conference 2023 itu menyampaikan optimisme penting Ridwan tentang potensi Bitcoin untuk merevolusi ekonomi Indonesia dan meningkatkan mata pencaharian warganya.

Mengingat akses Indonesia ke sumber daya energi terbarukan yang substansial dan sebagian besar penduduk masih belum memiliki rekening bank, negara ini tampaknya siap untuk adopsi Bitcoin secara luas. Visi dia mencerminkan keyakinan bahwa Bitcoin dapat berfungsi sebagai pengubah permainan dalam membuka peluang ekonomi dan memberdayakan generasi muda dan kurang mampu di Indonesia.

Secara keseluruhan, pembicaraan tersebut menunjukkan bahwa Ridwan sangat optimis, dan bahwa dia melihat bitcoin sebagai pengubah permainan yang potensial bagi perekonomian negaranya dan mata pencaharian rakyatnya. Sebagai negara dengan akses ke energi terbarukan dalam jumlah besar dan sebagian besar penduduknya tidak memiliki rekening bank, tampaknya sudah matang untuk adopsi Bitcoin.

“Generasi baru membeli Bitcoin sebagai cadangan,” ungkap politisi berusia 51 tahun itu menyimpulkan. “Semoga Indonesia menjadi surga Bitcoin di masa depan.”

Popular