Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Naik Kecil Saat Hong Kong Umumkan Pelonggaran Peraturan

Published

on

Ilustrasi aset kripto di Hong Kong. Sumber: Getty Images.

Bitcoin sempat mengalami lonjakan kecil setelah pengumuman bahwa Hong Kong akan melonggarkan peraturan. Harga Bitcoin (BTC) naik lebih dari 2%, dari sekitar US$ 26.800 menjadi US$ 27.384, mengikuti berita tersebut.

Terlepas dari perkembangan positif, Bitcoin menghadapi bulan yang lesu secara keseluruhan, berjuang untuk menembus angka US$ 27.000. Aset kripto tertua di dunia ini telah mengikuti tren negatif untuk sebagian besar selama bulan Mei ini.

Bitcoin juga tidak melihat lonjakan “Pizza Day” yang banyak diantisipasi . Bitcoin Pizza Day merayakan hari jadi tahunan transaksi dunia nyata pertama menggunakan BTC, di mana 10.000 unit ditukar dengan dua pizza pada 22 Mei 2010.

Namun, BTC masih melihat periode dominasi yang berkepanjangan dibandingkan dengan aset kripto lainnya, berada di atas 45% sejak awal Maret.

Hong Kong Izinkan Perdagangan Kripto

Ilustrasi aset kripto di Hong Kong. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi aset kripto di Hong Kong. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Bitcoin Bangkit: Investasi di 4 Altcoin Ini Jadi Pilihan Menarik

Hong Kong akan membuka aktivitas perdagangan kripto untuk investor ritel mulai 1 Juni 2023. Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) telah merilis hasil makalah konsultasi tentang pengaturan aset kripto di negara tersebut.

Dalam sebuah pengumuman pada 23 Mei 2023, pengawas keuangan mengatakan telah menerima 152 pengajuan dari pemain kunci dalam industri, asosiasi profesional, dan perusahaan konsultan, menyetujui proposalnya untuk mengizinkan pertukaran kripto berlisensi untuk melayani investor ritel di Hong Kong.

Meskipun pedoman baru akan berlaku mulai 1 Juni 2023, kerangka peraturan yang akan datang akan mencakup aspek-aspek penting, termasuk persyaratan keselamatan penyimpanan aset, menghindari konflik kepentingan, pemisahan aset pelanggan, dan standar keamanan dunia maya.

Advertisement

Keputusan SFC untuk mengizinkan pertukaran resmi beroperasi di negara tersebut menandai langkah signifikan untuk meningkatkan integritas pasar dan membangun kepercayaan di dalam ruang tersebut. Melalui langkah ini, Hong Kong telah melangkah lebih jauh mencapai tujuannya untuk mengembangkan pusat aset virtual dan menjadi pusat inovasi teknologi.

Bitcoin Disetujui untuk Investasi Ritel Hong Kong

Ilustrasi Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Sejarah dan Fakta Bitcoin Pizza Day

Menurut sebuah laporan, peraturan perdagangan kripto di Hong Kong mirip dengan yang sebelumnya dalam banyak aspek. Pemerintah Hong Kong menyebutkan bahwa aset kripto yang dibeli oleh investor ritel harus dimasukkan dalam dua indeks utama. Ini ditetapkan sebagai persyaratan minimum.

Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), Bitcoin Cash (BCH), Polkadot (DOT), dan Solana (SOL) termasuk dalam setidaknya 3 indeks utama. Namun, koin lain yang ditambahkan hanya pada indeks yang dibuat ke dalam daftar adalah Cardano (ADA), Avalanche (AVAX), Polygon (MATIC), dan Chainlink (LINK). Koin-koin ini diharapkan dapat didaftarkan dalam batch pertama pertukaran yang dipatuhi Hong Kong.

Sesuai SFC Hong Kong, token non-security harus memiliki latar belakang yang tidak buruk selama 12 bulan. Sementara itu, stablecoin saat ini bukan bagian darinya. Otoritas belum mengizinkan stablecoin dibeli oleh investor ritel.

Otoritas menambahkan bahwa earn dan layanan pinjaman tidak akan didukung. Sementara aktivitas periklanan yang terkait dengan beberapa aset digital tidak akan menjadi bagian darinya. Namun, perdagangan berpemilik dilarang dan platform tidak diizinkan untuk menyimpan aset kripto apa pun.

Popular