Connect with us

Bitcoin News

Holder Jangka Panjang Bitcoin Capai ATH Baru, Saatnya Nabung Kripto

Published

on

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Pasokan Bitcoin yang dipegang oleh investor atau holder jangka panjang meningkat, begitu pula keengganan mereka untuk menjualnya. Selain itu, aksi pasar baru-baru ini telah menjadi salah satu rentang perdagangan terketat selama beberapa tahun terakhir.

Pada 22 Mei, platform analitik on-chain Glassnode melaporkan bahwa sebagian besar pasokan Bitcoin tetap tidak aktif di wallet investor, walaupun volatilitas pasar kripto meningkat. Glassnode mencatat pemegang jangka panjang atau long-term holder (LTH) sekarang memiliki 14,46 juta BTC. Definisi LTH di sini mengacu pada salah satu dari dua kelompok utama di mana pasar Bitcoin umumnya dibagi.

Grup LTH ini mencakup semua investor yang memegang BTC setidaknya sejak 155 hari yang lalu, tanpa memindahkan atau menjualnya di jaringan. Sisi lain dari sektor ini terdiri dari pemegang jangka pendek atau short-term holders (STH), investor yang memegang koin BTC dengan jumlahnya kurang dari waktu ambang batas di bawah 155 hari.

Sinyal Bitcoin

Secara statistik, semakin lama seorang investor memegang koin mereka, semakin kecil kemungkinan mereka untuk menjualnya kapan saja. Karena alasan ini, LTH merupakan bagian dari pasar dengan keyakinan yang lebih kuat. Kelompok ini juga terkadang disebut “tangan berlian” pasar karena fakta ini.

LTH merupakan bagian pasar yang penting, sehingga perilakunya layak untuk dilihat. Salah satu indikator yang membantu melacak pergerakan mereka adalah “pasokan LTH,” yang mengukur jumlah total Bitcoin yang saat ini disimpan di dompet para investor ini.

Sekarang, inilah grafik yang menunjukkan tren indikator BTC ini selama beberapa tahun terakhir:

Nilai metrik tampaknya terus meningkat dalam beberapa hari ini. Sumber: The Week Onchain dari Glassnode.
Nilai metrik tampaknya terus meningkat dalam beberapa hari ini. Sumber: The Week Onchain dari Glassnode.

Baca juga: Bitcoin Naik Kecil Saat Hong Kong Umumkan Pelonggaran Peraturan

Seperti yang ditampilkan pada grafik di atas, pasokan Bitcoin LTH menurun selama paruh pertama tahun 2021, ketika bull run terjadi. Ini berarti bahwa situasi ambil untung dari reli tersebut telah berhasil menggoda bahkan para investor jangka panjang ini untuk melakukan aksi jual pada saat itu.

Advertisement

Namun, setelah reli, para holder ini mulai menunjukkan tren akumulasi lagi dan sejak itu menambahkan jumlah koin Bitcoin ke dompet mereka. Tren naik awalnya tajam, tetapi metrik sebagian besar bergerak menyamping antara titik tertinggi bull run di paruh kedua tahun 2021 dan awal bear market.

Nabung Kripto

Selama bear market, para pemegang ini menabung kripto atau akumulasi secara perlahan namun konstan, hanya menjual sedikit selama peristiwa tertentu seperti jatuhnya FTX pada November 2022.

bentuk koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Baca juga: Mengenal Pepe (PEPE), Meme Coin yang Listing di Tokocrypto

Kemudian, dalam beberapa bulan pertama reli yang dimulai tahun ini, pertumbuhan pasokan mereka kembali melambat hingga merangkak, tetapi tidak ada periode penurunan yang mencolok. Ini menyiratkan bahwa sementara beberapa investor mungkin telah menjual, STH baru juga akan matang ke dalam grup ini untuk menyeimbangkan penjual ini.

Namun, dalam beberapa minggu terakhir, LTH Bitcoin sekali lagi menunjukkan tren akumulasi yang cepat dan telah membawa pasokannya ke level tertinggi baru sepanjang masa sebesar 14,46 juta BTC. Ini menunjukkan bahwa holder Bitcoin ini tidak goyah dari perebutan harga baru-baru ini.

Ambang batas 155 hari akan menempatkan sumber LTH yang baru matang ini di posisi terendah setelah jatuhnya FTX, yang berarti bahwa investor ini saat ini akan menjadi salah satu pihak yang paling menguntungkan di pasar.

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular