Connect with us

Market Analysis

Mengapa Pasar Kripto Turun Hari Ini (25/5)?

Published

on

Bitcoin zona merah

Pasar kripto terus bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi makro selama lebih dari 12 hari terakhir. Nilai Bitcoin (BTC) bahkan tetap bertahan di bawah level US$ 27.000.

Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan pada US$ 26.362, turun sekitar 3,1% selama 24 jam terakhir. Aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar itu telah melayang dalam kisaran sempit sebelum turun di bawah dukungan US$ 26.500 baru-baru ini pada Kamis (25/5) pagi.

Sementara, Ethereum (ETH) baru-baru ini berpindah level sekitar US$ 1.800, turun 2,8% dari hari Rabu (24/5) pada waktu yang sama. Kripto besar lainnya sebagian besar berada di zona merah, dengan meme coin populer DOGE dan SHIB baru-baru ini turun masing-masing sekitar 3% dan 4%. Ukuran kinerja pasar kripto, turun 3%.

Sentimen Negatif Kripto

Dilaporkan Coindeks, pasar kripto telah diguncang oleh kebuntuan plafon utang pemerintah AS yang sedang berlangsung dan masalah regulasi inflasi dan kripto. Risalah Federal Open Market Committee (FOMC) menunjukkan perbedaan pendapat di antara para gubernur bank sentral AS tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut tidak banyak membantu, jika ada, untuk menenangkan pasar aset digital atau lainnya.

Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi market aset kripto. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Holder Jangka Panjang Bitcoin Capai ATH Baru, Saatnya Nabung Kripto

“Bitcoin tetap terikat dan harus terus berkonsolidasi di dekat batas bawah kisaran perdagangan miring ke bawah, dengan level US$ 25.000 memberikan dukungan besar,” kata Edward Moya, analis pasar senior untuk pembuat pasar valuta asing Oanda.

Moya menulis bahwa “Bitcoin berada di bawah tekanan seiring meningkatnya risiko gagal bayar AS,” dan bank sentral AS menghadapi prospek untuk melanjutkan pengetatan moneternya.

“Bitcoin akan menjadi sangat sensitif terhadap lonjakan hasil Treasury karena terlalu banyak perusahaan kripto/blockchain yang akan berjuang dengan pembiayaan,” tulisnya. “Cukup sulit untuk menemukan bank yang akan berurusan dengan kripto, apalagi mengambil pinjaman untuk proyek jangka panjang.”

Advertisement

Platfon Utang AS dan TVL

Beberapa analis percaya Bitcoin dapat melihat aliran masuk, jika Amerika Serikat gagal membayar utangnya, ada risiko yang signifikan bahwa Departemen Keuangan AS akan kehabisan dana, yang membuat likuiditas menjadi tegang.

Sampai saat ini, harga kripto masih berkorelasi tinggi dengan Dow dan S&P 500 dan sebagian bank besar masih memperkirakan AS akan mengalami resesi tajam di beberapa titik di tahun 2023. Menurut analisis Bank AS yang menggabungkan lebih dari 1.000 titik data, sentimen investor tentang keadaan ekonomi saat ini masih rendah.

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.
Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.

Baca juga: Bitcoin Bangkit: Investasi di 4 Altcoin Ini Jadi Pilihan Menarik

Ketua The Fed, Jerome Powell tampaknya berkomitmen untuk mengurangi inflasi melalui kenaikan lebih lanjut. Pasar tampaknya percaya diri bahwa The Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga. Tapi, FedWatch CME Tools menunjukkan kemungkinan yang meningkat bahwa kenaikan suku bunga masih mungkin terjadi. Beberapa analis Bitcoin percaya dua kenaikan suku bunga lagi akan terjadi, menciptakan volatilitas yang sangat besar.

Sementara itu, metrik terkunci nilai total (TVL) adalah cara umum untuk memeriksa kesehatan dan sentimen pasar. Menurut DeFiLlama, TVL di semua protokol turun 1,65% dalam 24 jam terakhir dan kehilangan US$ 23 miliar sejak 12 Juni 2022.

Volume perdagangan juga tetap tidak terdengar. Setelah volume perdagangan mencapai level tertinggi tahun ini pada 11 Maret sebesar US$ 24,9 miliar, volume perdagangan pada 23 Mei hanya US$ 2,3 miliar. Dengan hambatan makro yang berat dan volume yang rendah, kemungkinan volatilitas akan tetap ada.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular