Connect with us

Market Analysis

Mengapa Pasar Kripto dan Bitcoin Naik Hari Ini (29/5)?

Published

on

Ilustrasi market kripto bullish. Sumber: Shutterstocks.

Pasar kripto dan Bitcoin (BTC) memulai perdagangan di pekan terakhir bulan Mei dengan kuat karena pemerintah Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan kesepakatan untuk mencegah krisis plafon utang. Bitcoin dan Ethereum (ETH) pun mengalami peningkatan masing-masing sebesar 5% dan 4,9% saat berita tersebut diumumkan.

Dilaporkan BBC, presiden AS, Joe Biden dan lawannya dari Partai Republik telah mengumumkan bahwa mereka pada prinsipnya telah sepakat untuk menaikkan plafon utang AS dan mencegah gagal bayar. Presiden menggambarkan perjanjian itu sebagai “kompromi”, sementara Ketua DPR AS, Kevin McCarthy mengatakan itu “layak untuk rakyat Amerika.”

Kesepakatan itu, setelah berminggu-minggu negosiasi yang sengit, masih perlu disetujui oleh Kongres yang terpecah. AS harus meminjam uang untuk mendanai pemerintah karena membelanjakan lebih banyak daripada menaikkan pajak. Departemen Keuangan telah memperingatkan AS akan kehabisan uang pada 5 Juni tanpa kesepakatan.

Rincian kesepakatan tentatif belum dirilis secara resmi – tetapi CBS, mitra BBC di AS, melaporkan bahwa pengeluaran pemerintah non-pertahanan akan tetap datar selama dua tahun dan kemudian meningkat sebesar 1% pada tahun 2025.

Kripto Naik

Ilustrasi aset kripto
Ilustrasi aset kripto

Baca juga: 8 Calon Anggota DK OJK Awasi LKM dan Aset Kripto Lolos Tahap III

Aset kripto Bitcoin memulai hari perdagangan pada hari Senin (29/5) pagi naik 5% menjadi US$ 28.249, sementara Ethereum naik 4,9% menjadi US$ 1.917 imbas dari kesepakatan platfon utang AS. Setelah memperlambat akumulasi, whales Bitcoin yang memiliki 10.000 atau lebih terus mengumpulkan Bitcoin secara agresif selama akhir pekan. Dalam 24 jam terakhir, kripto telah mengalami likuidasi lebih dari US$ 118 juta.

Bitcoin masih turun 2,8% selama sebulan terakhir, karena krisis plafon utang AS yang membayangi sangat membebani kelas aset.

Akumulasi Bitcoin masih terbatas karena altcoin tertentu juga menunjukkan tanda-tanda kenaikan jangka pendek. Namun, mempertahankan reli di level yang lebih tinggi mungkin terbukti sulit bagi investor maupun trader.

Advertisement

Setelah kesepakatan plafon utang, investor cenderung memusatkan perhatian mereka pada kenaikan suku bunga Federal Reserve (The Fed). Data Pengeluaran Konsumsi Pribadi (Personal Consumption Expenditures) yang panas pada 26 Mei meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed bulan Juni.

Probabilitas kenaikan suku bunga 25 basis poin telah meningkat dari 17% seminggu kembali menjadi 64% pada 28 Mei, menurut CME FedWatch Tool.

Analisis Harga Bitcoin

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Yuk Nabung Kripto! Ini Daftar Crypto Watchlist Jelang Bitcoin Halving

BTC harus bertahan di atas R2, R1, dan pivot US$ 28.397 untuk menargetkan Level Resistensi Utama Ketiga (R3) di $27.463 dan US$ 28.500. Pergerakan melalui tertinggi di US$ 28.191 akan menandakan sesi bullish yang diperpanjang. Kabel berita harus ramah kripto untuk mendukung reli yang diperpanjang, seperti kabar positif kesepakatan platfon utang AS.

Jika reli diperpanjang, BTC kemungkinan akan menguji resistensi di US$ 28.500.

Penurunan melalui Level Resistensi Utama dan pivot akan memainkan Level Dukungan Utama Pertama (S1) di US$ 27.675. Namun, kecuali aksi jual yang dipicu peristiwa, BTC harus menghindari di bawah US$ 27.500 dan Level Dukungan Utama Kedua (S2) di US$ 27.464. Level Dukungan Utama Ketiga (S3) berada di US$ 27.131.

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular