Bitcoin News

‘Paus’ Bitcoin Akumulasi 57.578 BTC saat Pasar Kripto Lesu, Sinyal Apa?

Published

on

Harga Bitcoin telah turun 10 persen sejak 9 April. Tetapi pada saat yang sama, ‘paus’ atau investor Bitcoin yang memegang antara 100 dan 10.000 BTC telah mengumpulkan tambahan 57.578 Bitcoin. Analisis Santiment ini mengungkapkan ada sinyal khusus yang bisa dicermati oleh investor kripto.

Perbedaan antara harga Bitcoin dan akumulasi ‘paus’ ini bertentangan dengan tren yang diamati sebelumnya. Di masa lalu, akumulasi paus yang tinggi sering bertepatan dengan bull run atau mengikuti pasar yang rendah.

Dikutip BeInCrypto, ‘paus’ Bitcoin diawasi ketat oleh analis pasar dan pola perilaku mereka sering digabungkan dalam prediksi harga. Tapi tren saat ini untuk pemegang terbesar menggemukkan dompet mereka saat harga Bitcoin sedang tren turun tidak sesuai dengan pola yang diamati sebelumnya.

Alih-alih membeli saat BTC sedang naik, sejak pertengahan April ketika Bitcoin mencapai level tertinggi tahun ini, ‘paus’ memilih untuk menimbun.

Dominasi Bitcoin Naik

Analisis Santiment mengatakan ‘paus’ atau investor Bitcoin yang memegang antara 100 dan 10.000 BTC telah mengumpulkan tambahan 57.578 Bitcoin. Sumber: Sentiment.

Baca juga: Tokocrypto Maksimalkan Pertumbuhan di Tengah Tantangan Industri Kripto

Tentunya, jika tingkat akumulasi paus terus meningkat, hal ini dengan sendirinya akan berdampak pada permintaan BTC yang bisa mendorong kenaikan harga.

Di luar akumulasi ‘paus,’ lonjakan dominasi Bitcoin baru-baru ini menunjukkan status aset kripto sebagai tempat berlindung yang aman bagi investor pada saat volatilitas pasar. Menurut TradingView, dominasi Bitcoin saat ini berada di lebih dari 49 persen, tingkat tertinggi sejak April 2021. Itu berarti hampir setengah dari semua nilai yang dikunci dalam kripto adalah dalam bentuk BTC.

Salah satu faktor di balik lonjakan baru-baru ini adalah jatuhnya harga altcoin utama secara paralel. Dengan token seperti Solana (SOL) dan Polygon (MATIC) jatuh lebih dari 20 persen dalam kecelakaan Sabtu (10/6) pagi yang brutal, stabilitas relatif harga Bitcoin memberikan perlindungan dari kerugian yang jauh lebih besar.

Advertisement

Investor Pilih Stablecoin

Ilustrasi stablecoin. Foto: David Sandron/Shutterstock.com.

Baca juga: Riset: Aset Kripto adalah Investasi Paling Umum Bagi Gen Z

Tether (USDT), stablecoin paling populer, telah meningkatkan pangsa mereka dari total pasar kripto. Diukur sebagai persentase dari total kapitalisasi pasar kripto, dominasi Bitcoin melonjak hingga hampir 50% pada Sabtu pagi.

Sementara likuiditas Bitcoin yang kuat menjadikannya cara yang menarik bagi trader kripto untuk keluar dari pasar altcoin, stablecoin juga menawarkan strategi penghindaran risiko alternatif. Dan sebagai stablecoin terpatok dolar paling populer, USDT menyediakan cara mudah untuk keluar dari volatilitas pasar kripto tanpa sepenuhnya beralih ke mata uang fiat.

Faktor lain yang dapat memengaruhi kenaikan dominasi USDT adalah penyimpangan harga yang mengkhawatirkan dari sesama stablecoin berdenominasi dolar TrueUSD (TUSD). Pada Sabtu pagi, koin itu untuk sementara didepegasi dari dolar, jatuh serendah US$ 0,9951.

Penurunan nilai yang tiba-tiba diikuti oleh pengumuman dari TrueUSD yang menyatakan bahwa mint TUSD melalui Prime Trust akan “dijeda untuk pemberitahuan lebih lanjut.”

“Layanan pencetakan dan penukaran TUSD tetap tidak terpengaruh dan akan terus beroperasi seperti biasa. Kami ingin meyakinkan Anda bahwa kemitraan kami dengan lembaga perbankan lain tetap utuh, memungkinkan transaksi yang mulus,” tulis perusahaan dalam tweet-nya.

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular

Exit mobile version