Connect with us

Bitcoin News

4 Grafik yang Menunjukkan Bull Run Bitcoin Belum Berakhir

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Beberapa grafik menunjukkan bahwa kenaikan atau bull run Bitcoin mungkin belum berakhir, meski ada sejumlah sentimen negatif membayangi pasar. BTC mencatat rekor tertingginya di US$73.777 pada pertengahan Maret, dengan beberapa upaya untuk merebut kembali puncak ini terbukti tidak berhasil.

DIlaporkan BeInCrypto, bersamaan dengan koreksi harga Bitcoin terkini, aksi jual ekuitas global, lebih dari US$1 triliun hilang dari pasar saham, serta S&P dan NASDAQ yang mencatat penurunan terburuk sejak 2022 telah membuat pasar ketakutan.

Seiring dengan kekhawatiran pasar, data terbaru menunjukkan bahwa potensi kenaikan harga Bitcoin masih besar. Beberapa indikator utama menunjukkan bahwa tren naik Bitcoin tetap kuat.

Momentum MVRV

Indikator MVRV (Market Value to Realized Value) membantu memantau kekuatan dan arah tren pasar Bitcoin. Selama indikator ini (ditunjukkan dengan garis oranye) tetap di atas rata-rata pergerakan 365 hari (ditunjukkan dengan garis biru), tren naik Bitcoin kemungkinan besar akan terus berlanjut.

Advertisement

Jika indikator ini turun di bawah rata-rata pergerakan 365 hari, hal ini bisa menjadi tanda bahwa para pemegang Bitcoin mengalami kerugian yang belum terealisasi dan mungkin mempertimbangkan untuk menjual aset mereka.

Momentum Bitcoin dilihat dari grafik MVRV Bitcoin. Sumber: Coinbase.
Momentum Bitcoin dilihat dari grafik MVRV Bitcoin. Sumber: Coinbase.

Menurut James Check, Analis Utama di Glassnode, “Pada awal Juli, rasio MVRV turun dan menemukan dukungan di dekat moving average 365 harinya. Ini menunjukkan bahwa tren naik 2024 tetap utuh dengan profitabilitas investor yang masih positif.”

Permintaan ETF Bitcoin

Arus Masuk ETF BTC vs. ETF Spot Penerbitan Baru. Sumber: Coinbase.
Arus Masuk ETF BTC vs. ETF Spot Penerbitan Baru. Sumber: Coinbase.

Baca juga: Apa Tujuan dan Fungsi Token Exchange?

Permintaan yang tinggi untuk ETF Bitcoin spot setelah disetujuinya instrumen keuangan ini oleh SEC menunjukkan minat yang kuat dari investor institusional dan ritel. Data menunjukkan bahwa arus masuk bersih kumulatif sejak 11 Januari mencapai $17,50 miliar, melebihi pasokan baru yang dihasilkan oleh penambang. Permintaan yang kuat ini memberikan dorongan tambahan bagi harga Bitcoin.

Kinerja Harga BTC Setelah Halving

Siklus Pasar Bitcoin Setelah Era Halving. Sumber: Coinbase.
Siklus Pasar Bitcoin Setelah Era Halving. Sumber: Coinbase.

Sejarah menunjukkan bahwa Bitcoin cenderung mengalami kenaikan signifikan setelah setiap siklus halving. Berikut adalah kinerja Bitcoin setelah masing-masing halving:

  • Halving pertama, Bitcoin naik lebih dari 1.000% dalam 12 bulan pertama.
  • Halving kedua, Bitcoin naik 200% dalam 12 bulan pertama.
  • Setelah halving ketiga, Bitcoin naik lebih dari 600% dalam 12 bulan pertama. Sejak halving keempat pada 19 April 2024, harga Bitcoin turun 2%, namun masih ada potensi kenaikan yang signifikan dalam sembilan bulan mendatang jika tren historis berlanjut.

Kinerja Kelas Aset

Siklus Pasar Bitcoin Setelah Era Halving. Sumber: Coinbase.
Siklus Pasar Bitcoin Setelah Era Halving. Sumber: Coinbase.

Secara historis, Bitcoin telah menjadi aset dengan performa terbaik dalam delapan dari 11 tahun terakhir. Kinerja terbaik biasanya terjadi pada kuartal keempat. Data dari Coinglass menunjukkan bahwa Bitcoin memiliki laba bulanan rata-rata 5,91% di Q1, 32,83% di Q2, 4,21% di Q3, dan 93,38% di Q4.

Walaupun Bitcoin masih menghadapi tantangan dari regulasi, peristiwa ekonomi makro, dan perkembangan teknologi, data menunjukkan bahwa potensi kenaikan harga Bitcoin tetap besar. Dengan mempertimbangkan indikator-indikator ini, investor dapat lebih optimis tentang masa depan Bitcoin.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular