Connect with us

Altcoin News

Harga XRP Melonjak Tinggi: Gugatan Ripple-SEC Berakhir

Published

on

Ilustrasi aset kripto XRP. Sumber: FX Empire.

Ripple Labs Inc., perusahaan pembayaran blockchain asal Amerika, akhirnya bisa bernapas lega setelah gugatan panjang dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) berakhir.

Hakim Analisa Torres memerintahkan Ripple untuk membayar denda sebesar $125.035.150, jauh lebih rendah dari tuntutan SEC yang mencapai $1,9 miliar. Putusan ini menandai akhir dari pertarungan hukum yang telah berlangsung selama dua tahun.

Dalam putusan yang dirilis hari ini, Hakim Torres juga melarang Ripple melakukan pelanggaran hukum sekuritas federal di masa mendatang. Meskipun tidak ada keputusan bahwa Ripple telah melanggar hukum setelah SEC mengajukan gugatan, Hakim Torres mencatat bahwa Ripple mungkin telah “melewati batas.”

“Kesediaan Ripple untuk mendorong batasan menunjukkan kemungkinan bahwa perusahaan tersebut pada akhirnya (jika belum) akan melewati batas,” ujarnya. “Ada kemungkinan yang wajar akan terjadinya pelanggaran di masa mendatang, yang layak untuk dikeluarkannya perintah pengadilan.”

Advertisement

Harga XRP Melonjak

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) gugatan kasus Ripple. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.
Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF Bitcoin spot. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.

Baca juga: Bitcoin di Bawah $65.000: Apakah Kita di Ambang Altseason Baru?

Ripple kini harus mengajukan pernyataan pendaftaran jika bermaksud menjual sekuritas di masa mendatang. Berita tentang berakhirnya gugatan ini berdampak positif pada harga XRP. Pada saat artikel ini ditulis, harga XRP melonjak hampir 16% menjadi $0,5883. Keputusan ini juga diharapkan membawa angin segar bagi pasar kripto yang baru-baru ini mengalami penurunan.

Kenaikan harga ini mengejutkan para pedagang masa depan dengan menghapus 40% lebih banyak posisi short daripada posisi long hanya dalam empat jam. Sebanyak $5,4 juta posisi short dilikuidasi setelah lonjakan harga, menurut data dari CoinGlass.

Jika harga kembali ke $0,55, hampir $25 juta posisi long akan terhapus. Jika momentum berlanjut dan harga mencapai $0,65, sekitar $20 juta posisi short lagi bisa dilikuidasi.

CEO Ripple, Brad Garlinghouse, menyampaikan apresiasinya terhadap putusan pengadilan melalui pernyataan singkat di X (sebelumnya Twitter). “Ini adalah kemenangan bagi Ripple, industri, dan supremasi hukum. Hambatan SEC terhadap seluruh komunitas XRP telah sirna,” ungkapnya.

Advertisement

Sementara itu, salah satu pendiri Ripple Labs, Chris Larsen, menambahkan dalam postingannya di X, “Kampanye SEC yang tidak terkendali melawan kami akhirnya berakhir. Mari kita berharap ini mengakhiri perang Administrasi ini terhadap kripto.”

Namun, komentator kripto lainnya lebih fokus pada pergerakan harga XRP setelah keputusan tersebut. Pengacara kripto dan pendiri Hodl Law, Fred Rispoli, menulis dalam sebuah posting di X pada 7 Agustus, “Secara keseluruhan, kemenangan BESAR bagi Ripple. Meskipun saya terkejut dengan denda sebesar $125 juta, Ripple mendapatkan lebih dari itu hanya dari pergerakan harga XRP dalam 5 menit terakhir.”


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular