Connect with us

Business

Analis Bloomberg Berbagi Peluang ETF Bitcoin Disetujui Bikin Kripto Naik

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Persetujuan aplikasi ETF Bitcoin oleh sejumlah perusahaan keuangan raksasa di Amerika Serikat (AS) diyakini akan memicu lonjakan harga kripto di pasar. Analis Bloomberg, James Seyffart dan Eric Balchunas menaikkan ekspektasi mereka untuk persetujuan ETF Bitcoin oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) di masa depan.

Seyffart dan Balchunas menaikkan ekspetasi sekitar 65% dari 50%, bahwa SEC akan menyetujui aplikasi ETF Bitcoin dari sejumlah perusahaan, seperti BlackRock. Analis mencantumkan keterlibatan BlackRock dan Coinbase dalam pengajuan aplikasi akan berdampak luas.

Sejauh ini pertarungan hukum yang sedang berlangsung antara SEC dan Grayscale Investments atas kepercayaan Bitcoin, dan kemenangan signifikan XRP dalam gugatannya terhadap SEC sebagai peristiwa penting yang memengaruhi pandangan akhir mereka.

Keniscayaan ETF Bitcoin

Ilustrasi Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Halving Litecoin Tidak Mendorong Kenaikan Harga Segera, Ini Analisanya

Seyffart mengatakan dia mengikuti perlombaan antara delapan pelamar ETF BTC tempat lainnya dan Grayscale, yang ingin mengubah kepercayaan Bitcoin menjadi ETF.

Grayscale berspekulasi tentang waktu tanggal litigasi, tetapi berpikir skenario yang paling mungkin adalah SEC menyetujui kesembilan produk secara bersamaan setelah pengadilan membatalkan penolakan SEC terhadap aplikasi Grayscale.

“Premis dari tesis saat ini adalah kemenangan Grayscale atas SEC di pengadilan Federal. Bisakah itu mengatur hal yang benar untuk gelombang persetujuan SEC di Q4? Itu semua tergantung pada seberapa keras keinginan Ketua SEC Gary Gensler untuk bermain-main di sini.,” kata Seyffart.

Dia menambahkan bahwa perjanjian layanan strategis (SSA) yang memungkinkan BlackRock dan Coinbase menggunakan layanan penitipan dan eksekusi Coinbase untuk aplikasi ETF BlackRock adalah pengubah permainan untuk analisis prospek ETF BTC spot.

Advertisement

Tenggat waktu

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.
BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: Ini Alasan Bullish Bitcoin Tetap Kuat, Meskipun Sideways di US$ 29K

Banyak yang memperhatikan jadwal keputusan SEC untuk ETF bitcoin spot BlackRock yang direncanakan pada 12 Agustus dapat mengirim sinyal ke manajer aset dan emiten lainnya. Sementara, SEC memiliki waktu hingga 13 Agustus untuk menyetujui, menolak, atau menunda ETF bitcoin oleh 21Shares dan Ark Invest.

Tenggat waktu mewakili tahap kedua dari proses 240 hari yang dibagi menjadi empat periode: 45 hari, 90 hari, 60 hari dan 240 hari. Pada akhir tiga periode pertama, SEC harus mengizinkan peluncuran produk yang direncanakan, memblokirnya, atau meminta lebih banyak waktu.

SEC tidak dapat meminta lebih banyak waktu di akhir 240 hari. Putusan awal seringkali menceritakan bagaimana SEC akan memperlakukan proposal tersebut di kemudian hari, kata pengamat industri.

“Sangat jarang bagi SEC untuk menyetujui pengarsipan ETF setelah begitu banyak kecemasan yang jelas, dengan banyak ekstensi dan pengarsipan/pengarsipan ulang dan sebagainya,” menurut Lara Crigger, pemimpin redaksi di perusahaan data VettaFi.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular