Connect with us

Academy

Apa itu ApeCoin (APE)?

Published

on

Apa itu ApeCoin (APE). Sumber: Binance Academy.

ApeCoin (APE) adalah sebuah token utilitas dan tata kelola yang berbasis pada standar ERC-20, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari ekosistem APE. Fungsi utama APE adalah mendukung pertumbuhan dan pengelolaan komunitas APE yang terdesentralisasi dalam dunia Web 3.0.

ApeCoin diawasi dan dikelola oleh ApeCoin DAO, dengan dukungan dari APE Foundation. Melalui APE, para pemegang token memiliki akses ke berbagai fitur eksklusif dalam ekosistem APE, seperti permainan, acara, dan layanan lainnya, serta memiliki hak untuk memberikan suara dalam proposal tata kelola di DAO.

Sebagai sebuah perkembangan menarik, Yuga Labs, perusahaan yang menciptakan koleksi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang terkenal, telah mengambil langkah besar dengan mengadopsi APE sebagai token utama untuk semua produk dan layanannya yang baru.

Pendahuluan

Bored Ape Yacht Club (BAYC) telah menjadi salah satu koleksi NFT paling populer sejak peluncurannya pada bulan April 2021. Terkenal dengan komunitas yang bersemangat dan aktif, BAYC telah meraih popularitas yang mengesankan.

Apa Itu ApeCoin (APE)?

ApeCoin (APE) adalah sebuah token yang berfungsi sebagai alat tata kelola dan utilitas dalam ekosistem APE. Token ini berperan sebagai fondasi dalam mendukung pertumbuhan komunitas APE yang menjadi bagian penting dari dunia Web 3.0.

APE beroperasi sebagai token berstandar ERC-20 dengan total pasokan sebanyak 1 miliar token. Keunikan APE terletak pada pengelolaannya yang didorong oleh komunitas. ApeCoin DAO adalah entitas terdesentralisasi yang memberikan kesempatan bagi seluruh pemegang APE untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tata kelola yang berkaitan dengan token ini.

Selain itu, APE juga telah diterima dan diadopsi oleh Yuga Labs sebagai token utama untuk semua produk dan layanan baru yang mereka kembangkan. Yuga Labs adalah perusahaan di balik koleksi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC), yang sedang menjadi tren dalam dunia NFT. Selain BAYC, Yuga Labs juga memiliki hak kekayaan intelektual untuk dua proyek NFT terkenal lainnya, yakni CryptoPunks dan Meebits.

Advertisement

Bagaimana APE Beroperasi?

APE diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem APE yang terus berkembang. Token ini dikelola oleh ApeCoin DAO dan didukung oleh APE Foundation.

ApeCoin DAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) yang memungkinkan partisipasi semua pemegang token APE dalam proses pengambilan keputusan tata kelola. Para pemegang token dapat memutuskan alokasi Dana Ekosistem, merancang peraturan-peraturan tata kelola, memilih proyek-proyek, dan menjalin kemitraan, di antara banyak hal lainnya. Setelah proposal-proposal tersebut mendapatkan persetujuan melalui voting oleh anggota DAO, APE Foundation akan bertanggung jawab dalam melaksanakan keputusan tata kelola tersebut, yang berdasarkan pada suara mayoritas dari komunitas.

APE Foundation, di sisi lain, adalah entitas yang bertanggung jawab untuk memfasilitasi pertumbuhan ekosistem APE secara adil dan inklusif. Di dalam APE Foundation, terdapat dewan yang dikenal sebagai Board. Dewan ini bertugas untuk memastikan visi dan tujuan komunitas terwujud. Dewan ini terdiri dari 5 anggota, termasuk tokoh-tokoh terkemuka dalam teknologi dan kripto, seperti Alexis Ohanian, salah satu pendiri Reddit. Dewan ini diatur secara terdesentralisasi, dengan anggota awalnya menjabat selama 6 bulan sebelum pemegang APE melakukan voting untuk memilih anggota Board yang baru setiap tahunnya.

Apa Itu Ekosistem APE?

Ekosistem APE merupakan keseluruhan dari komunitas pemegang ApeCoin, yang juga mencakup seluruh produk dan layanan yang memanfaatkan APE sebagai inti dari fungsionalitasnya.

Yuga Labs, perusahaan yang mengembangkan Bored Ape Yacht Club, adalah salah satu bagian integral dari ekosistem APE. Yuga Labs bergabung dalam ApeCoin DAO dan menjadikan APE sebagai token utama yang mendukung semua produk dan layanannya yang sedang dikembangkan. Saat ApeCoin diluncurkan, pemegang NFT Bored Ape Yacht Club dan Mutant Ape Yacht Club diberikan hak untuk mengklaim kolektif sebanyak 15% dari total pasokan ApeCoin (150 juta token dari total pasokan 1 miliar token).

Mari kita telusuri beberapa koleksi NFT yang terkait dengan ekosistem APE.

Bored Ape Yacht Club (BAYC)

Koleksi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang diluncurkan pada bulan April 2021 merupakan bagian pertama dari ekosistem APE. Koleksi ini terdiri dari 10.000 Ape unik yang berbasis pada blockchain Ethereum. Setiap Ape memiliki karakteristik, gaya, dan tingkat kelangkaan yang unik.

Advertisement

Mutant Ape Yacht Club (MAYC)

Mutant Ape Yacht Club (MAYC) adalah koleksi NFT yang terdiri dari hingga 20.000 varian mutasi dari Ape BAYC asli. Dalam koleksi ini, terdapat 10.000 serum mutan yang didistribusikan melalui airdrop kepada pemilik NFT BAYC awal. Serum-serum mutan ini memiliki tiga tingkat kelangkaan yang berbeda, yang memengaruhi atributnya.

Dengan berbagai serum yang berbeda, pemilik BAYC dapat menciptakan berbagai jenis Ape mutan. Setiap BAYC hanya dapat menghasilkan satu mutan dari satu jenis serum, dan serum tersebut akan habis digunakan.

MAYC juga bertujuan untuk menyambut anggota baru ke dalam komunitas APE. Inilah alasan mengapa 10.000 Ape mutan tambahan dijual kepada publik pada bulan Agustus 2021 setelah dilakukan airdrop serum mutan.

Bored Ape Kennel Club (BAKC)

Bored Ape Kennel Club (BAKC) adalah koleksi NFT anjing yang disediakan bagi setiap anggota BAYC. Dengan memiliki NFT Bored Ape, pemilik dapat “mengadopsi” NFT anjing Club Dog secara gratis, hanya dengan membayar biaya gas. Seperti Ape, terdapat 10.000 NFT BAKC dengan beragam atribut dan kelangkaan yang berbeda.

Apa peran yang dimainkan oleh token APE?

Token ApeCoin memiliki beragam fungsi yang sangat relevan dalam ekosistem APE. Token ini tidak hanya memungkinkan pemegangnya untuk aktif berpartisipasi dalam ApeCoin DAO sebagai alat tata kelola, tetapi juga membuka akses kepada berbagai fitur eksklusif yang terdapat dalam ekosistem APE, termasuk permainan, produk merchandise, acara, serta layanan-layanan yang menarik.

Selain itu, APE juga berperan penting sebagai insentif bagi pengembang pihak ketiga untuk ikut serta dalam perkembangan ekosistem APE. Mereka memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan token ini ke dalam layanan-layanan mereka, permainan, dan berbagai proyek lainnya sebagai insentif bagi pengguna. 

Sebagai contoh, APE telah diadopsi sebagai imbalan bagi para pemain dalam permainan seluler “Benji Bananas,” yang merupakan salah satu permainan berbasis play-to-earn yang dikembangkan oleh Animoca Brands. Melalui “Benji Pass,” sebuah NFT yang akan memberikan pemiliknya akses untuk mendapatkan token khusus saat bermain “Benji Bananas” dan juga dapat melakukan pertukaran token tersebut dengan ApeCoin.

Advertisement

Kesimpulan

Dalam pengembangan selanjutnya, komunitas berharap akan ada peningkatan utilitas lebih lanjut untuk token APE. Ini bisa termasuk fungsi staking bagi pemegang APE untuk menghasilkan pendapatan pasif, penambahan aplikasi GameFi yang lebih banyak, atau bahkan kemungkinan kolaborasi dengan berbagai proyek NFT lain yang dimiliki oleh Yuga Labs, seperti yang telah diperlihatkan sebelumnya.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Popular