Connect with us

Market

Australia Resmi Luncurkan ETF Bitcoin Spot Pertama

Published

on

Ilustrasi perdagangan aset kripto di Australia. Sumber: Shutterstock.

Australia bergabung dengan daftar negara yang menawarkan ETF Bitcoin spot, dengan peluncuran produk pertama di negara tersebut yang diharapkan akan dilakukan Selasa (4/6).

Monochrome Asset Management telah mengumumkan bahwa ETF Bitcoin (IBTC) akan mulai diperdagangkan pada 4 Juni, kecuali terjadi penundaan menit-menit terakhir. ETF ini akan diperdagangkan dengan ticker IBTC dan dikenakan biaya manajemen sebesar 0,98%.

Monochrome Asset Management, sebagai penerbit, menawarkan dana ini sebagai sarana bagi investor untuk mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin dalam kerangka yang diatur. ETF ini melacak indeks Tingkat Referensi Bitcoin CME CF, memberikan eksposur langsung terhadap harga spot bitcoin.

Cboe akan menjadi bursa pertama di Australia yang mendaftarkan ETF Bitcoin, mengalahkan Bursa Sekuritas Australia (ASX) yang lebih besar dalam hal pasar. Namun, laporan menunjukkan bahwa ASX juga berencana untuk menyetujui ETF Bitcoin sebelum akhir tahun ini.

ETF Bitcoin di Australia

Ilustrasi Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin Teratas untuk Diperhatikan Bulan Juni Ini

Peluncuran ini memanfaatkan lonjakan minat yang terjadi setelah terobosan persetujuan regulasi ETF Bitcoin di pasar AS pada bulan Januari. Produk-produk ini memicu arus masuk besar-besaran dari investor institusional dan ritel.

Australia kini siap menawarkan investor eksposur Bitcoin yang mudah dan aman tanpa kepemilikan langsung. Sebagai ETF yang sangat pasif, IBTC menghilangkan tantangan teknis dalam membeli Bitcoin nyata sambil memberikan profil pengembalian yang terkait dengan harga Bitcoin.

ETF Bitcoin yang teregulasi telah diluncurkan tahun ini di Amerika Utara, Inggris, Eropa, dan Asia-Pasifik. Masuknya Australia mencerminkan penerimaan Bitcoin yang lebih luas sebagai kelas aset institusional.

Advertisement

Negara-negara lain kemungkinan akan mengikuti, dengan pasar-pasar utama sekarang menawarkan ETF Bitcoin spot. Pembungkus yang diatur ini memberikan legitimasi dan menyediakan cara mudah bagi investor untuk mendapatkan eksposur.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular